uefau17.com

Bukan Hanya Manggis, Durian Juga Jadi Produk Unggulan Purwakarta - Regional

, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memiliki banyak produk hortikultura khas yang sangat potensial untuk dikembangkan. Dengan kata lain, buah manggis bukan satu-satunya produk unggulan yang ada di wilayah ini. Melainkan, masih banyak yang lainnya. Sebut saja salah satunya, Buah Durian.

Mungkin, selama ini tak banyak yang tahu jika Buah Durian adalah produk unggulan hortikultura khas Kabupaten Purwakarta. Wajar saja, karena gaungnya belum begitu terdengar secara luas. Sehingga, keberadaanya belum tergali dengan maksimal.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan membenarkan jika Buah Durian juga merupakan salah satu produk hortikultura yang ada di wilayahnya. Centralnya, ada di Kecamatan Pondoksalam dan Kecamatan Bojong.

"Sebenarnya, produk unggulan hortikultura di kita itu melimpah ya. Bukan hanya buah manggis, tapi ada buah durian juga," ujar Sri Jaya Midan, belum lama ini.

Dia menjelaskan, di dua kecamatan tersebut bukan hanya dikembangkan buah durian lokal saja. Melainkan, juga dikembangkan buah durian jenis musang king dan bawor.

Selama ini, kata dia, produksi buah durian di wilayahnya cukup melimpah setiap tahunnya. Dari data yang ada di 2021 saja misalnya, hasil panennya mencapai 13.420 buah. Namun, untuk 2022 produksinya turun 40 persen.

"Penurunan ini lebih disebabkan faktor cuaca," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Kampung Hortikultura

Midan menuturkan, bukan hanya durian sebenarnya hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayahnya ini memiliki banyak produk unggulan hortikultura yang khas dan sangat potensial untuk dikembangkan.

Sejauh ini, kata dia, jajarannya juga telah menginventarisasi lokasi-lokasi yang dianggap potensial untuk pengembangan produk unggulan hortikultura khas ini. Sehingga, sudah terlihat wilayah mana saja yang memiliki dan menjadi sentra-sentra produknya.

"Di kita itu, memang lebih terkenalnya buah manggis karena memang produk unggulan. Tapi sebenarnya, masih banyak hasil hortikultura lain yang cukup potensial. Hasil inventarisasi kami, itu terdapat beberapa kecamatan yang memiliki produk unggulan hortikultura khas juga," tambah dia.

Midan menambahkan, saat ini pihaknya juga telah mengembangkan kampung hortikultura di beberapa kecamatan. Di antaranya, kampung Apukat dan Bawang Merah di Kecamatan Bojong, Kampung Cabai di Kecamatan Darangdan, kampung Lengkeng di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur dan Desa Cibakamanah Kecamatan Cibatu.

"Saat ini di kami ada program kampung hortikultura. Termasuk, kampung Buah Durian ini," tambah dia.

Midan menambahkan, sejauh ini pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat agar bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan-lahan mereka supaya lebih produktif. Tentunya, hal itu diharapkan bisa berimplikasi pada peningkatan ekonomi mereka.

"Kalau upaya kita, itu lebih ke membantu menyiapkan sarana penunjangnya. Termasuk membantu dari sisi pemasarannya," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat