uefau17.com

Jarang Diketahui, Ternyata Rambut Jagung Punya Banyak Manfaat - Regional

, Yogyakarta - Pernah makan jagung? Lalu dibuang rambutnya? Tapi ternyata rambut jagung punya manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Misalnya khasiat dari rambut jagung bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, radang sendi.

Tidak hanya bijinya, rambut jagung juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat rambut jagung adalah menurunkan tekanan darah. Selain itu, bagian jagung ini juga bisa mengatasi berbagai kondisi, seperti kolesterol tinggi dan radang sendi.

Dikutip dari berbagai sumber, dalam rambut jagung punya banyak kadungan senyawa antioksidan, seperti tanin, allantoin, saponin, dan fitosterol. Selain itu, rambut jagung juga mengandung karbohidrat, protein, serat, serta vitamin seperti vitamin E dan vitamin K.

Berikut ini adalah manfaat rambut jagung bagi kesehatan tubuh;

1. Mengatasi diabetes

Rambut jagung yang diekstrak bisa memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. Dengan rambut jagung yagn telah diolah dapat memperlambat penyerapa gula di usus.

Dengan perlambata itu, lonjakan gula darah mampu diatasi terlebih setelah penderita diabetes selesai makan.

Rambut jagung punya kandungan sifat diuretik, artinya bisa membuang kelebihan air dan garam dari dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu, rambut jagung punya senyawa yang bisa menghambat kerja enzim yang membantu produksi hormon angiotensin II. Asal tahu saja hormon ini bisa meningkatkan tekanan darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengatasi infeksi saluran kemih

Bagi yang bermasalah dengan saluran kemih, rambut jagung bisa jadi alternatif obat untuk mengurangi gejala infeksinya. Sifat anti radang dalam rambut jagung dapat mengurangi rasa nyeri dan terbakar saat buang air kecil..

4. Mencegah kolesterol tinggi

Selanjutnya, rambut jagung punya khasiat untuk menaikan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. untuk itu, rambut jagung sangat baik untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

Rambut jagung juga punya senyawa yang bersifat sifat antilithiatic. Adanya senyawa ini dapat membantu untuk cegah terbentuknya batu ginjal, yang menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kemih.

5. Mencegah glaukoma

Dari berbagai sumber, glaukoma adalah kondisi saraf penglihatan di mata mengalami kerusakan. Kondisi ini biasanya dikaitkan adanya peningkatan tekanan dalam bola mata.

Orang dengan tekanan darah tinggi kemudian mengonsumsi rambut jagung dapat menurunkan risiko terkena glaukoma. Ini pun bisa mencegah penurunan kualitas penglihatan.

Kendati begitu, masih perlu penelitian beragam untuk melihat seberapa efektif dan mendukungnya rambut jagung untuk kesehatan. Pasalnya di sisi lain, rambut jagung wajib dihindari bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap jagung atau produk olahannya sebab bisa menimbulkan reaksi berupa gatal, bentol-bentol, dan ruam.

(Taufiq Syarifudin)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat