uefau17.com

Microsoft Bakal Matikan Asisten Virtual Cortana di Windows Akhir 2023 - Tekno

, Jakarta - Microsoft mengumumkan akan mematikan aplikasi mandiri asisten virtual mereka Cortana di Windows 10 dan 11 tahun ini. Hal itu diungkap perusahaan dalam sebuah dokumen support.

Kabar ini muncul tak lama usai Microsoft memperkenalkan Windows Copilot, asisten virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yang didukung teknologi ChatGPT.

"Mulai akhir tahun 2023, kami tidak akan lagi mendukung Cortana di Windows sebagai aplikasi mandiri," tulis Microsoft dalam dokumen tersebut, seperti dikutip dari Windows Central, Senin (5/6/2023).

"Perubahan ini hanya memengaruhi Cortana di Windows, dan asisten produktivitas Anda, Cortana, akan terus tersedia di Outlook seluler, Teams seluler, tampilan Microsoft Teams , dan ruang Microsoft Teams," kata mereka.

Mengutip XDA Developers, Cortana pertama kali diperkenalkan sebagai virtual assistant untuk Windows Phone 8.1 pada tahun 2014, untuk bersaing dengan Siri Apple.

Di 2015, asisten virtual Cortana diluncurkan di desktop melalui Windows 10, memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat, membuka aplikasi, hingga mengajukan pertanyaan melalui perintah suara, seperti dikutip dari The Verge.

Cortana lalu muncul di aplikasi seperti Office dan lain-lain, bahkan sempat dirilis perangkat Cortana pihak ketiga seperti Harman Kardon Invoke dan termostat Johnson Controls Glas, yang keduanya tidak lagi didukung.

Cortana mulai mundur ketika mereka dinilai sulit bersaing dengan Amazon Alexa. Dia dihapus dari Windows dan menjadi aplikasi mandiri, alih-alih ditemukan di taskbar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aplikasi Cortana di iOS dan Android Sudah Dimatikan

Cortana kemudian hanya hidup sebagai aplikasi di Windows 11, tanpa kehadiran kabar baru tentang fitur teranyar.

Selain itu, Microsoft juga telah mematikan aplikasi Cortana di iOS dan Android pada tahun 2020. Mereka juga telah menghentikan dukungan untuk headphone Surface dan perangkat-perangkat lain.

Tidak diketahui secara rinci kapan Microsoft akan benar-benar menghapus Cortana dari Windows. Perusahaan kini diketahui memprioritaskan alat-alat AI seperti Bing dan Microsoft 365 Copilot.

Windows Copilot yang baru juga seharusnya dapat melakukan sebagian besar dari apa yang dapat dilakukan oleh aplikasi Cortana, ditambah lebih banyak kemampuan lain.

Meski akan dimatikan dari Windows, Cortana masih bakal ada di Outlook mobile, Microsoft Teams mobile, tampilan Teams, dan Teams room, tetapi entah sampai kapan.

3 dari 4 halaman

Windows 11 akan Bisa Lihat Password Wi-Fi di PC

Microsoft sebelumnya diketahui sedang menguji fitur untuk melihat password (kata sandi) Wi-Fi di Windows 11 Insider Preview Build baru yang telah dirilis ke Dev Channel.

Fitur baru Windows 11 ini akan memungkinkan pengguna melihat semua kata sandi Wi-Fi yang tersimpan di perangkat. Hal ini tentu dapat memudahkan pengguna berbagi kata sandi Wi-Fi dengan orang lain.

Untuk diketahui, sebelumnya pengguna harus menggunakan alat pihak ketiga atau menggali registri untuk menemukan kata sandi Wi-Fi mereka. 

Kata sandi WiFi dan jaringan yang terhubung dengan PC Windows 11 terdapat dalam properti perangkat nirkabel, yang dapat ditampilkan dalam tab keamanan.

Namun kini, pengguna dapat mengetahuinya dengan mengikuti langkah-langkah yang jauh lebih sederhana dengan build baru Windows 11.

 

4 dari 4 halaman

Cara Lihat yang Lebih Sederhana

Dilansir Gizchina, Selasa (30/5/2023), untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat, pengguna dapat membuka aplikasi “Settings” atau Pengaturan, lalu buka “Network & Internet” atau “Jaringan & Internet” > “Wi-Fi”.

Setelah itu, pengguna dapat melihat daftar jaringan Wi-Fi yang pernah terkoneksi dengan PC di bawah bagian “Manage known networks section”.

Lalu, pengguna bisa melihat kata sandi jaringan dengan memilih salah satunya dan meng-klik tombol “View Wi-Fi security key”. Seketika, kata sandi akan ditampilkan dalam teks biasa. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat