uefau17.com

Autentik dan Pantang Terlewatkan, Ini 5 Kuliner Pasar Ngasem Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Pasar Ngasem merupakan salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta. Pasar tradisional ini sudah berdiri sejak 1908.

Pasar Ngasem berada di Jalan Polowijan Nomor 11, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Lokasinya yang berdekatan dengan Keraton Yogyakarta dan Tamansari membuat pasar tradisional ini juga ramai dikunjungi wisatawan.

Jika berkunjung ke Pasar Ngasem, jangan lupa mencicipi aneka makanan tradisional di tempat ini. Ada banyak makanan dan jajanan tradisional yang jarang ditemui di tempat lain.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kuliner Pasar Ngasem Yogyakarta yang sayang dilewatkan.

1. Warung Makan Yu Ngademi

Warung Makan Yu Ngademi berada di dalam Pasar Ngasem, tepatnya di bagian Timur pasar. Menu favorit di warung ini adalah bubur krecek.

Namun selain itu, ada juga bongkos, bobor kelor, oseng genjer, ramesan, dan pepes tuna yang bisa dicicipi. Aneka menu Warung Makan Yu Ngademi dibanderol mulai dari Rp8.000 saja.

Warung Makan Yu Ngademi biasanya dipenuhi pelanggan saat sarapan. Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 15.00 WIB atau saat menu sudah terjual habis.

2. Bakmi Jawa Ngasem

Bakmi Jawa Ngasem menjadi kuliner Pasar Ngasem yang buka pada sore hari. Menu yang ditawarkan antara lain bakmi godog, nasi goreng, dan capcay godog.

Aneka menu dijual mulai Rp10.000 per porsinya. Bakmi Jawa Ngasem buka setiap hari, mulai pukul 17.00 hingga 00.00 WIB.

3. Brongkos Bu Rini

Brongkos merupakan kuliner tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari kacang tolo, tahu, koyor, dan telur. Ciri khas kuah brongkos berwarna hitam terbuat dari aneka rempah-rempah yang digongso lalu ditambah santan.

Brongkos juga dapat ditemukan di Pasar Ngasem, tepatnya di warung Bu Rini. Warung makan ini sudah berjualan sejak 1973.

Meskipun telah diteruskan oleh generasi kedua, racikan bumbu dan cara memasaknya masih dipertahankan seperti awal mula warung tersebut berdiri. Ada beragam pilihan lauk tambahan untuk menikmati brongkos seperti perkedel, tempe goreng, peyek, krupuk karak dan beberapa lauk lainya.

Selain brongkos, pengunjung warung Bu Rini juga dapat menikmati soto ayam kampung. Seporsi brongkos dijual mulai dari Rp 13.500 saja.

Brongkos Bu Rini buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

4. Soto Pak Bejo

Soto Pak Bejo menawarkan soto ayam dan nasi rames lengkap dengan ayam atau lele, dengan harga mulai Rp12.000. Letaknya berada di dalam Pasar Ngasem dan buka setiap hari, mulai dari pukul 06.00 hingga 14.00 WIB.

5. Apem Beras Bu Wanti

Kue apem yang ada di Pasar Ngasem tidak boleh dilewatkan. Apem beras Bu Wanti sudah berjualan sejak tahun 1970-an, lalu diteruskan oleh keturunannya.

Selain legendaris, kue apem di Pasar Ngasem juga terbilang unik. Sebab, kue yang terbuat dari tepung beras, gula pasir, kelapa muda, santan, telur, dan ragi ini dimasak dengan menggunakan cetakan tradisional, serta tungku berbahan bakar arang.

Cara pembuatan yang dipertahankan secara tradisional menambah daya tarik kudapan tradisional ini. Harga apem dibanderol cukup bersahabat yakni Rp3.000 per biji. Apem Beras Bu Wanti buka pukul 06.00 hingga 08.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat