uefau17.com

Deretan Menu MPASI yang Mudah Dapat Dibuat di Rumah - Regional

, Jakarta - Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan yang diberikan ketika bayi sudah berumur 6 bulan untuk menyokong kebutuhan nutrisi bayi yang mulai kompleks.

Idealnya, MPASI diberikan kepada bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan ke atas. Namun, untuk beberapa kasus, MPASI diberikan secara dini, salah satunya adalah karena berat badan bayi terlalu kecil dan di bawah grafik pertumbuhan bayi normal.

Sebelum memberikan menu MPASI kepada bayi, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada dokter anak. Biasanya dokter membolehkan pemberian MPASI dini jika bayi memiliki berat badan yang sangat kurang di bawah grafik pertumbuhan normal.

Bayi sudah siap untuk diberikan MPASI bisa ditandai dengan lehernya yang sudah kuat dan bisa dikontrol dengan baik. Bayi tidak mual dan bisa menelan makanan yang lebih kental teksturnya dari ASI.

Pemberian MPASI harus dengan tekstur yang lembut dan encer. MPASI juga berupa satu macam bahan saja. Dengan mengetahui syarat MPASI dini tersebut, kira-kira apa saja sih menu MPASI dini yang bisa Anda buat?

Menu MPASI dini yang bisa Anda buat dan direkomendasikan oleh dokter adalah buah-buahan, bubur instan, daging, atau tepung beras yang dimasak. Semua menu tersebut dibuat dalam bentuk puree maupun sereal.

Berikut ini adalah beberapa macam ide menu MPASI dini yang bisa Anda buat.

- Puree buah, misal: apel, pisang, mangga, alpukat.

- Puree sayuran, misal: ubi, wortel, kentang, kacang hijau, labu, brokoli.

- Puree daging, misal: daging ayam atau daging sapi.

- Sereal yang telah difortifikasi dengan zat besi.

- Yoghurt tawar dengan jumlah yang sedikit.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat MPASI Dini Puree Pisang

Untuk membuat MPASI dini cukup mudah. Bahan yang perlu disiapkan adalah pisar 1 buah bahan berukuran kecil, air, ASI. Anda juga bisa menggantikan ASI dengan susu formula.

Setelah bahan sudah terkumpul, yang pertama dilakukan adalah mengupas pisang dan memotongnya kecil-kecil. Kemudian pisang lembutkan dengan menggunakan garpu atau sendok. Lebih mudah jika kamu menggunakan blender.

Setelah pisang sudah lembut, tambahkan ASI atau susu formula dan air. Kemudian aduk hingga rata. Komposisi air atau ASI bisa disesuaikan dengan umur bayi. Untuk awal-awal, buat tekstur agak encer agar bayi lebih mudah mencernanya.

Sajikan puree pisang tersebut dan berikan ke bayi selagi segar.

Cara Membuat MPASI Dini Puree Daging

Anda bisa mengombinasikan menu MPASI dini dengan menu puree lainnya. Salah satunya adalah puree daging.

Siapkan daging sedikit saja, sekitar 50 gram. Cuci daging dan cincang hingga kecil-kecil. Masak daging hingga matang. Anda bisa memasaknya dengan slow cooker atau memasak dengan panci biasa.

Jika daging sudah matang, lembutkan daging dengan blender. Tambahkan sedikit kaldu, air, dan ASI perah. Campur hingga merata. Sahabat bisa mengatur kekentalan puree dengan mengatur kadar air atau ASI perahnya.

Menu MPASI Dini Lengkap

Info terkini untuk MPASI dini boleh menggunakan menu lengkap. Anda bisa mencampur daging, sayur, dan nasi yang dihaluskan untuk diberikan pada bayi. Alasan pemberian menu lengkap ini adalah agar bayi bisa mendapatkan berbagai nutrisi seperti protein, vitamin, lemak, dan lainnya dalam sekali pemberian MPASI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat