uefau17.com

Masih Suasana Liburan, Ini Rekomendasi Kuliner Legendaris Solo - Regional

, Solo - Berwisata kuliner di Kota Solo menjadi salah satu aktivitas seru di hari libur. Banyak kuliner khas dengan cita rasa lezat yang bisa diburu di sini.

Kuliner Solo memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kuliner tersebut merupakan warisan dari nenek moyang yang masih terus dilestarikan dari generasi ke generasi.

Dengan tetap menjaga resep secara turun-temurun, tak heran jika rasa yang disajikan tidak berubah dan masih autentik. Berikut beberapa rekomendasi kuliner legendaris yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota Solo seperti dikutip dari surakarta.go.id:

1. Timlo Solo

Salah satu warung timlo yang cukup terkenal di Kota Solo adalah Timlo Sastro Balong. Warung ini berlokasi di salah satu sudut Pasar Gedhe.

Makanan ini terdiri dari potongan hati ampela ayam, telur pindang, sosis solo, wortel, dan bahan pelengkap lainnya. Isian tersebut kemudian disiram dengan kuah bening yang rasanya gurih.

2. Selat Solo

Kuliner legendaris Kota Solo lainnya yang wajib dicoba adalah selat solo. Salah satu warung yang terkenal adalah Warung Selat Mbak Lies. Berdiri sejak 1985, warung ini berada di Kelurahan Serengan.

Sajian legendaris ini memiliki tampilan yang mirip dengan salad sayuran karena berisi berbagai jenis sayuran, seperti wortel, kentang, buncis, serta selada yang dipadukan dengan protein berupa telur dan irisan daging sapi. Bedanya, selat solo diberi tambahan kuah manis dan gurih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tengkleng

3. Tengkleng

Tengkleng merupakan olahan tulang kambing yang mirip gule. Sajian ini memiliki cita rasa gurih, kaya rempah, dan sedikit terasa sensasi pedasnya.

Salah satu tempat terbaik menikmani tengkleng di Solo adalah di warung Tengkleng Klewer Bu Edi. Warung ini berada di Pasar Klewer Solo Jalan Dr Radjiman, Kauman, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

4. Sate Kere

Memiliki nama unik, sate kere juga menjadi incaran kuliner para wisatawan. Seperti sate pada umumnya, makanan ini diolah dengan cara dibakar.

Sate kere berisi jeroan atau gembus yang ditusuk ke batang lidi atau bambu dan kemudian diguyur sambal kacang. Sate kere juga disajikan bersama potongan lontong.

Salah satu penjual sate kere yang terkenal di Kota Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Lokasinya berada di belakang Stadion Sriwedari, tepatnya di Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Soal rasa tak perlu diragukan lagi karena warung ini sudah ada sejak 1986.

5. Serabi Notosuman

Kudapan manis dan gurih yang satu ini tak boleh dilewatkan. Terbuat dari campuran tepung beras dan santan, serabi menjadi salah satu kudapan legendaris favorit wisatawan.

Adapun penamaan serabi notosuman diambil dari nama jalan lokasi berdirinya toko, yaitu di Jalan Notosuman yang kini menjadi Jalan Mohammad Yamin. Saat ini, serabi notosuman sudah memiliki banyak cabang, sehingga mudah dijumpai.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat