uefau17.com

Bug di iPhone dan iPad Ganggu Fitur Pembatasan Screen Time Anak, 2.300 Pengguna Protes ke Apple - Tekno

, Jakarta - Apple mengaku telah mengetahui bug yang dapat memengaruhi fitur pembatasan Waktu Layar (Screen Time) pada anak-anak.

Terkait masalah ini Apple berjanji untuk memperbaiki bug di perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang dapat memengaruhi pembatasan Waktu Layar untuk anak-anak. Demikian menurut laporan The Wall Street Journal, dikutip dari Engadget, Senin (31/7/2023).

Bug tersebut menggangu fungsi yang disebut 'Downtime', memungkinkan orangtua mengatur jam dari jarak jauh ketika anak-anak tidak dapat menggunakan perangkat mereka.

Sejumlah orangtua yang memeriksa fitur tersebut menemukan bahwa waktu yang dijadwalkan telah dikembalikan ke pengaturan yang lebih lama atau telah dihapus sama sekali, sehingga memungkinkan anak-anak menggunakan perangkat mereka sesuka hati.

Seorang pengguna mengubah kode sandinya untuk memastikan anak-anaknya tidak bisa menebaknya, tetapi ternyata dia perlu menyetel ulang fitur sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

Menurut informasi yang beradar, sekitar 2.300 orang di halaman diskusi Apple ramai membicarakan masalah tersebut. Mereka protes telah mengalami bug yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tindakan Apple

Apple mengetahui tentang masalah ini sebelumnya, dan telah memperbaiki bug itu lewat perilisan update iOS 16.5 pada Mei 2023.

Namun, The Wall Street Journal menemukan masalah tersebut masih mengganggu ribuan pengguna, bahkan di iOS 17 beta.

Untuk diketahui, fitur Screen Time diperkenalkan pada 2018 di konferensi pengembang Apple, memungkinkan orangtua untuk memeriksa Laporan Aktivitas anak mereka dari jarak jauh dan mengelola waktu penggunaan aplikasi.

Mereka juga dapat mengatur jumlah waktu khusus per aplikasi yang tidak dapat diperpanjang oleh anak-anak, atau membuat Downtime untuk memblokir semuanya kecuali perangkat lunak dan panggilan telepon yang dipilih untuk rentang jam yang ditetapkan.

Hingga berita ini naik, Apple belum mengatakan kapan akan merilis perbaikan untuk masalah bug tersebut.

3 dari 6 halaman

Pengguna iPhone Segera Update ke iOS 16.6, Apple Tambal Celah Keamanan Penting

Apple resmi menggulirkan update untuk iPhone dan iPad lewat pembaruan update iOS 16.6 dan iPadOS 16.6. Pembaruan ini pun sudah bisa diunduh para pengguna iPhone dan iPad.

Mengutip informasi dari 9to5mac, Selasa (25/7/2023), pembaruan iOS 16.6 membawa sejumlah perbaikan keamanan yang penting. Bahkan, menurut perusahaan, celah keamanan yang ditambal lewat pembaruan ini terdeteksi sudah dieksploitasi.

Menurut Apple, setidaknya ada 16 celah keamanan yang ditambal melalui update ini, termasuk di kernel, Find My, WebKit, hingga Apple Nueral Engine. 

Untuk diketahui, kernel merupakan inti dari kode iOS. Karenanya, kerentanan ini berpotensi memberikan akses tak terbatas di perangkat iPhone ke pihak ketiga.

Mengingat pentingnya pembaruan, pengguna iPhone maupun iPad pun disarankan untuk segera mengunduhnya.

Pembaruan ini diketahui berlaku mulai dari iPhone 8 termasuk iPhone X hingga generasi terbaru. Sama seperti update lainnya, simak cara berikut ini untuk mengunduh update iOS 16.6 dan iPadOS 16.6

  • Buka menu Settings di iPhone atau iPhone
  • Pilih opsi General, lalu Software Update
  • Apabila update sudah muncul, kamu tinggal memilih opsi Download and Install
  • Setelahnya tunggu proses update yang akan berjalan otomatis sebelum bisa memakainya kembali

Perlu diingat pula, pembaruan iOS ini tidak membawa pembaruan fitur apa pun, sehingga pengguan tidak akan merasakan perubahan yang berarti. Dari informasi yang diketahui, besaran update iOS 16.6 ini berkisar 500-600MB.

Pembaruan ini rilis menjelang peluncuran iOS 17 yang dijadwalkan bergulir pada September 2023. iOS 17 sendiri diumumkan saat gelaran WWDC 2023. 

Apple meyebut, iOS 17 menjanjikan keamanan lebih, aplikasi journaling build-in, mode nightstand yang baru, desain kartu kontak baru, fitur auto-correct yang ditingkatkan, serta live voicemail.

4 dari 6 halaman

Ini Deretan Fitur Baru iOS 17 Public Beta 1 yang Telah Digulirkan Apple

Di sisi lain, Apple telah menggulirkan iOS 17 versi Public Beta 1. Para pengguna bisa mengetahui apa saja fitur yang bakal hadir ke iPhone mereka melalui update software ini.

Bagi mereka yang pengin mencoba iOS 17 sudah bisa mengunduhnya. Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti program beta ini.

Misalnya, pengguna memiliki perangkat yang tepat dan memiliki lisensi pengembang. Update iOS 17 untuk Beta Public tersedia setelah beta tertutup menerima feedback dari pengguna yang memasangnya.

Mengutip Gizchina, Sabtu (15/7/2023), iOS 17 Public Beta meliputi fungsi Standby, antarmuka baru untuk telepon, dan fitur-fitur dasar pada sistem. Para pengguna bisa mengujinya sebelum versi stabil tersedia.

5 dari 6 halaman

Cara Download iOS 17 Public Beta untuk Pengguna iPhone

Untuk mengunduhnya, pengguna bisa langsung masuk ke website resmi program beta Apple dan mengikuti langkah untuk download.

Lalu, pengguna bisa masuk ke Setting > General dan lihat apakah ada tab Software Update untuk mengunduh file iOS 17.

Penting dicatat, meski public beta lebih halus, sistem ini masih bersifat beta. Oleh karenanya, menginstal versi beta di perangkat seluler utama sangat mungkin menyebabkan beberapa masalah atau mengurangi masa pakai baterai, hingga ditemukannya bug. 

6 dari 6 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (/Trieyasni)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat