uefau17.com

Nasib Saham GOTO Usai Ditinggal Pendirinya - Saham

, Jakarta Harga saham GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) betah menyelam di zona merah. Kondisi ini berlanjut usai pendiri perseroan memutuskan hengkang.

Melansir data RTI, saham GOTO terpantau parkir di posisi 53 atau mengalami perubahan 0,00 persen dari penutupan sebelumnya. Saham GOTO hari ini dibuka pada posisi 54 dan sempat bergerak pada rentang 52-54.

Jelang penutupan sesi I, frekuensi perdagangan saham GOTO tercatat sebanyak 11.810 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 2,71 miliar lembar senilai Rp 144,96 miliar. Dalam sepekan, saham GOTO turun 10,17 persen. Sejak awal tahun atau secara year to date (YTD), shaam GOTO turun 38,37 persen.

Perseroan telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di mana salah satu agendanya adalah perubahan manajemen. Dalam perubahan terbaru, pemegang saham menyetujui pengunduran diri Andre Soelistyo sebagai Komisaris. Andre merupakan co-founder GOTO.

Bersamaan dengan itu, Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya dan Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto tidak lagi melanjutkan masa jabatannya sebagai Komisaris dan Direktur GOTO.

Sebelumnya, ada Nadiem Makarim yang juga pendiri Gojek lebih dulu hengkang seiring posisi barunya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Disusul Kevin Aluwi, yang akhirnya hengkang setelah sempat mencicipi posisi Komisaris di GOTO.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

GOTO Rombak Manajemen, Ini Susunan Pengurus Baru

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah merampungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Selasa (11/6). Pada rapat tersebut, pemegang saha GOTO menyetujui sleuruh agenda rapat.

Di antara persetujuan yang telah didapatkan, Perseroan memperoleh persetujuan pemegang saham atas rencana Perseroan untuk melakukan pembelian kembali saham Perseroan (shares buyback) serta sejumlah perubahan pada jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemegang saham atas dukungan dan persetujuannya terhadap seluruh agenda yang diajukan pada RUPST dan RUPSLB ini. GoTo telah mencatatkan kemajuan sangat pesat dalam satu tahun terakhir dan berada pada posisi yang semakin kuat untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang yang bernilai bagi seluruh pemangku kepentingan,” kata Patrick dalam keterangan resmi, Selasa (11/6/2024).

Selain itu, melalui RUPSLB, pemegang saham independen Perseroan juga telah menyetujui penunjukkan Direktur Utama Perseroan, Patrick Sugito Walujo menjadi pihak yang dapat memiliki saham Seri B Perseroan.

Sebagai investor awal Perseroan, Patrick memberikan pandangan sebagai pemegang saham dalam pembentukan kebijakan strategis Perseroan, dan berperan sebagai pemimpin dalam manajemen GoTo.

Lebih lanjut, perseroan tidak memiliki rencana untuk menerbitkan saham Seri B baru. Dengan demikian, tidak ada dilusi dari kepemilikan pemegang saham eksisting.

 

3 dari 3 halaman

Perpindahan Kepemilikan Saham

Perpindahan kepemilikan saham dengan hak suara multipel (SHSM) sehubungan dengan hal tersebut, hanya dapat dilakukan pada pihak yang telah disetujui sebagai pemegang saham dengan hak suara multipel.

Sesuai Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2021, penerapan sistem SHSM atau multiple voting shares (MVS) bertujuan untuk melindungi visi dan misi perusahaan yang dibangun oleh para pendiri agar tujuan dan perkembangan bisnis dapat terus berjalan.

Perubahan manajemenSehubungan dengan pengawasan dan pengurusan Perseroan, para pemegang saham telah memutuskan sejumlah perubahan dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Termasuk mempertimbangkan adanya masa jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang berakhir serta pengunduran diri salah satu anggota Dewan Komisaris.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat