uefau17.com

Apa yang Membuat Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus Tetap Menjadi Tablet Android Serbaguna? - Tekno

, Jakarta - Samsung memang selalu ingin memanjakan pengguna dengan menawarkan berbagai produk menarik, baik itu di lini smartphone atau tablet Android.

Setelah mengejutkan banyak pihak dengan memperkenalkan kembali seri Galaxy S23 FE, Samsung juga turut menghadirkan lini produk dengan label FE lainnya.

Salah satu produk tersebut adalah bintang utama kita saat ini, yakni Galaxy Tab S9 FE+. Yup, kami berkesempatan untuk mencoba tablet ini beberapa saat.

Di atas kertas, perusahaan asal Korea tersebut menghadirkan sejumlah fitur menarik untuk sebuah tablet yang masuk ke dalam kategori 'budget friendly'.

Seperti apakah pengalaman kami menggunakan Galaxy Tab S9 FE Plus ini untuk bekerja, mulai dari mengetik, edit foto, hingga membuat video di konten YouTube Tekno ? Simak paparannya.

Desain Premium dan Layar Memukau

Kesan pertama terhadap Galaxy Tab S9 FE+ sangat positif. Desainnya ramping dan telihat premium, tidak kalah dengan lini tablet Android milik Samsung lainnya, yaitu Tab S9 series.

Bodi belakang tablet ini terbuat dari aluminium, sama seperti lini Galaxy Tab S9 sehingga membuatnya kokoh dan terasa nyaman saat digenggam.

<p>Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus sediakan slot kartu sehingga bisa lebih mudah terhubung dan bekerja secara mobile. (/ Yuslianson)</p>

Bagi pecinta konten hiburan di YouTube, Netflix, dan layanan streaming lainnya, layar tablet ini tidak mengecewakan sama sekali.

Tablet Samsung ini menggunakan panel LCD IPS berukuran 12.4 inci dengan resolusi WQXGA+ (2560 x 1600 piksel), dan sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Jika dibandingkan dengan Tab S9+ dan S8+, layar di tablet yang sedang kami pakai ini mampu lebih unggul dan terlihat lebih cerah.

<p>S-Pen di Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus kini sudah tersedia langsung di setiap pembelian. (/ Yuslianson)</p>

Hanya saja, memang tablet baru milik Samsung ini tidak mengadopsi panel OLED seperti kedua tablet Android tersebut. Akan tetapi, sepanjang menonton konten, mengetik, dan mengedit video terlihat terang, jernih, dan detail.

Menyambung soal menikmati konten hiburan, speaker di tablet ini sangat mumpuni dengan kualitas tidak kalah dari tablet Samsung generasi sebelumnya.

Hal ini kami rasakan saat menonton film dan mendengarkan lagi via layanan streaming, baik itu Netflix hingga Spotify.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Tangguh untuk Multitasking

<p>Sensor di sidik jari terletak di tombol power dan lock Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus. (/ Yuslianson)</p>

Dalam hal performa, chipset Exynos 1380 di Galaxy Tab S9 FE+ memang belum mampu mengungguli seri Galaxy Tab S9 yang dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Walau hanya menggunakan chipset Exynos 1380, kami mendapati tablet ini sudah mumpuni untuk membuka banyak tab di browser, media sosial, chatting, hingga menjalankan aplikasi editing video.

Ya, kami juga menggunakan tablet ini untuk meng-edit konten video untuk kanal YouTube menggunakan aplikasi beragam, mulai dari Filmora hingga CapCut.

<p>Solo Leveling: Arise, Honkai: Star Rail, dan Genshin Impact adalah beberapa judul game yang bisa dimainkan di tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus. (/ Yuslianson)</p>

Sepanjang pemakaian, tablet ini tidak mengecewakan sama sekali. Berkat performa dan mobilitas ditawarkan, kami dapat membuat beragam konten di mana saja dan kapan saja saat dibutuhkan.

Hanya saja, performa bermain game memang sedikit terbatas. Tablet ini masih bisa digunakan untuk memainkan berbagai judul game di Android berkat RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB.

Akan tetapi, kamu harus menurunkan pengaturan grafis agar bisa bermain lebih nyaman. Ambil contoh Genshin Impact dan Honkai: Star Rail.

Kedua game ini dapat dimainkan dengan nyaman, tentunya ada beberapa hal yang harus diturunkan dalam menu pengaturan game.

 

3 dari 4 halaman

Baterai Tahan Lama, Fast Charging, dan Software

<p>Layar 12.4 inci dan panel LCD IPS memanjakan mata saat menikmati konten streaming video, seperti Netflix hingga YouTube. (/ Yuslianson)</p>

Salah satu keunggulan utama Tab S9 FE+ adalah baterainya tahan lama, dengan kapasitas 10.090 mAh sehingga mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal.

Dukungan fast charging 45W juga memungkinkan saya untuk mengisi baterai dengan cepat.

Tablet ini sudah menggunakan Android 13 dibalut OneUI 6.0, dan dijadwalkan akan menerima pembaruan hingga Android 17.

<p>Keyboard Galaxy Tab S9 FE Plus nyaman untuk mengetik layaknya di laptop biasa. (/ Yuslianson)</p>

Seperti tablet-tablet Samsung lainnya, Samsung menawarkan berbagai fitur lengkap dan tentunya Samsung DeX untuk mode desktop.

Dengan fitur ini, kamu dapat menggunakan tablet layaknya memakai laptop dengan sistem operasi Windows.

 

4 dari 4 halaman

S Pen dan Kamera

<p>S-Pen di Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus kini sudah tersedia langsung di setiap pembelian. (/ Yuslianson)</p>

Galaxy Tab S9 FE+ dilengkapi dengan S Pen responsif dan akurat. S Pen memiliki 4096 tingkat tekanan dan mendukung berbagai fitur seperti Air Command, Samsung Notes, dan Live Message.

S Pen ini dipakai untuk menulis, membuat catatan dengan mudah, dan memudahkan proses editing di dalam aplikasi. S Pen juga sangat membantu dalam hal navigasi dan multitasking.

Tablet ini sudah dilengkapi dengan kamera depan 12MP, dan dua kamera belakang masing-masing berkemampuan 8MP dan 8MP (ultrawide).

Dalam hal kemampuan, kamera belakangan tablet ini memang tidak sebagus lini premium. Akan tetapi, hasil yang didapat juga cukup memuaskan.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S9 FE+ adalah tablet serbaguna yang cocok untuk berbagai aktivitas. Hanya saja, port USB di tablet ini hanya mendukung USB 2.0 saja dan tidak mendukung kemampuan menghubungkan tablet dengan monitor atau layar terpisah.

Hal ini sangat disayangkan untuk sebuah perangkat tablet Android seharga Rp 8.999.000 (128GB), karena tablet Galaxy Tab S6 sudah memiliki kemampuannya.

Terlepas dari hal tersebut, tablet ini menawarkan desain premium, layar memukau, performa tangguh, baterai tahan lama, dan S-Pen bermanfaat. Bagi Anda mencari tablet Android handal dan terjangkau, Tab S9 FE+ adalah pilihan tepat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat