uefau17.com

Anggota KPU Lumajang Mundur dan Gabung Parpol Maju Caleg Pemilu 2024 - Surabaya

, Lumajang - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang Yusuf Adi Pamungkas mengundurkan diri dan memutuskan bergabung dengan partai Gerindra dan maju sebagai caleg pada pemilu 2024.

“Benar satu komisioner KPU Lumajang Yusuf Adi Pamungkas mundur. Kami tidak bisa menghalangi karena memang tidak ada regulasi yang melarang,”ujar Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita, Jumat (5/5/2023).

Dia menyatakan, KPU Lumajang akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyukseskan tahapan Pemilu 2024. Mundurnya satu komisioner ini diyakini akan berdampak signifikan karena masih ada komisioner lainya.

Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan anggota  Bawaslu Jember, Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Ali Rahmad Yanuardi. Dia secara mendadak mengundurkan diri dari Jabatanya dan beralih menjadi kader partai politik dengan bergabung ke Partai Demokrat.

Komisioner yang biasa disapa Yayan itu mundur menjelang masa jabatanya habis sebagai angota Bawaslu Jember pada Agustus 2023. Yang bersangkutan juga mencalonkan diri sebagai bbakal caleg DPRD Jember.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 Anggota KPU Seluruh Indonesia Mundur

Berdasarkan data dari KPU RI tercatat sebanyak 14 komisioner KPU tingkat provinsi dan kabupaten/kota di sejumlah daerah mengundurkan diri agar bisa menjadi calon legeslatif (Caleg) pada pemilu 2024. Dan mereka munduru menjelang tahapan pendaftaran bakal caleg dimulai pada 1 Mei 2023.

KPU RI menjamin pengunduran diri para anggota KPU di daerah tidak akan menggagu kinerja KPU. Sebab anggota yang tersisa masih mencapai korum untuk mengambik keputusan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat