uefau17.com

Libur Nataru Usai, Pelabuhan Merak Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024 - Regional

, Cilegon - Libur natal 2023 dan tahun baru 2024 telah selesai, Pelabuhan Merak bersiap menyambut arus mudik Idul Fitri 1445H. Persiapan segera dilakukan, lantaran arus mudik lebaran berlangsung sekitar tiga bulan lagi.

"Artinya kita tinggal mempunyai waktu sekitar tiga bulan untuk menyongsong Idul Fitri," ujar Suharto, GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Selasa, (2/1/2023).

Persiapan matang diperlukan demi kelancaran arus mudik Idul Fitri 2024, agar masyarakat bisa terlayani dengan baik saat mengarungi Selat Sunda, baik dari Pulau Jawa menuju Sumatera atau sebaliknya.

Dalam momentum Idul Fitri, Pelabuhan Merak kerap dipadati masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Bahkan, antrian kendaraan hingga keluar pelabuhan dan menyebabkan kemacetan panjang.

"Jadi ini kan saya anggap nataru ini persiapan untuk angkutan lebaran nanti. Karena kalau enggak salah, April nanti sudah lebaran," terangnya.

Proses bongkar muat dan pelayanan di Pelabuhan Merak selama natal 2023 dan tahun baru 2024, akan dijadikan bahan evaluasi untuk persiapan mudik Idul Fitri 2024. 

PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak mengaku akan memperbaiki berbagai hal, agar bisa mengangkut pemudik lebih baik lagi.

"Apa yang sudah, mungkin kejadian-kejadian kecil, maupun yang mungkin ada kekurangan-kekurangan itu jadi bahan evaluasi kami nanti di dalam menghadapi angkutan lebaran tahun 2024," jelasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Pelabuhan Merak

Sedangkan hari kedua tahun baru 2024, kondisi Pelabuhan Merak nampak lancar. Antrian kendaraan hanya terjadi saat masuk kedalam kapal saja. 

Sedangkan penumpang pejalan kaki di dominasi oleh mereka yang turun di Pelabuhan Merak, usai berlayar dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Ini cenderung normal, cenderung landai, lancar dan cuaca juga Alhamdulillah bersahabat. Kalau arus balik itu biasanya yang ada peningkatan signifikan dari arah Bakauheni, kalau dari arah Merak ini cenderung normal lancar," tuturnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat