uefau17.com

Samsung Disebut Lagi Garap Tablet Lipat Pertamanya, Galaxy Z Tab - Tekno

, Jakarta - Tablet Samsung generasi terbaru, seri Galaxy Tab S9, semakin mendekati status resminya. Tetapi, menurut seorang pengguna Twitter @Tech_Reve, tablet ini akan hadir bersamaan dengan tablet lipat pertama Samsung yang saat ini tengah dikembangkan perusahaan.

Usai meraih kesuksesan dengan smartphone seri Galaxy Z Flip dan Fold, bukan rahasia lagi kalau perusahaan teknologi Korea Selatan ini sedang giat-giatnya mengembangkan berbagai perangkat layar lipat.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (13/4/2023), perangkat lipat terbaru yang akan disebut Galaxy Z Tab ini bakal menjadi bagian dari seri lipat Galaxy Z. Sayangnya, tidak banyak rumor dan bocoran yang beredar terkait perangkat ini. Belum diketahui apakah tablet akan memiliki dua lipatan seperti rumor sebelumnya.

Berdasarkan gambar desain paten yang diajukan Samsung beberapa tahun lalu, ditunjukkan bahwa tablet membawa engsel ganda. Hal ini memungkinkan tablet dilipat ke depan atau ke belakang.

Nantinya, pengguna bisa memilih untuk menutup layar dengan lipatan ke depan, membuat tampilan layar yang lebih kecil dengan melipatnya ke belakang. 

Selain itu, rasio layar yang lebih lebar juga bisa dinikmati dengan membuka lipatan tablet untuk mendapatkan tampilan penuh.

Sebagai informasi, Samsung merupakan salah satu perusahaan pembuat ponsel yang telah lama mengembangkan rangkaian smartphone lipat. Kategori ponsel ini pun terus mengalami peningkatan peminat dan perluasan pasar dari tahun ke tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Galaxy Z Tab Belum Dapat Dipastikan

Meskipun telah beredar, gambar paten tidak selalu digunakan sebagai finalisasi produk. Bisa saja Samsung kembali membawa desain satu engsel seperti generasi Z Fold lainnya untuk menghemat ukuran tablet. 

Namun, dapat diperkirakan bahwa informasi lebih lanjut seputar perangkat ini akan hadir menjelang perilisan Galaxy Tab S9. 

Di sisi lain, Apple juga dikabarkan tengah menyiapkan perangkat lipat pertamanya yang lebih mungkin hadir di iPad dibandingkan iPhone.

Menurut seorang leaker (pembocor) Apple paling terkenal, Ming-Chi Kuo, perangkat ini akan diluncurkan pada sekitar tahun 2024.

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Tab S9 dan Tab S9 Ultra Muncul di Geekbench

Sementara itu, Samsung dilaporkan tengah menggarap tablet baru yang dipersiapkan meluncur tahun ini. Seperti tahun lalu, ada tiga model tablet yang diperkenalkan yakni Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, dan Galaxy Tab S9 Ultra.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (10/4/2023), meski belum terungkap seluruhnya, tablet Samsung ini sudah muncul dalam daftar Geekbench. Karenanya, informasi kunci mengenai tablet ini sudah mulai terungkap.

Salah satunya adalah ketiga tablet ini akan dipersenjatai chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Berdasarkan informasi yang diungkap dari Geekbench, Galaxy Tab S9 memiliki skor 1.929 untuk performa single-core dan 4.735 untuk performa multi-core.

Sementara Galaxy Tab S9+ memiliki performa yang lebih impresif, seperti skor 2.054 untuk single-core dan 5.426 untuk multi-score.

4 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 9 dan Tab S9 Ultra

Baik Galaxy Tab S9 dan Galaxy Tab S9+ didukung RAM dengan kapasitas yang sama dan telah menjalankan One UI 5.1 berbasis Android 13.

Lalu Galaxy Tab S9 Ultra disebut-sebut memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh dari pendahulunya. Tablet ini diprediksi akan memiliki layar Super AMOLED 14,6 inci.

Untuk mendukung performanya, ada baterai berkapasitas 11.200mAh dengan kemampuan fast charging 45W. Rumor juga menyebut tablet ini akan memiliki sertifikasi IP68 yang membuat tahan air dan debu.

Meski sudah muncul di situs Geekbench, informasi lain mengenai tablet ini belum banyak diungkap. Karenanya, informasi mengenai tablet ini masih perlu menunggu pengumuman resmi dari Samsung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat