uefau17.com

Daftar ke KPU Pakai Baju Adat Jawa, Gerindra: Promosi Warisan Budaya - Regional

, Sukoharjo - Partai Gerindra Kabupaten Sukoharjo mendaftarkan Bakal Calon Anggota DPRD mereka ke KPU dengan diantar bendi (kendaraan berkuda).

Tak hanya menampilkan bendi yang memang khas dari Kabupaten Sukoharjo, mereka juga mengenakan baju adat Jawa lengkap, yang laki-laki memakai beskap dan yang wanita memakai kebaya lengkap dengan gelungan (konde).

Titik Suprapti, Kepala DPC Partai Gerindra Sukoharjo menyebut pihaknya mendapatkan kuota maksimal untuk bakal calon legislatif (bacaleg) mereka, dengan presentase 33 kuota perempuan, 42 kuota laki-laki, dan sisamya kuota milenial. 

"Kita mendaftarkan 45 anggota sebagai bacaleg Gerindra, dengan target penambahan perolehan kursi dari sebelumnya 5 kursi menjadi 10 kursi," kata dia kepada awak media di halaman kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (13/5/2023).

Menurutnya, dalam kontestasi memperebutkan kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota itu pihaknya menampilkan wajah-wajah baru, bahkan tak sedikit dari kaum milenial.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 10 Kursi di Kabupaten/Kota

Harapannya, kehadiran bacaleg milenial itu menjadi suasana baru di daerah pemilihan (dapil) kepada pemilih-pemilih pemula.

"Anak-anak muda pasti banyak yang pilih yang muda-muda juga, mungkin terobosan programnya bagus. Pemikiran anak muda sekarang khan jauh lenih luas, semoga target 10 kursi tercapai," ujar dia.

Di sisi lain dirinya menjelaskan alasan kenapa Gerindra mendaftar ke KPU dengan mengendarai bendi dan menggunakan pakaian adat Jawa lengkap. Pihaknya ingin mengangkat budaya Jawa khususnya yang potensi di Kabupaten Sukoharjo seperti bendi dan juga pakaian khas tersebut.

"Pertama Sukoharjo juga menjadi salah satu pusat budaya. Kami partai Gerindra telah mendukung terkait pelestarian kebudayaan dengan mendaftarkan kebaya ke UNESCO sebagai warisan buyaa tak benda untuk Indoensia," tutur dia.

Sementara itu, Nuril Huda Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo mengatakan setelah melewati mekanisme pendaftaran dan pemeriksaan Silon pada berkas para bacaleg tersebut sudah lengkap dan diterima oleh pihaknya.

"Berkas dari Partai Gerindra lengkap dan diterima. Kami masih menunggu kedatangan parpol lainnya pada hari terakhir pendaftaran besok 14 Mei 2023," kata Nuril.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat