uefau17.com

YouTube Menang Gugatan Bias Rasial, Ini Alasan Hakim Tolak Tuntutan Penggugat - Tekno

, Jakarta - YouTube baru-baru ini memenangkan gugatan yang menuduh platform tersebut bias rasial terhadap pembuat konten dari kulit hitam dan Hispanik.

Gugatan diajukan pada tahun 2020 oleh sekelompok pembuat konten Hispanik berkulit hitam yang menuduh bahwa perangkat lunak YouTube secara sistematis menghapus video mereka tanpa penjelasan dan menghilangkan pendapatan iklan mereka.

Namun, seorang hakim federal AS menolak gugatan dalam kasus 'Newman et al v Google LLC et al' tersebut. Hakim Vince Chhabria memutuskan bahwa meskipun klaim penggugat tampak masuk akal, mereka tidak dapat membuktikan bahwa mereka mengalami bias.

Mengutip Gizchina, Sabtu (19/8/2023), gugatan tersebut juga mengklaim bahwa YouTube mengizinkan video serupa oleh pembuat konten kulit putih untuk tetap berada di platform.

Pembuatnya juga mengklaim bahwa YouTube menggunakan kekuatannya untuk membatasi dan memblokir mereka berdasarkan identitas ras atau diskriminasi demi keuntungan.

Gugatan diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California di San Jose. Penggugat termasuk delapan kreator kulit hitam dan Hispanik yang memiliki total gabungan lebih dari 160 juta pelanggan di YouTube.

Mereka menuduh bahwa algoritme YouTube bias terhadap mereka dan platform tersebut terlibat dalam diskriminasi rasial.

Pada 17 Agustus 2023, Hakim Distrik A.S. Vince Chhabria menolak gugatan tersebut, memutuskan bahwa penggugat gagal membuktikan bahwa algoritme YouTube itu rasis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penilaian Juri

Hakim Chhabria menyatakan penggugat tidak memberikan bukti yang cukup untuk mendukung klaim mereka dan kebijakan YouTube bersifat netral konten.

Dalam penilaiannya, juri mengatakan bahwa meskipun YouTube mengatakan algoritmanya akan memperlakukan semua orang dengan cara yang sama, namun tidak menjanjikan bahwa algoritmanya sempurna.

Hakim selanjutnya memutuskan bahwa tidak ada cukup video untuk membuktikan kasus tersebut. Faktanya, menurut Chhabria, beberapa video justru lebih banyak merugikan kasus daripada kebaikan.

Dia memberikan larangan YouTube atas "tutorial rias" salah satu penggugat tentang cara mencapai "penampilan khas" Donald Trump sebagai studi kasus, mengklaim bahwa ini mungkin dijelaskan oleh penggugat yang mengangkat Ku Klux Klan dan mengutip warna riasan yang lebih terang sebagai simbol putih supremasi.

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan YouTube

YouTube menyambut baik keputusan pengadilan dan menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memastikan bahwa platform-nya adil dan inklusif bagi semua pembuat konten.

Perusahaan telah berupaya meningkatkan algoritma untuk mengurangi bias dan meningkatkan kejelasan.

Dalam sebuah blog, YouTube mengklaim telah membuat kemajuan besar dalam menangani masalah yang diajukan oleh penggugat. Perusahaan juga menegaskan bakal terus meningkatkan sistemnya.

Setelah putusan itu penggugat mengatakan bahwa mereka mempertahankan pendiriannya pada bias YouTube. Namun, mereka mengaku akan terus mencermati tindakan YouTube.

4 dari 4 halaman

Infografis Sebar Hoaks demi Raup Untung di YouTube. (/Trieyasni)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat