uefau17.com

Bandara Heathrow Kacau, Penumpang Tertahan di Pesawat Selama Berjam-Jam - Lifestyle

, Jakarta - Bandara Heathrow di London, Inggris dikabarkan sedang mengalami kekacauan. Penumpang telah berjam-jam menunggu di Bandara Heathrow  karena terjadi pemadaman sistem Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi. Mengutip The Sun pada Rabu (26/6/2024), penumpang yang terdampar mengaku terjebak di pesawat dan mereka pulang tanpa bagasi pada Selasa malam,, 25 Juni 2024.

Seorang warga Inggris, Richard White (59), menceritakan kepada The Sun tentang bagaimana dia terjebak dalam penerbangan pesawar British Airways selama satu jam di bandara. Dia berkata: "Jadi kami berada di landasan selama lebih dari satu jam setelah kami mendarat. Pilot ingin penumpang tetap mengenakan sabuk pengaman karena kami dapat bergerak kapan saja."

"Masalahnya adalah banyak orang yang ingin ke toilet. Pada satu titik, pilot harus memindahkan posisi pesawat dalam waktu singkat, ketika beberapa orang sedang berada di toilet. Itu sangat sulit."

Dia menambahkan: "Kami baik-baik saja karena kami hanya membawa bagasi jinjing. Namun kami melihat banyak orang menjadi sangat kesal menunggu koper mereka. Kelihatannya berantakan."

Dalam video yang diunggah di media sosial terlihat pemandangan yang sangat semrawut di area bagasi bandara dengan antrean penumpang  yang seakan tak ada habisnya. Richard yang berbasis di Kopenhagen mengatakan, terjadi kekacauan di area bagasi Terminal 5 (T5).

Dalam unggahan di Twitter atau X,  seorang penumpang menulis: "Kekacauan di terminal 5 Heathrow. Tidak ada informasi. Sistem TI mati. Kami menunggu satu setengah jam untuk mendapatkan bagasi dan sekarang dalam perjalanan pulang tanpa tas."

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penumpang Menunggu Tanpa Kejelasan

Para penumpang kesal karena mereka tidak diberitahu masalah apa yang sedang terjadi dan hanya menunggu tanpa kejelasan. "Kami harus mengklaim bagasi tapi tidak bisa. Kalau ada informasi yang jelas tentu akan lebih bagus, tapi tidak ada yang mengatakan apa yang terjadi."

Yang lain menambahkan: "Hai @HeathrowAirport Di mana bagasi saya? Saya sudah menunggu di terminal 5 untuk bagasi BA929 dari Tirana, tapi belum ada yang terkirim. Anda membuat pengumuman aneh bahwa kami harus menunggu selama 2 jam sebelum dapat mengisinya sebuah formulir. APA YANG TERJADI?"

Seorang pelancong mengunggah pesan yang tampaknya dikirimkan kepada para penumpang di Heathrow. Bunyinya: "Kami mohon maaf untuk memberitahu Anda bahwa karena masalah teknis dengan sistem alokasi bagasi kami di Heathrow, kami tidak dapat menjamin bahwa tas Anda akan dibawa bersama Anda. Kami telah dan akan terus mengirimi Anda email berisi informasi selanjutnya."

Sementara penumpang yang lain turut membagikan pesan yang berbunyi: "Ini adalah bencana, kami kembali dari Siprus. Menabrak dari kursi yang dipesan dan dibayar sehingga ruang kaki saya hilang, lalu 30 menit ke stand tanpa bagasi, saya bisa pergi ke A@E untuk meditasi, bagasi saya mungkin diantar dalam 2 hingga 3 hari, atau bisa berkendara kembali."

 

3 dari 4 halaman

British Airways Meminta Maaf

Juru bicara Heathrow mengatakan: "Kami mendukung British Airways dengan masalah teknis pada Sistem Alokasi mereka. Kami menyarankan penumpang untuk memeriksa BA sebelum melakukan perjalanan ke bandara. Penumpang BA di Terminal 5 mungkin terkena dampaknya, dan disarankan untuk menghubungi BA untuk mendapatkan bantuan. Tidak ada maskapai lain yang terkena dampak."

Sementara itu, juru bicara British Airways mengatakan: "Kami telah meminta maaf kepada pelanggan yang tidak dapat melakukan perjalanan dengan bagasi mereka karena kesalahan teknis sementara yang berada di luar kendali kami. Masalah ini telah teratasi dan kami telah mendatangkan kolega tambahan untuk mendukung tim kami dalam mengembalikan tas ke pelanggan kami secepat mungkin."

Beberapa hari sebelum terjadi insiden kacau ini, sempat ada pemadaman listrik besar-besaran di Bandara Manchester. Ketika itu, penerbangan menjadi kacau. Sebanyak 90 ribu penumpang terkena dampaknya karena penerbangan dibatalkan dan jadwal kedatangan dialihkan.

Mengutip BBC pada Rabu (26/6/2024), direktur pengelola bandara, Chris Woodroofe, mengatakan "kesalahan pada kabel telah menyebabkan lonjakan listrik yang mengganggu sistem keamanan dan pemeriksaan bagasi".

4 dari 4 halaman

Terjadi Setelah Insiden Pemadaman Listrik di Bandara Manchester

Antrean besar terjadi ketika seperempat dari seluruh penerbangan dari bandara harus dibatalkan. Penumpang yang bepergian melalui Terminal 1 dan 2 telah diminta untuk menjauh. Perusahaan analisis penerbangan Cirium mengatakan bahwa pada jam makan siang, 66 penerbangan keluar dan 50 penerbangan masuk dihentikan.

Kelvin Knaver, dari St Helens, Merseyside, awalnya akan terbang ke Amsterdam dengan EasyJet sebelum penerbangannya dibatalkan. Dia mengatakan kepada BBC North West Tonight: "Ini kacau. Ada tumpukan simpanan yang membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan."

Orang-orang yang terkena dampak kekacauan mengunggah foto antrean panjang di meja check-in dan pemeriksaan paspor di media sosial, dan mengeluhkan kurangnya komunikasi dari staf. Gambar dan rekaman video menunjukkan antrean panjang orang, beberapa bahkan menunggu dalam kegelapan.

Woodroofe sebelumnya mengatakan bahwa listrik telah pulih tetapi tidak akan ada keberangkatan sama sekali dari kedua terminal tersebut selama sisa hari itu. Pihak bandara mengatakan kepada BBC bahwa penerbangan masuk telah dialihkan karena "pesawat tidak dapat lepas landas" karena terbatasnya ruang.

Di antara mereka yang terkena dampak adalah penerbangan yang tiba dari Houston, AS  yang harus menuju London Heathrow sementara penerbangan lainnya, yang datang dari Singapura, terpaksa mendarat di London Gatwick.

Listrik cadangan bandara menyala ketika sistem utama mati, namun situasinya menjadi rumit karena listrik padam berkali-kali. Maskapai penerbangan mengatakan masalah dalam pemrosesan bagasi membuat pelanggan hanya bisa naik pesawat dengan membawa tas kabin. Dalam sebuah pernyataan, Jet2 mengatakan petugas tidak dapat memuat tas ke pesawat karena pemadaman listrik.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat