uefau17.com

Makin Hits dengan Bawa Pulang 5 Oleh-Oleh Kekinian Khas Yogyakarta Ini - Regional

, Yogyakarta - Saat pergi liburan, kurang lengkap rasanya jika tak berburu oleh-oleh. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Kota Yogyakarta juga memiliki beberapa oleh-oleh kekinian yang bisa dijadikan pilihan.

Tak hanya bakpia, kini banyak pedagang oleh-oleh di Yogyakarta yang telah berinovasi. Mengutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, berikut beberapa pilihan oleh-oleh Yogyakarta yang kekinian:

1. Bakpia kukus

Bakpia memang menjadi menu oleh-oleh paling populer di Yogyakarta. Dalam perkembangannya, kini juga tersedia bakpia yang diolah dengan cara dikukus.

Umumnya, bakpia diolah dengan cara dioven. Inovasi bakpia ini patut mendapat apresiasi karena memberikan rasa dan tekstur yang berbeda dari bakpia pada umumnya.

Bakpia kukus memiliki tekstur yang lembut di luar dan di dalam. Isiannya pun terasa lumer dengan berbagai varian, mulai dari cokelat, keju, stroberi, hingga kacang hijau. 

2. Cokelat monggo

Saat ini, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota produsen cokelat terbaik di tanah air. Berkat tangan dingin Thierry Detournay, terciptalah produk cokelat monggo. Cokelat dengan cita rasa tinggi di Indonesia ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

3. Gudeg kaleng

Salah satu kuliner ikonik khas Yogyakarta, gudeg, kini juga bisa dijadikan oleh-oleh. Tak hanya dinikmati di tempat, gudeg juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja yang lezat dan praktis. Kini telah tersedia gudeg kemasan kaleng yang praktis, higienis, dan awet. 

4. Oseng-oseng mercon kaleng

Selain gudeg, kini juga tersedia oseng-oseng mercon dalam kemasan kaleng. Makanan bercita rasa pedas ini merupakan makanan kreasi Bu Narti yang sudah dikenal sejak 1997.

5. Mangut lele asap Mbah Marto

Mangut Lele Asap Mbah Marto adalah salah satu masakan lagendaris yang selalu dicari wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Ciri khas sajian ini menggunakan lele yang diasap secara tradisional dan dimasak dengan kuah pedas kaya bumbu.

Sama seperti gudeng dan oseng-oseng mercon, mangut lele ini juga telah tersedia dalam kemasan kaleng yang lebih tahan lama. Tak heran jika sajian ini menjadi pilihan oleh-oleh kekinian khas Yogyakarta yang banyak diburu wisatawan.

(Resla Aknaita Chak)

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat