uefau17.com

Hari Laut Sedunia, TNI dan Warga Bersihkan Pesisir Pantai Tateli Minahasa - Regional

, Minahasa - Program karya bakti terus digencarkan oleh TNI khususnya di wilayah teritorial Kodim 1309 Manado. Mulai dari memperbaiki atau membangun fasilitas umum hingga membersihkan lingkungan dan sekitarnya.

Kali ini, bertepatan dengan momen peringatan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni, Kodim 1309 Manado menggandeng pemerintah desa serta mengajak puluhan warga dan siswa sekolah melakukan karya bakti.

Karya bakti ini dalam wujud membersihkan area pesisir Pantai Desa Tateli Dua, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Sulut, Jumat (9/6/2023).

Plh Danramil 1309-04/PTM Pelda Joni Ari Tingkae menjelaskan, bahwa kegiatan karya bakti ini dengan membersihkan sampah di pesisir pantai sepanjang kurang lebih 800 meter, yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan siswa sekolah, bertujuan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Karya bakti ini turut melibatkan pemerintah desa dengan siswa sekolah di mana terlihat antusias, serta hukum tua langsung terjun ke lapangan. Sasarannya bagaimana kita bisa memberikan kesadaran untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih,” kata Pelda Joni Ari Tingkae.

Dia menuturkan, sebagian besar sampah yang tampak berupa sampah plastik, botol minuman dan kemasan makanan instan. Area pesisir pantai harus selalu dibersihkan. Selain untuk enak terlihat, juga karena area ini bagian dari lingkungan masyarakat setempat.

“Pada intinya, lingkungan kita harus selalu bersih, lingkungan sekitar kita bersih, juga sangat berdampak untuk kehidupan kita sendiri. Untuk itu dibutuhkan kesadaran sendiri masalah kebersihan lingkungan khususnya pesisir pantai,” tuturnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sementara Plh Kepala Desa Tateli Dua Didi Tumbel mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1309/Manado yang turun langsung ke lapangan membersihkan pesisir pantai. Dia juga terus mengingatkan masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai untuk selalu menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah di pantai. Karena pantai ini terlihat sangat bagus untuk menarik wisatawan lokal.

 “Mari kita buang sampah pada tempat pembuangan sampah yang ada. Kalau sembarang buang, ya kita juga pastinya yang dapat dampak buruknya,” ujarnya.

Dandim 1309 Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han) mengatakan, sebagai aparat teritorial dalam hal ini Danramil dan Babinsa, dituntut harus mampu memberikan contoh dan teladan yang baik ditengah-tengah masyarakat.

Dengan demikian keberadaan TNI di wilayah dapat memberikan kontribusi positif serta mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Seperti pada kegiatan karya bakti pembersihan pantai yang dilakukan Kodim 1309/Manado, bagaimana kita bersama -sama masyarakat menjaga kondisi lingkungan di desa, khususnya pesisir pantai agar selalu terawat kebersihannya,” ujar lulusan Akmil tahun 2000 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat