uefau17.com

Hasil Pemeringkatan Universitas di Dunia Nobatkan UIR sebagai PTS Terbaik Riau - Regional

, Pekanbaru - Lembaga pemeringkatan universitas internasional yang berbasis di Amerika Serikat, Edurank, baru saja merilis peringkat perguruan tinggi di dunia. Dalam pemeringkatan itu, Universitas Islam Riau (UIR) mendapatkan peringkat ke-77 secara nasional.

Dikerucutkan lagi secara provinsi, UIR mendapatkan urutan kedua sebagai universitas terbaik di Riau. Sementara secara perguruan tinggi swasta (PTS), UIR didapuk sebagai nomor wahid di Bumi Lancang Kuning dibandingkan puluhan PTS lainnya.

Menurut Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Rendi Prayuda, posisi pemeringkatan ini akan semakin menguatkan UIR menuju universitas Islam berkelas di dunia berbasis iman dan takwa.

"Sejak dua tahun terakhir UIR semakin fokus dan gencar melaporkan kinerja perguruan tinggi, baik pada pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," kata Rendi di Pekanbaru, Jumat siang, 28 Juli 2023.

UIR sebagai salah satu PTS yang berada di jantung Kota Pekanbaru terus hadir dan mengambil peran meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ragam capaian sudah diraih baik secara nasional hingga internasional.

Berdasarkan website edurank.org, Edurank memberikan pemeringkatan kepada 14.131 universitas dari 183 negara di dunia. Di Indonesia ada 562 universitas yang dihimpun datanya lalu diberikan pemeringkatan.

Pihak UIR menyebut Edurank memiliki kriteria dalam melakukan penilaian. Aspek-aspek yang dinilai mulai dari reputasi, kinerja penelitian, hingga dampak oleh alumni.

Edurank membuat perangkingan universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan. Ada 1,24 miliar basis data yang digunakan dari dari 44,9 Juta publikasi ilmiah terindeks.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepercayaan

Sementara itu, Kepala Humas UIR Dr Harry Setiawan menjelaskan, naiknya peringkat ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat Riau pada UIR yang tahun ini berusia 61 Tahun.

"Selain masyarakat nasional, masyarakat Internasional pun tahun ini memilih UIR sebagai destinasi pendidikan internasionalnya," kata Harry.

Pada tahun 2023 ini, lanjut Harry, UIR telah menerima tambahan mahasiswa asing asal Nigeria dan Uganda. Sebelumnya sudah bergabung mahasiswa dari Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

"Pada usia yang cukup matang ini, UIR terus melaju memacu prestasi dan kepercayaan masyarakat dalam upaya turut hadir dalam mencerdaskan generasi bangsa berkelas Internasional berbasis iman dan takwa," imbuh Harry.

Harry menerangkan, salah satu indikator spesifik yang dinilai oleh Edurank ialah jurnal-jurnal dan publikasi internasional dosen-dosen UIR. Hal ini berimplikasi pada sitasi internasional sehingga meningkatkan performa UIR di kancah internasional terutama dalam pemeringkatan.

"Semoga dengan pemeringkatan ini dapat memacu kinerja sivitas akademika UIR terutama dalam bidang publikasi internasional dan sitasi agar mampu berdaya saing global," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat