uefau17.com

Prakiraan Cuaca Bandung Raya 7-9 Juli, Potensi Hujan dan Suhu Minimum - Regional

, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Jawa Barat (BMKG Jabar) mengeluarkan laporan prakiraan cuaca untuk wilayah Bandung Raya dan sekitarnya periode 7-9 Juli 2024.

Masyarakat pun diimbau tetap waspada potensi dampak cuaca buruk yang terjadi pada masa peralihan (pancaroba) dan awal musim kemarau kini.

Menurut laporan BMKG diterima di Bandung, Minggu (7/7/2024), menyebutkan pada dasarian-I Juli 2024 ini, wilayah Bandung Raya sudah memasuki awal musim kemarau ditandai masuknya angin timuran (monsun australia).

Dominasi angin timuran membawa massa udara dingin dan kering, sehingga suhu pagi cenderung dingin, sementara siang menjadi panas.

"Pada sore-malam hari masih berpotensi hujan. Angin pada umumnya bertiup dari arah Tenggara dengan kecepatan 5-20 km/jam," tulis laporan tersebut.

Suhu minimum di Bandung Raya tercatat mencapai 19-21 °C, suhu maksimum antara 29-30°C. "Suhu minimum terendah di dasarian-I Juli: 19.8 °C".

Prakiraan 7-9 Juli

- 7 Juli 2024:

Kondisi cuaca wilayah Bandung Raya pada umumnya berawan, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dalam skala lokal di Bandung bagian barat, utara, timur, dan selatan dengan suhu berkisar antara 19.2–29.0°C. Angin pada umumnya Tenggara dengan perkiraan kecepatan antara 5–19 km/jam.

- 8 Juli 2024:

Kondisi cuaca wilayah Bandung Raya pada umumnya berawan terdapat potensi hujan ringan hingga sedang pada siang/sore/malam. Suhu udara berkisar antara 19.0 –29.8 °C. Angin pada umumnya Tenggara dengan perkiraan kecepatan antara 5-16 km/jam.

- 9 Juli 2024:

Kondisi cuaca wilayah Bandung Raya pada umumnya berawan ada potensi hujan ringan pada siang, sore dan malam di Bandung bagian utara, barat, timur, tengah dan selatan. Angin pada umumnya Tenggara dengan perkiraan kecepatan antara 5 hingga 18 km/ jam.

Masyarakat diminta tetap mewaspadai potensi-potensi seperti hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang. Selain itu, potensi angin puting beliung dan potensi hujan es yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis berupa genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prakiraan Cuaca Jawa Barat

- 7 Juli 2024:

Waspadai potensi hujan yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat antara siang hingga menjelang malam di sebagian wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung, Cimahi, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Subang, Ciamis dan Banjar.

- 8 Juli 2024:

Waspadai potensi hujan yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada skala lokal dan disebagian wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi dan Garut.

- 9 Juli 2024:

Waspadai potensi hujan yang dapat disertai petir/ kilat dan angin kencang antara malam hingga dini hari disebagian wilayah Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Barat, Bandung, Cimahi dan Majalengka.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan, umumnya cuaca di wilayah Jawa Barat cerah berawan hingga berawan. Ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, dalam skala lokal dan durasi singkat. Selain itu, ada pula potensi angin kencang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat