uefau17.com

Daftar Pemenang The Steam Awards 2022, Elden Ring Jadi Game of the Year - Tekno

, Jakarta - Steam beberapa waktu lalu baru saja menggelar The Steam Awards 2022, sebagai ajang penghargaan bagi game-game yang dianggap terbaik di tahun 2022 dari platform milik Valve ini.

Para pemenang dari berbagai kategori dipilih berdasarkan voting diadakan Steam Community selama Steam Winter Sale.

Elden Ring pun dinobatkan sebagai Game of the Year 2022 oleh Steam mengalahkan beberapa judul populer lainnya seperti God of War, Dying Light 2: Stay Human, Stray, dan Call of Duty: Modern Warfare II.

Dalam deskripsinya tertulis, Elden Ring menang "mungkin karena gameplay-nya yang imersif, atau ceritanya yang mencekam... karaternya yang dibuat dengan baik, desain yang rapi, atau multiplayer yang adiktif."

Dikutip dari laman Steam, Kamis (5/1/2023), berikut ini sederet penerima penghargaan 2022 The Steam Awards dari Valve dari berbagai kategori:

  • Game of the Year - Elden Ring
  • VR Game of the Year - Hitman 3
  • Labor of Love - Cyberpunk 2077
  • Better with Friends - Raft
  • Outstanding Visual Style - Marvel's Spider-Man: Miles Morales
  • Most Innovative Gameplay - Stray
  • Best Game You Suck At - Elden Ring
  • Best Soundtrack - Final Fantasy VII Remake Integrade
  • Outstanding Story-Rich Game - God of War
  • Sit Back and Relax - LEGO Star Wars: The Skywalker Saga
  • Best Game on the Go - Death Stranding Director's Cut

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Elden Ring GOTY The Game Awards 2022

Sebelumnya, Elden Ring dari FromSoftware dan Bandai Namco menyabet gelar Game of the Year alias GOTY 2022 di ajang The Game Awards 2022.

Elden Ring mengalahkan sejumlah judul, seperti God of War: Ragnarok, A Plague Tale: Requiem, Stray, Horizon Forbidden West, dan Xenoblade Chronicles 3.

Selain itu, Elden Ring juga menyabet beberapa penghargaan dari nominasi lainnya seperti Best Game Direction, Best Art Direction, serta Best RPG.

Dari kategori lain, game di mana pemain berperan sebagai seekor kucing, Stray, memenangkan penghargaan untuk Best Indie Game tahun ini mengalahkan Sifu, Cult of the Lamb, Neon White, dan TUNIC.

Kemudian, Marvel Snap meraih Best Mobile Game mengalahkan sejumlah judul populer lainnya yaitu Genshin Impact, Apex Legends Mobile, Diablo Immortal, dan Tower of Fantasy.

Meski kalah di Game of the Year, namun God of War: Ragnarok meraih penghargaan untuk beberapa kategori di antaranya Best Narrative, Best Score/Music, dan Best Action/Adventure Game.

Penampilan Christopher Judge sebagai Kratos di God of War: Ragnarok juga diganjar penghargaan Best Performance dalam The Game Awards 2022.

Lebih lanjut, Valorant dari Riot Games menjadi Best Esports Game dalam penghargaan game tahun ini mengalahkan Counter-Strike: Global Offensive, DOTA 2, League of Legends, dan Rocket League.

3 dari 4 halaman

Valve Luncurkan Steam Replay 2022

Valve juga untuk kali pertama merilis fitur bernama Steam Replay 2022. Sesuai namanya, fitur ini mirip dengan Spotify Wrapped yang merangkum aktivitas pengguna selama setahun terakhir di platform tersebut.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (28/12/2022). rangkuman informasi yang ditampilkan dalam Steam Replay 2022 terbilang cukup lengkap. Sebagai awalan, rangkuman ini menampilkan jumlah game yang telah dimainkan, baik game baru maupun demo.

Lalu, rangkuman ini juga memberikan informasi lain, seperti durasi dan sesi bermain sebuah game melalui Steam. Pemain juga bisa melihat capaian (achievement) yang sudah terbuka selama memainkan game-game tersebut.

Steam juga mencatat ketika pemain bermain game secara berturut-turut atau dikenal sebagai longest streak. Seluruh informasi itu ditampilkan dalam boks-boks tersusun secara vertikal.

Yang menarik, Steam juga membandingkan aktivitas pemain dengan seluruh komunitas Steam. Jadi, pemain bisa melihat seperti apa aktivitas mereka jika dibandingkan pemain lain di platform ini.

 

4 dari 4 halaman

Cara Melihat Steam Replay 2022

Tidak hanya itu, informasi ini turut menampilkan persentase aktivitas seorang pemain berdasarkan kategori game PC yang dimainkan, yakni game baru rilis, favorit terkini, dan game klasik.

Steam turut menampilkan pula jenis game yang dimainkan seorang pemain sepanjang 2022. Selain itu, informasi ini juga menampilkan jenis kontroler yang banyak digunakan, seperti keyboard, mouse, atau kontroler biasa.

Lantas, seperti apa cara membuat Steam Replay 2022? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke situs Steam Replay
  2. Log in menggunakan akun Steam
  3. Setelah masuk, aktivitas pemain sepanjang 2022 akan langsung ditampilkan

Sementara cara untuk membagikan Steam Replay 2022 adalah dengan mengklik tombol Share yang ada bagian atas layar. Setelah itu, informasi ini akan ditampilkan dalam tiga rangkuman gambar yang menyertakan statistik pemain.

Nantinya, format gambar itu akan disesuaikan dengan platform yang dipakai pemain untuk berbagi, seperti Instagram, Twitter, atau Snapchat. Pemain dapat pula membuat tautan yang bisa dikirimkan ke teman atau mengunggah ulang ke feed Steam Friends Activity.

(Dio/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat