uefau17.com

Wujudkan Indonesia Emas 2045, Pemerintah Minta Perusahaan Terapkan Ekonomi Hijau - Regional

, Jakarta Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, perlu adanya inovasi dari para perusahaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satunya, dengan menciptakan kelestarian lingkungan dalam bentuk ekonomi hijau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Muhammad Ahdiyar Syahrony dalam acara penghargaan Indonesia 50 Best CSR Summit 2024 di Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2024).

"Perlu adanya inovasi CSR di bidang ekonomi, lingkungan dan sosial. Salah satunya transformasi ekonomi menuju ekonomi hijau,” ujar Muhammad Ahdiyar Syahrony.

Sementara itu, Direktur Pendanaan Bilateral Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Rd Siliwanti menilai, jika dana CSR harus dioptimalisasi untuk kepentingan pembangunan nasional.

"Dalam strategi pendanaan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025- 2045 ada pembiayaan inovatif, salah satunya dana CSR perusahaan yang perlu dioptimalisasi sebagai peran pembangunan nasional,” kata Rd Siliwanti.

Hal senada dikatakan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Bastian. Ia menyampaikan bantuan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui dana CSR juga harus ditingkatkan.

Tak hanya itu, kemampuan berwirausaha harus meningkat sehingga produk yang dihasilkan harus inovatif dan solutif. Apalagi saat ini, setiap produk harus beradaptasi dengan kemajuan zaman.

"Kapasitas program Usaha Mikro Kecil dan Menengah harus ditingkatkan agar terus berkembang dan berdaya saing," Bastian menimpali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sabet Penghargaan

 Dalam ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk berhasil meraih Indonesia Best CSR in Mining Sector. Penghargaan diberikan oleh Bram S. Putro selaku Founder & CEO The Iconomics kepada Edra Emilza selaku Chief Operation Officer Kideco.

Edra Emilza menyampaikan, penghargaan tersebut menjadi penyemangat Kideco dalam membuat program CSR yang berkelanjutan. Ia juga berharap, hal tersebut dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk membuat program CSR yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat

“Penghargaan ini akan menjadi penyemangat Kideco dalam membuat program-program CSR yang berkelanjutan,” ujar Edra Emilza.

Ajang penghargaan tersebut bertemakan CSR Activity Awareness and CSR Image. Acara tersebut bertujuan untuk mendukung berbagai inovasi dan terobosan, yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pada kegiatan CSR.

Indikator penilaian yang diberikan kepada penerima awards meliputi jumlah kumulatif kegiatan perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR, termasuk aspek lingkungan, sosial, ekonomi, kesehatan, iklim dan pendidikan.

Kemudian, tahap penilaian selanjutnya adalah kualitas implementasi yang dilihat dari standard implementation, sustainability implementation, innovative implementation dan impact.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat