uefau17.com

Beredar Rekaman Suara Mirip Jungkook BTS dan Ariana Grande Nyanyi Lagu-Lagu Indonesia, Ternyata Hasil Manipulasi AI - ShowBiz

, Jakarta Nama Jungkook BTS dan Ariana Grande kini tengah menjadi pembahasan di media sosial oleh sebagian pecinta musik Tanah Air. Pasalnya, muncul konten yang menyajikan suara Jungkook BTS dan Ariana Grande menyanyikan lagu-lagu Indonesia.

Deretan lagu Indonesia yang seolah dinyanyikan oleh Jungkook BTS adalah "Merasa Indah", "Janji Setia", dan "Komang". Sementara lagu yang seperti dilantunkan Ariana Grande antara lain ada "Merasa Indah", "Deen Assalam", "Rungkad", hingga "Sial".

Setelah diputar dan dicermati, suara mereka dalam konten-konten tersebut memang tak terlalu sempurna, bahkan terkesan janggal. Rupanya, lagu-lagu yang dibuat menggunakan suara kedua penyanyi tersebut merupakan hasil manipulasi menggunakan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan.

Sosok kreatif yang membuatnya adalah pemilik akun Instagram @ianyxi, dengan mencantumkan nama Octavianus Kalistus di profilnya. Ia juga sempat membuat rekayasa duet Jungkook BTS dan Ariana Grande untuk lagu "Percayalah". Beragam komentar pun disampaikan netizen atas eksperimen ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Netizen yang Request Lagu Indonesia Lain Versi Suara Jungkook BTS dan Ariana Grande

Beberapa netizen yang tampaknya penggemar Jungkook BTS dan Ariana Grande memuji kreativitas si pembuat. Bahkan, beberapa dari mereka tampak melontarkan request lagu lainnya kepada @ianyxi.

"Nanti Taylor Swift juga ya kaaaak. Huhuuuu. 🥹🥹," tulis seorang netizen di unggahan rekayasa Ariana Grande untuk lagu Sial milik Mahalini Raharja.

Di lagu "Komang" milik Raim Laode, ada yang meminta versi penyanyi luar lainnya.

"Versi Billie eillish dong biar real asal nganjuknya," celetuk warganet lain.

 

3 dari 4 halaman

Kritik Suara Ariana Grande dan Jungkook BTS Masih Mirip Penyanyi Aslinya

Namun, masih ada juga yang mengkritik si pembuat lantaran di beberapa konten, suara kedua penyanyi tersebut terdengar berubah-ubah dari satu lagu ke lagu lainnya karena masih mirip dengan penyanyi aslinya.

"Yang ini kurang cocok kak, timbrenya beda.. Raisa alto, Afgan bass... Sedangkan Ariana sopran, Jungkook tenor.. Agak sedikit gimana gitu kedengerannya he✌️😁," kritik netizen di duet lagu Percayalah yang aslinya dinyanyikan Raisa dan Afgan.

"Kereen, tapi lebih mantap kalo bisa sesuai karakter vocalnya Arianaa. Ini Tiara style yg diisi suara ariana jd masih berasa tiaranya," kata netizen di lagu Merasa Indah milik Tiara Andini.

 

4 dari 4 halaman

Teknologi AI untuk Mengubah Suara

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penggunaan AI untuk duplikasi suara yang bisa diunggah ke media sosial salah satunya menggunakan sebuah perangkat lunak AI open source yang berasal dari Tiongkok.

Salah satu perangkat yang sedang populer diketahui merupakan hasil dari pengembangan The Chinese University of Hong Kong.

Sayangnya si pembuat suara Jungkook dan Ariana Grande tak menyebut apa perangkat maupun aplikasi yang ia gunakan,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat