uefau17.com

DPRD Tuban Gelar Rapat Perubahan APBD 2023 di Hotel Mewah Jogja, Pemborosan Uang Rakyat? - Surabaya

, Tuban - DPRD Tuban menggelar rapat pembahasan Perubahan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (P-APBD) 2023 di hotel mewah bintang empat Cavinton Yogyakarta.

Kegiatan di hotel mewah yang terletak di kawasan Malioboro itu juga dihadiri para pejabat eksekutif Pemkab Tuban. Acara bahas uang rakyat di hotel tersebut terkesan sembunyi-sembunyi karena dilakukan di luar kota jelang Pemilu 2024.

Rapat dewan bersama eksekutif itu juga disinyalir menyalahi asas keterbukaan informasi publik karena pembahasan P-APBD Tahun dilakukan secara tertutup di luar kota. Padahal saat ini kondisi ruang paripurna DPRD Tuban sedang tidak ada kegiatan apapun.

Oleh sebab itu, masyarakat menilai rapat tersebut tidak sah lantaran tidak diketahui masyarakat.

“Rapat di Jogja menyalahi asas keterbukaan dan tidak sah. Seharusnya sifatnya terbuka untuk umum,” ungkap tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan rapat wakil rakyat di hotel tersebut juga termonitor dari status WhatsApp salah satu anggota DPRD Tuban. Dimana, dalam statusnya anggota dewan itu memasang foto yang sedang rapat beramai-ramai bersama pejabat eksekutif.

“PAPBD 2023 untuk masyarakat Tuban,” tulis status WhatsApp salah satu anggota dewan dengan disertai foto kegiatan.

Tak lama berselang, status foto anggota dewan di WhatsApp yang sedang bahas Perubahan APBD tahun 2023, hilang. Belum diketahui secara pasti kenapa status WhatsApp itu dihapus secara tiba-tiba.

Kendati demikian, rapat DPRD Tuban ke luar kota tersebut juga dibenarkan oleh salah satu anggota dewan. Namun, dirinya enggan menyebut secara detail agenda apa yang sedang di bahas.

“Lagi di luar kota mas’e,” kata salah satu anggota DPRD Tuban lebih WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Respons dari Pihak Terkait

Sementara itu, Sri Hidajati Sekretaris DPRD Tuban, ketika dihubungi lewat ponsel dan pesan singkat WhatsApp belum mau memberikan konfirmasi terkait agenda anggota dewan yang ramai-ramai ke Jogja.

Rapat bersama yang terkesan sembunyi-sembunyi itu juga ditunjukkan dari sikap Arif Handoyo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistika dan Persandian Pemkab Tuban. Ia pun puasa komentar terkait agenda rapat di hotel mewah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat