uefau17.com

Warung Bu Spoed, Tempat Menikmati Masakan Jawa Tempo Dulu di Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Berbicara tentang kuliner Yogyakarta memang tak ada habisnya. Salah satu warung makan legendaris di Yogyakarta yang masih menjadi favorit hingga kini adalah Warung Bu Spoed.

Warung Bu Spoed berlokasi di Jalan Ibu Ruswo No.32, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta. Warung makan ini menyajikan sajian khas Jawa atau masakan rumahan yang banyak diburu masyarakat lokal maupun wisatawan.

Mengutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Warung Bu Spoed sudah ada sejak 1920. Meski telah berusia 100 tahun lebih dan diwariskan secara turun-temurun, warung ini tetap menjaga konsistensi rasa yang ditawarkan.

Pemilik Warung Makan Bu Spoed memiliki prinsip bahwa makanan yang disajikan adalah makanan yang akan disantap sendiri. Hal itu membuat warung ini selalu terjaga kebersihannya.

Nama warung yang menyajikan masakan khas Jawa tempo dulu ini diambil dari bahasa Belanda yang berarti cepat. Terdapat lebih dari 30 macam lauk yang ditawarkan di warung ini.

Adapun salah satu rahasia cita rasa dari masakan di Warung Bu Spoed adalah metode memasaknya. Masakan di Warung Bu Spoed diolah dengan menggunakan tungku arang karena dianggap lebih cepat dan dapat memberikan tekstur masakan yang lebih lezat.

Selain itu, mereka juga memiliki prinsip untuk tidak menjual kembali lauk yang tidak laku. Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kualitas cita rasa masakan.

Tak hanya lezat, beragam sajian di Warung Bu Spoed juga relatif terjangkau mulai dari Rp8.000 saja. Warung ini juga menyediakan menu yang hanya bisa dinikmati di hari- hari tertentu, seperti asem-asem (Rabu-Jumat) hingga brongkos (Senin dan Selasa).

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat