uefau17.com

Pemkab Sidoarjo Tambah Pompa Air Atasi Banjir di Tanggulangin - Surabaya

, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo (Pemkab Sidoarjo) menambah mesin pompa dan bakal terus lakukan normalisasi sungai yang lewati tiga desa antara lain Desa Banjar Panji, Banjar Asri dan Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

Hal ini sebagai upaya penanganan banjir di wilayah tersebut. Penjabat Bupati Sidoarjo, Hudiyono menuturkan, satu unit pompa air dikirim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Jawa Timur ke Balai Desa Banjar Panji.

"Pompa akan dipasang di bozem Kali Banjar Panji. Pompa dengan kapasitas penyedotan 500 meter kubik air per jam dengan diameter pipa 8 dim bisa membantu mempercepat penyedotan genangan air,” ujar dia seperti dilansir dari Antara, Selasa (22/12/2020).

Ia menuturkan, dengan menambah satu lagi pompa air yang dapat pinjaman dari BPBD Jawa Timur, kapasitas cukup besar dan bisa mempercepat penyedotan genangan di beberapa titik desa Banjar Panji.

Ia juga meminta setiap hari dilakukan normalisasi sungai yang melewati di tiga desa itu. Peninggian tanah dengan menguruk jalan dan halaman rumah warga yang terimbas banjir juga terus dilakukan.

"Saya sudah instruksikan ke BPBD, PU BM SDA dan Camat Tanggulangin untuk terus dilakukan normalisasi dan membantu melakukan pengurukan serta di rumah warga yang tergenang air,” kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Normalisasi Sungai

Ia juga meminta setiap hari dilakukan normalisasi sungai yang melewati di tiga desa itu. Peninggian tanah dengan menguruk jalan dan halaman rumah warga yang terimbas banjir juga terus dilakukan.

“Saya sudah instruksikan ke BPBD, PU BM SDA dan Camat Tanggulangin untuk terus dilakukan normalisasi dan membantu melakukan pengurukan serta di rumah warga yang tergenang air,” kata dia.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan forkopimda untuk melakukan langkah-langkah preventif jangka pendek dan jangka menengah.

BPBD Sidoarjo bersama TNI dan relawan akan mendirikan dapur umum di desa Banjar Panji. Keberadaan dapur umum akan membantu mensuplai makanan kepada warga terdampak.

Sebelumnya, dalam beberapa hari terakhir banjir menggenangi tiga desa tersebut dengan ketinggian air sekitar 5 centimeter sampai dengan 15 sentimeter.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat