uefau17.com

Manggis van Purwakarta, si Ratu Buah yang Jadi Andalan Pasar Domestik hingga China - Regional

, Purwakarta - Buah manggis, merupakan salah satu produk hortikultura yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Konon, buah manggis dari daerah ini merupakan salah satu yang terbaik di tanah air bahkan jadi andalan ekspor.

Dengan kata lain, buah manggis dari daerah ini tak hanya untuk kebutuhan pasar domestik, melainkan juga kerap dikirim untuk pasar internasional. Buah dengan nama latin Garcinia Mangostana Linn itu, selama ini kerap diekspor ke berbagai negara, di antaranya China.

Memang, Manggis termasuk buah istimewa. Tak heran dijuluki sebagai ratu buah tropis. Istimewa juga buat Kabupaten Purwakarta, karena berkah dari buah manggis bisa sedikit mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah ini.

Sejauh ini, Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) setempat terus mendorong para pembudidaya buah manggis untuk berinovasi. Jadi, buah manggis tak hanya dijual secara langsung. Tapi, juga disarankan untuk mengolah buah Manggis menjadi produk yang bisa bernilai ekonomi tinggi.

Sitti Sarah Nuraini adalah salah satu pelaku UMKM yang berhasil mengolah buah manggis menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi. Yakni, menyulap kulit buah manggis menjadi sirup yang menyegarkan. Sebelumnya, Kepala Program Farmasi Industri SMK Farmasi Purwakarta itu juga sukses membuat sabun antiseptik berbahan kulit manggis.

Beberapa waktu lalu, Sitti menjelaskan jika buah manggis ini bisa dimanfaatkan dari semua bagian buahnya. Mulai dari daging buah, hingga kulit buahnya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah Manggis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Misalnya, jika daging buahnya dikonsumsi, ratu buah tropis ini akan memberikan efek untuk daya tahan tubuh dari serangan virus. Sedang, jika kulit buahnya diaplikasikan bisa menjadi sabun efektif untuk memberikan khasiat antiseptik.

"Kandungan nutrisi dari buah manggis ini sangat kaya akan manfaat. Kami telah membuat sejumlah olahan dari buah manggis. Seperti, masker dari kulit manggis, teh kulit manggis, sabun manggis dan sirop manggis," ujar Sitti, belum lama ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Sitti menuturkan, buah Manggis memiliki kandungan zat aktif alpha-mangostin. Alpha-mangostin merupakan sendiri, merupakan pigmen warna pada kulit buah yang dipercaya sangat efektif sebagai antibacericidal, fungicidal dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terbukti juga sebagai antioksidan dan anti-inflamatory.

Dengan begitu, buah manggis memiliki kandungan yang kaya nutrisi dan Manfaat luar biasa bagi kesehatan manusia, baik luar maupun dalam. Bahkan, nutrisi dari buah manggis ini cukup efektif meningkatkan sistem imun. Karena, kandungan buah manggis yang memiliki Vitamin C ini juga dapat mencukupi sekitar 12 persen kebutuhan tubuh harian.

Sitti lantas menyeritakan awal mula dirinya terjun ke dunia usaha olahan Buah Manggis. Tepatnya di 2018 yang lalu, 3sadulur yang menjadi brand usahanya itu mendapat permintaan pengembangan produk berbahan dasar manggis dari Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta.

"Olahan manggis kami, awalnya untuk ditampilkan di Festival Manggis pertama. Kami, memberdayakan pelajar di SMK Farmasi Purwakarta," ujarnya.

Dia tak menyangka, respons publik saat itu produk olahan manggis ini dipajangkan di festival tersebut. Bahkan, saat itu produknya laku keras. Sehingga, kerja sama pun dilanjutkan pada tahun 2019 dalam kegiatan Festival Manggis ke 2 yang diselenggarakan pemerintah.

Berangkat dari kepercayaan publik inilah, sejak saat itu pihaknya terus berinovasi. Jadi, tak hanya memproduksi olahan manggis untuk kegiatan festival saja. Melainkan, mulai konsen pada pengembangan usaha komersil.

Salah satu yang saat ini ditekuni adalah produk sirup manggis yang kini sudah memiliki izin edar dan PIRT. Saat ini, sirop maggis yang diproduksi 3sadulur sudah menjadi produk unggulan. Bahkan, menjadi ikon baru di Purwakarta.

"Bahan bakunya dari kulit manggis," kata dia.

Pihaknya tak memungkiri, sampai saat ini masih banyak di antara masyarakat yang tak mengetahui akan khasiat dan kandungan nutrisi dari buah dengan ciri khas warna kulit merah keunguan itu. Menurut dia, buah Manggis memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia, luar dan dalam.

"Kulit buah manggis, itu memiliki zat aktif yang efektif sebagai antibacericidal, fungicidal dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terbukti juga sebagai antioksidan dan anti-inflamatory," tambah dia.

Menurut dia, Sirup manggis ini sangat cocok jika dicampur dengan es batu, susu ataupun soda. Sehingga, sangat cocok menjadi teman santai. Selain itu, sirup manggis ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga daya tahan tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat