uefau17.com

GOTO Rombak Manajemen, Ini Susunan Pengurus Baru - Saham

, Jakarta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah merampungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Selasa (11/6). Pada rapat tersebut, pemegang saha GOTO menyetujui sleuruh agenda rapat.

Di antara persetujuan yang telah didapatkan, Perseroan memperoleh persetujuan pemegang saham atas rencana Perseroan untuk melakukan pembelian kembali saham Perseroan (shares buyback) serta sejumlah perubahan pada jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemegang saham atas dukungan dan persetujuannya terhadap seluruh agenda yang diajukan pada RUPST dan RUPSLB ini. GoTo telah mencatatkan kemajuan sangat pesat dalam satu tahun terakhir dan berada pada posisi yang semakin kuat untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang yang bernilai bagi seluruh pemangku kepentingan,” kata Patrick dalam keterangan resmi, Selasa (11/6/2024).

Pergantian Manajemen

Selain itu, melalui RUPSLB, pemegang saham independen Perseroan juga telah menyetujui penunjukkan Direktur Utama Perseroan, Patrick Sugito Walujo menjadi pihak yang dapat memiliki saham Seri B Perseroan.

Sebagai investor awal Perseroan, Patrick memberikan pandangan sebagai pemegang saham dalam pembentukan kebijakan strategis Perseroan, dan berperan sebagai pemimpin dalam manajemen GoTo.

Lebih lanjut, perseroan tidak memiliki rencana untuk menerbitkan saham Seri B baru. Dengan demikian, tidak ada dilusi dari kepemilikan pemegang saham eksisting.

Perpindahan kepemilikan saham dengan hak suara multipel (SHSM) sehubungan dengan hal tersebut, hanya dapat dilakukan pada pihak yang telah disetujui sebagai pemegang saham dengan hak suara multipel.

Sesuai Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2021, penerapan sistem SHSM atau multiple voting shares (MVS) bertujuan untuk melindungi visi dan misi perusahaan yang dibangun oleh para pendiri agar tujuan dan perkembangan bisnis dapat terus berjalan.

Perubahan manajemenSehubungan dengan pengawasan dan pengurusan Perseroan, para pemegang saham telah memutuskan sejumlah perubahan dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Termasuk mempertimbangkan adanya masa jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang berakhir serta pengunduran diri salah satu anggota Dewan Komisaris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Pimpinan GOTO?

Dengan demikian, susunan manajemen GOTO menjaid sebagai berikut:

Komisaris

  • Komisaris Utama: Agus D. W. Martowardojo
  • Komisaris: Garibaldi Thohir
  • Komisaris: Winato Kartono
  • Komisaris: Wishnutama Kusubandio
  • Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe
  • Komisaris Independen: Marjorie Lao
  • Komisaris Independen: John A. Prasetio

Direksi

  • Direktur Utama: Sugito Walujo
  • Wakil Direktur Utama: Thomas Kristian Husted
  • Direktur: Wei-Jye Jacky Lo
  • Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo
  • Direktur : Hans Patuwo
  • Direktur: Nila Marita
  • Direktur: Pablo Malay

 

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Kinerja GOTO?

Agus D. W. Martowardojo, Komisaris Utama GoTo, mengatakan, sepanjang tahun 2023, GoTo telah berhasil menjalankan transformasi Perusahaan yang signifikan dalam menyiapkan landasan kuat untuk pertumbuhan bisnis yang berjangka panjang, berkelanjutan dan profitable.

Upaya ini menghasilkan kinerja pertumbuhan bisnis yang sehat dan berkualitas, disertai dengan pengendalian biaya yang disiplin, sehingga GoTo berhasil mencapai EBITDA yang disesuaikan positif di kuartal empat 2023, melampaui target Perseroan.

"Saya juga sangat menyambut baik kinerja prima unit bisnis On-Demand Services (ODS) yang telah berhasil menjaga EBITDA yang disesuaikan secara positif di sepanjang tahun 2023, sebelum alokasi biaya korporasi," kata dia.

Agus menghargai dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Dewan Direksi dan Komisaris atas upayanya dalam menjaga tata kelola, sumbangsih pemikiran serta kerja kerasnya dalam menumbuhkembangkan bisnis GoTo sampai saat ini.

"Saya yakin jajaran Dewan Komisaris dan Direksi akan bekerja sama semakin erat dalam memperkuat bisnis GoTo sebagai perusahaan teknologi terdepan karya anak bangsa yang berjuang untuk kemajuan Indonesia," pungkas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat