uefau17.com

Kamus Bahasa Slang Generasi Alpha, dari Skibidi hingga Sigma - Regional

, Yogyakarta - Baru-baru ini, media sosial diramaikan denan konten dari para Generasi Alpha yang mengajari bahasa slang kepada generasi sebelumnya, termasuk Generasi Z, Y, hingga X.

Generasi Alpha merupakan anak-anak yang lahir mulai 2010 hingga sekarang. Semakin berkembangnya zaman, ternyata juga memengaruhi perkembangan bahasa.

Perbedaan bahasa dari setiap generasi terkadang membatasi pola komunikasi keduanya. Tak heran, saat ini muncul beberapa tren Generasi Alpha mengajari rumus bahasa slang kepada generasi-generasi sebelum mereka, yakni kepada tante hingga orangtua mereka.

Dari sekian banyaknya bahasa slang Generasi Alpha, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Ate

Ate bisanya digunakan untuk menyebut seseorang yang telah melalukan hal dengan baik. Ate digunakan untuk mengubah kata 'did well' menjadi lebih sederhana.

Ate dalam bahasa Inggris merupakan bentuk lampau dari kata eat (makan). Biasanya orang yang akan memberi tanggapan terhadap aksi keren seseorang akan menggunakan slang ate ke dalam beberapa kalimat, seperti he ate, she ate, atau she/he ate and left no crumbs.

2. Delulu

Slang delulu digunakan untuk mengganti kata delusional. Awalnya, kata ini banyak digunakan oleh penggemar Kpop di media sosial.

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak realistis dan hanya ada dalam imajinasi atau pikiran saja. Istilah ini sebenarnya sudah kerap digunakan sejak dulu, tetapi kembali mencuat karena banyak digunakan oleh Generasi Alpha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GOAT

3. GOAT

GOAT merupakan singkatan dari greatest of all time. Slang ini kerap digunakan untuk mengganti kata the best (terbaik).

Istilah atau slang GOAT sudah banyak digunakan di dunia olahraga. Beberapa orang terkadang mengungkapkan istilah ini dalam bentuk emoji kambing yang dalam bahasa Inggris disebut goat.

4. Ohio

Dalam kamus bahasa slang Generasi Alpha, kata ohio digunakan untuk menyebut segala hal yang aneh dan unik. Slang ini bermula dari negara bagian Ohio yang beberapa tahun terakhir dikenal sebagai tempat kelahiran berbagai unggahan kreatif yang aneh.

Hal itu kemudian memicu tren kalimat Only in Ohio. Dari sanalah muncul bahwa tren atau hal-hal yang luar biasa atau aneh sering kali terjadi khusus di negara bagian Ohio.

5. Rizz

Kata rizz digunakan sebagai slang dari kata karisma (charisma). Istilah slang ini sebenarnya sudah diakui sebagai kata baru sekak 2023 oleh Oxford English Dictionary.

Hal itu merujuk pada daya tarik atau pesona, terutama dalam konteks romantis. Jika seseorang disebut rizz, maka mereka dianggap menarik karena kekarismatikannya dalam berkomunikasi.

6. Sigma

Bagi Genarasi Alpha, ada cara keren untuk menyebut pemimpin yang dominan, yakni sigma. Umumnya, istilah ini ditujukan kepada laki-laki yang memiliki jiwa pemimpin dan mandiri.

7. Skibidi 

Kata skibidi pertama kali muncul dari sebuah lagu Arab yang sedang populer. Popularitasnya pun kian meroket berkat serial Skibidi Toilet di kanal YouTube Dafuq!? Boom! milik Alexey Gerasimov.

Serial tersebut menampilkan cerita tentang toilet dengan kepala manusia. Skibidi yang awalnya tak memiliki arti spesifik pun kini banyak digunakan sebagai bahasa slang Generasi Alpha untuk menyebut hal buruk ataupun keren, bergantung konteksnya.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat