uefau17.com

Adu Kemampuan Xiaomi Mi 11 dan Samsung Galaxy S21 Plus, Seperti Apa? - Tekno

, Jakarta - Xiaomi telah meluncurkan flagship smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Mi 11. Smartphone ini hadir sebagai perangkat pertama yang memakai chipset Snapdragon 888 di Indonesia.

Menyandang status flagship, Mi 11 jelas dibekali dengan kemampuan terbaik di banyak sektor. Mulai dari desain, performa, hingga kamera.

Dengan kemampuan yang dimiliki Xiaomi Mi 11, Tekno pun penasaran membandingkannya dengan flagship smartphone lain yang ada di pasar Tahah Air. Kali ini, pilihan kami jatuh pada Samsung Galaxy S21 Plus.

Kami mencoba melakukan perbandingan ini untuk mengetahui pengalaman yang ditawarkan tiap smartphone. Nah untuk mengetahui seperti apa kemampuan Mi 11 dan Galaxy S21 Plus, simak pembahasan kami berikut ini.

Desain

Secara tampilan, Xiaomi Mi 11 dan Samsung Galaxy S21 Plus memang menggunakan bahasa desain yang berbeda. Namun ada satu satu kesamaan yang menarik dari keduanya, yakni desain kamera yang tidak biasa.

Xiaomi Mi 11 memiliki lensa utama yang berukuran lebih besar dibanding lainnya, sedangkan lensa Galaxy S21 Plus disusun secara vertikal dengan frame yang dibuat seolah menempel.

Kebetulan, kami memegang unit yang sama-sama berwarna hitam. Meski sama-sama gelap, kesan yang diberikan nyatanya cukup berbeda.

Mi 11 tampil dengan warna hitam dengan kesan elegan, mengingat warnanya tidak terlalu gelap dan mengkilap. Adapun Galaxy S21 Plus hadir dengan warna hitam pekat dan memberikan kesan bold.

Beralih ke layar, perbedaan juga terasa. Sebab, Mi 11 hadir dengan desain layar melengkung di keempat sisi, sedangkan Galaxy S21 Plus kini tampil dengan layar datar.

Selain itu, kedua smartphone ini juga memiliki resolusi layar yang berbeda. Mi 11 hadir dengan resolusi WQHD Plus, sedangkan Galaxy S21 Plus memiliki resolusi Full HD Plus.

Kendati demikian, layar keduanya sama-sama dibekali Corning Gorilla Glass Victus sebagai perlindungan.

Meski ada perbedaan tersebut, bentang layar keduanya tidak jauh berbeda. Mi 11 memiliki layar AMOLED 6,81 inci dan Galaxy S21 Plus mempunyai layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci.

Terlepas dari sejumlah perbedaan tersebut, kedua smartphone dipastikan mampu memanjakan mata penggunanya mengingat kemampuan yang dimilikinya.

Ditambah sertifikasi HDR, menonton konten berkualitas tinggi di layanan streaming seperti Netflix kian memuaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Soal performa, di atas kertas keduanya memang tidak perlu diragukan lagi dan itu terbukti dalam penggunaan. Mi 11 memiliki chipset Snapdragon 888 dan Galaxy S21 Plus mempunyai Exynos 2100.

Saat digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti chatting, mengakses media sosial, menonton YouTube hingga mendengarkan lagu, kedua smartphone mampu melakukannya dengan sangat baik.

Tidak hanya itu, daya tahan baterai Mi 11 dan Galaxy S21 Plus juga dapat diandalkan untuk aktivitas seharian. Terlebih, keduanya sudah dibekali fitur fast charging. 

Oleh sebab itu, kami merasa kedua smartphone ini mampu mendukung aktivitas kelas berat sekalipun.

Saat diajak bermain gim, kami tidak mengalami kendala sama sekali dan mampu digeber dalam pengaturan paling tinggi. Kami mencoba beberapa judul gim, seperti PUBG Mobile, Mortal Kombat, dan League of Legends: Wild Rift.

Tampak depan Samsung Galaxy S21 Plus (/Agustinus M. Damar)

Kebutuhan multimedia juga dapat dipenuhi Mi 11 dan Galaxy S21 Plus, mengingat keduanya sudah dibekali dual speaker. Aktivitas menonton film maupun mendengar musik terasa kian mantap.

Adapun perbedaan soal performa dapat dilihat dari fitur dan kemampuan yang dimiliki masing-masing produk.

Seperti diketahui, Galaxy S21 hadir dengan deretan fitur mendukung produktivitas khas Samsung, seperti Samsung Dex dan Samsung Knox. Selain itu, perangkat ini memiliki sertifikasi IP68 tahan air dan debu.

Sementara Mi 11 hadir dengan speaker setelan Harman/Kardon. Smartphone ini juga dibekali fast charging 55W dan dukungan pengisian daya nirkabel hingga 50W, ditambah kehadiran GaN charger dalam paket pembeliannya. 

3 dari 4 halaman

Kamera

Untuk kamera, baik Mi 11 dan Galaxy S21 Plus sama-sama hadir dengan tiga kamera belakang.

Ada lensa utama 108MP, ultra wide 13MP, telemakro 5MP di Mi 11, sedangkan ada lensa wide 12MP, lensa ultrawide 12MP, dan telephoto 64MP.

Tidak hanya kemampuan fotografi, kedua smartphone ini juga dilengkapi beragam fitur yang menunjang kemampuan videografinya.

Ada efek sinema di Mi 11 ditambah Ultra Night Video, dan Galaxy S21 Plus hadir dengan fitur Director's View.

Kamera belakang Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)

Secara garis besar, fitur yang dibenamkan itu memperkaya pengalaman pengguna dalam perekaman video. Namun dalam pembahasan kali ini, kami akan mengupas sedikit mengenai kemampuan fotografinya.

Berdasarkan hasil tangkapan gambar, Mi 11 dan Galaxy S21 Plus mampu menghasilkan foto yang apik. Baik dari detail hingga warna, tapi memang karakter yang dimiliki keduanya berbeda.

Untuk mengetahui seperti apa kemampuan kamera dua smartphone ini, berikut ini ada beberapa hasil foto Mi 11 dan Galaxy S21 Plus dalam beberapa kondisi.

  • Hasil Foto Xiaomi Mi 11

Lensa 108MP

Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)

Foto Portrait

Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)

Foto Objek

Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)

Foto Malam Hari

Hasil foto Xiaomi Mi 11 (/Agustinus M. Damar)

  • Hasil Foto Samsung Galaxy S21 Plus

Foto 64MP

Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)

Foto Portrait

Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)

Foto Objek

Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)

Foto Malam Hari

Hasil foto Samsung Galaxy S21 Plus. (/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Mi 11 dan Galaxy S21 Plus harus diakui mampu memberikan apa yang seharusnya dimiliki perangkat flagship. Mulai dari performa, desain, hingga kamera ditambah beragam fitur pendukung videografi. 

Kehadiran fitur semacam itu jelas melengkapi keseluruhan pengalaman yang diberikan kedua smartphone ini, utamanya pengguna yang gemar membuat konten.

Kendati demikian, masing-masing smartphone tetap memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Karenanya, kami merasa Mi 11 dan Galaxy S21 Plus memiliki target pengguna yang sedikit berbeda.

Dengan banderol harga yang diberikan, yakni Rp 9 jutaan, kami merasa Mi 11 cocok bagi pengguna yang ingin menjajal perangkat flagship untuk pertama kali, terutama mereka yang ingin beralih dari perangkat kelas menengah.

Alasannya, smartphone ini dapat dikatakan masuk kategori perangkat all-rounder. Maksudnya, seluruh fungsi terbaik pada smartphone dihadirkan Xiaomi di perangkat ini.

Absennya fitur pelengkap, seperti sertifikasi IP68 pun dimaklumi. Namun dukungan pengisian kabel 55W dan pengisian daya nirkabel 50W dapat menjadi substitusi yang tidak kalah menarik.

Sementara Galaxy S21 Plus merupakan perangkat flagship yang sangat menunjang produktivitas penggunanya. Hal itu dapat dilihat dari kehadiran Samsung Dex dan fitur keamanan Samsung Knox.

Tidak hanya itu, bagi pengguna yang memang membutuhkan sertifikasi IP68 di sebuah perangkat, Galaxy S21 Plus saat ini jelas menjadi salah satu pilihan yang tersedia.

Hanya untuk urusan pilihan di antara Mi 11 dan Galaxy S21 Plus, kami tetap menyerahkannya pada para pembaca. Yang pasti, tentukan perangkat yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat