uefau17.com

5 Rekomendasi Sate Klathak Legendaris dan Populer di Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Wisata kuliner Yogyakarta seperti tak pernah ada habisnya. Ada banyak tempat makan yang menyajikan menu khas Yogyakarta dapat menjadi jujukan para pengunjung dan wisatawan.

Selain gudeg, makanan khas Yogyakarta yang tidak kalah populer adalah satai klathak. Satai klathak merupakan satai daging kambing yang hanya dibumbui dengan garam rempah-rempah tanpa kecap manis seperti satai pada umumnya.

Daging kambing yang dipakai adalah daging kambing muda. Dalam satu tusukan terdapat 2 hingga 4 potongan daging kambing yang besar.

Uniknya, kuliner khas Yogyakarta ini tidak menggunakan bilah bambu sebagai penusuknya. Sate klathak ditusuk menggunakan jeruji besi roda sepeda.

Penusuk satai yang unik inilah yang membuat daging kambing matang hingga dalam. Jika tertarik mencicipi satai klathak khas Yogyakarta, ada beberapa tempat makan kuliner khas ini yang legendaris dan populer di kalangan warga lokal dan wisatawan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat makan sate klathak legendaris dan populer.

1. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong berada di jalan Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat makan satai klathak ini sudah mulai berjualan sejak 1960.

Tempat makan olahan kambing ini cukup populer di kalangan wisatawan. Bahkan banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh untuk mencicipi olahan satai kambing ala Pak Pong, sehingga tak pernah sepi pengunjung.

Seporsi satai klathak di tempat ini disajikan bersama nasi hangat, kuah gulai dan lalapan. Selain satai, tempat makan ini juga menjual gulai daging kambing, tongseng kambing, kicik dan berbagai olahan kambing lainnya.

Meski sudah populer dan legendaris, harga menu di Sate Klathak Pak Pong tetap terjangkau. Seporsi satai klathak dibanderol mulai Rp 30.000.

Sate Klathak Pak Pong buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sate Klathak Mak Adi

Sate Klathak Mak Adi berada di Jalan Imogiri Timur KM 10, Jati, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat makan yang terkenal dengan olahan satai yang empuk dan nikmat ini sudah berjualan sejak 1995.

Satai klathak ala warung Mak Adi ini cukup populer diserbu para pelanggan, sehingga tidak pernah sepi pembeli. Selain satai klathak, tempat makan ini juga menyediakan berbagai olahan kambing lainnya seperti satai goreng, satai bumbu, gulai, tongseng, hingga krenyos atau gajih kambing goreng.

Aneka menu olahan kambing ditempat ini tetap terjangkau. Seporsi satai klathak dibanderol mulai Rp 22.000 saja.

Sate Klathak Mak Adi buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 01.00 WIB.

 

3 dari 4 halaman

3. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari rekomendasi tempat makan satai klatak yang populer di Yogyakarta. Selain memiliki olahan satai klathak yang khas menggunakan resep keluarga, tempat makan Sate Klathak Pak Bari juga muncul di film populer Ada Apa Dengan Cinta 2.

Selain satai klathak, warung Pak Bari ini juga menyajikan berbagai menu olahan lain, mulai dari satai bumbu, satai goreng, tongseng, gulai daging, gulai jeroan hingga tongseng otak. Aneka menu di tempat makan ini dibanderol mulai Rp 27.00 per porsinya.

Sate Klathak Pak Bari buka setiap hari, mulai pukul 18.30 hingga 00.00 WIB.

4. Sate Kambing Mbah So

Sate Kambing Mbah So menjual satai klatak sejak 1999. Selain menu satai klathak, tempat makan ini juga menyediakan tongseng, gulai, tengkleng, nasi godog, dan nasi goreng kambing.

Harga makanan di warung Sate Kambing Mbah So mulai dari Rp 20.000. Sate Kambing Mbah So berlokasi di Jalan Gedongkuning Selatan, Pelem Mulong, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rekomendasi tempat makan satai klatah legendaris ini buka Senin hingga Sabtu, mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

5. Sate Kambing Mbah Margo

Satai Klathak menjadi menu andalan warung Sate Kambing Mbah Margo. Warung satai klathak ini sudah berjualan sejak 1965.

Menu satai kambing ala Mbah Margo tidak hanya satai klatah, namun juga ada satai bumbu, satai goreng, tongseng, gule, dan masih banyak lagi.

Meski sudah berjualan sejak puluha tahun lalu, aneka menu di warung Sate Kambing Mbah Margo ini tetap terjangkau, mulai dari Rp 30.000 per porsinya.

Lokasi Sate Kambing Mbah Margo berada di Jalan Wates Muntilan, Boto Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Warung sate ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat