uefau17.com

Menuju Final Piala Dunia 2022: Jatuh Bangun Argentina - Regional

, Yogyakarta - Usai mengalahkan Kroasia pada babak semifinal, Argentina berhak melaju ke babak final Piala Dunia 2022. Impian Lionel Messi membawa Argentina menjadi juara di akhir karir internasionalnya pun semakin di depan mata.

Perjalanan Argentina hingga mencapai final, tak dilalui dengan mulus. Berikut perjalanan timnas Argentina hingga mencapai laga final Piala Dunia 2022:

Fase Grup

1. Argentina 1-2 Arab Saudi

Laga debut Argentina di Piala Dunia 2022 tak berjalan dengan baik. La Albiceleste takluk di hadapan Arab Saudi dengan skor akhir 1-2.

Pada awal laga, sebenarnya Argentina unggul lebih dulu di menit ke-10 berkat tendangan penalti Messi. Namun, Timnas Arab Saudi berhasil menyamakan kedudukan di awal babak kedua, atau tepatnya di menit ke-48.

Posisi Argentina semakin terpuruk ketika Salem Al-Dawsari mencetak gol di menit ke-53 dan membuat Arab Saudi unggul satu gol atas Argentina. Meski waktu masih tersisa, tetapi skor 1-2 bertahan hingga akhir pertandingan.

2. Argentina 2-0 Meksiko

Laga fase grup selanjutnya mempertemukan Argentina dengan Meksiko. Meski Meksiko bukan lawan yang mudah, tetapi Argentina berhasil unggul dengan skor 2-0.

Mereka berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Dua gol Argentina dicetak di babak kedua melalui Messi (64') dan Fernández (87').

3. Polandia 0-2 Argentina

Laga terakhir fase Grup C mempertemukan Argentina dan Polandia. Pada laga ini, Argentina unggul dengan skor akhir 0-2.

Argentina mulai unggul pada awal babak kedua melalui kaki Alexis Mac Allister di menit ke-46. Sementara gol kedua dicetak di menit ke-67 melalui Julian Alvarez.

Kemenangan Argentina pada laga ini membuat tim asuhan Lionel Scaloni bertengger di posisi juara Grup C. Total, Argentina mengumpulkan 6 poin, disusul Polandia dengan 4 poin.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

16 Besar

Argentina 2-1 Australia

Pada babak 16 besar, Argentina bertemu dengan Australia. Argentina berhasil mencetak gol pertama ke gawang Australia di menit ke-35 lewat Lionel Messi.

Gol kedua Argentina dicetak di menit ke-57 melalui Julian Alvarez. Pada menit ke-78, Australia sempat memperkecil ketertinggalan karena gol bunuh diri Enzo Fernandez.

Namun, skor 2-1 untuk keunggulan Argentina tetap bertahan hingga akhir pertandingan. Atas kemenangan ini, Argentina melaju ke perempat final.

Perempat final

Argentina 2-2 Belanda (adu penalti 4-3)

Pada babak perempat final, Argentina bertemu dengan lawan yang cukup sulit, yakni Belanda. Seperti yang diketahui, kedua tim ini sama-sama berambisi menjadi juara Piala Dunia 2022.

Benar saja, laga perempat final keduanya berlangsung sangat sengit. Argentina sebenarnya unggul dua gol lebih dulu berkat Nahuel Molina (36') dan tendangan penalti dari Lionel Messi (80').

Namun, Belanda berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-83 melalui Wout Weghorst. Pada detik-detik akhir babak kedua, Weghorst kembali mencetak gol (90+11'), sehingga skor menjadi imbang 2-2.

Pertandingan semakin memanas saat memasuki perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Bahkan, Denzel Dumfries harus diganjar kartu merah menjelang berakhirnya babak ini.

Hingga akhir perpanjangan waktu, skor masih bertahan 2-2 dan harus dilanjutkan dengan adu penalti. Argentina berhasil memenangkan babak adu penalti dengan skor 4-3 setelah pemain Belanda, Virgil van Dijk, dan Steven Berghuis, gagal melaksanakan tugasnya melakukan tendangan penalti.

Semifinal

Argentina 3-0 Kroasia

Babak semifinal Piala Dunia 2022 mempertemukan Argentina dengan Kroasia. Meski tak begitu menguasai pertandingan, Argentina mampu memanfaatkan serangan balik untuk membobol gawang Kroasia.

Lionel Messi mengawali keunggulan Argentina melalui tendangan penalti di menit ke-34. Sementara Julian Alvarez menjadi pahlawan dalam laga tersebut karena mampu mencetak dua gol (39', 69') sekaligus.

Atas kemenangan ini, Argentina berhasil melaju ke final di gelaran Piala Dunia 2022. Nantinya, Argentina akan bersaing dengan Prancis untuk meraih trofi kemenangan pada Minggu (18/12/2022), pukul 22.00 WIB.

 

Penulis: Resla Aknaira Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat