uefau17.com

Profil Shayne Pattynama, Bek Timnas Indonesia yang Berpisah dengan Viking FK - Regional

, Yogyakarta - Shayne Pattynama resmi meninggalkan Viking FK setelah kontraknya usai pada bulan Desember 2023 ini. Kepergian bek Timnas Indonesia dari klub asal Norwegia itu diumumkan langsung oleh manajemen klub di situs resminya.

Shayne Pattynama pun mengucapkan terimakasih kepada Viking FK yang selama ini telah membesarkan namanya di sepak bola. Pemain berusia 25 tahun itu juga mengatakan, apa yang telah dilakukannya bersama tim tak akan pernah dilupakan.

"Terima kasih untuk saat-saat ini, Viking! Sungguh beberapa tahun yang luar biasa dan saat-saat yang tak akan pernah saya lupakan," ujar Shayne di situs Viking FK yang dikutip, Jumat (8/12/2023).

Dengan hengkangnya Shayne dari Viking FK menyisakan tanya, apakah ia akan hijrah ke tim-tim Asia atau bahkan Indonesia, atau akan tetap berkarier di Eropa.

Dari desas-desus, sejumlah klub Asia meminati jasa bek andalan Timnas Indonesia itu. Namun dari beberapa kabar, Shayne masih ingin merumput di kancah sepak bola Eropa.

Berikut profil Shayne Pattynama

Pemain dengan postur 186 sentimeter itu bernama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama. Ia lahir pada 11 Agustus 1998 di Lelystad, Belanda. Ia punya darah keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Maluku.

Pada 2023 awal, Shayne resmi berkebangsaan Indonesia bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick. Mereka menjadi andalan Timnas Indonesia di laga-laga internasional.

Keinginannya untuk menjadi pemain Timnas Indonesia juga tidak terlepas dari sosok mendiang ayahnya. Pattynama bahkan mengungkapkan jika ia ingin berjuang dalam Timnas tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk ayahnya.

Sejak kecil, Shayne menimba ilmu sepak bola di Akademi Ajax dan FC Utrecht sejak tahun 2007 silam. Setelah beranjak dewasa, ia mendapatkan kontrak profesional pertamanya di SC Telstar, klub divisi kedua Liga Belanda pada 2019.

Berkat kemampuannya yang melejit, ia pun direkrut oleh klub Viking FK yang berlaga di kasta tertinggi Liga Norwegia pada 2021. Selama kurang lebih dua tahun berseragam Viking FK, ia telah mencatatkan 89 penampilan dengan menyumbang dua gol dan 12 asis.

Pattynama berpostur 186 sentimeter, ia bermain untuk posisi bek khususnya bermain di bek kiri.

(Taufiq Syarifudin)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat