uefau17.com

Suka Cita Ibadah hingga Atraksi Singkat Barongsai Meriahkan Imlek 2022 di Bandung - Regional

, Bandung - Perayaan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili di Kota Bandung berlangsung khidmat namun tetap meriah. Sejumlah warga menceritakan perayaan Imlek tahun ini jauh lebih menyenangkan dibanding tahun lalu.

Pembina Vihara Tanda Bhakti Tan Tjong Boe misalnya, ia bersyukur bisa merasakan kembali suka cita setelah sudah dua tahun umat Buddha merayakan Imlek dalam suasana pembatasan sosial akibat pandemi.

“Tahun 2021 kemarin kita benar-benar enggak bisa ngapa-ngapain. Maksudnya tuh beberapa ritual yang menimbulkan kerumunan enggak bisa kami gelar,” ujarnya, Selasa (1/2/2022).

Adapun di Vihara Tanda Bhakti, para pengurus menerapkan pembatasan bagi umat yang beribadah. Kapasitas vihara dibatasi menjadi 30 orang saja. Begitupula protokol kesehatan dijalankan begitu ketat di vihara ini.

Boe berharap tahun 2573 Kongzili bisa menjadi titik balik bagi Kota Bandung dan bangsa Indonesia untuk bangkit dari pandemi.

Selain itu, ia juga masih dalam suasana bangga karena Vihara Tanda Bhakti baru saja menjadi tuan rumah Kampung Toleransi kelima di Kota Bandung yang belum lama ini diresmikan Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

“Toleransi adalah peninggalan hebat dari leluhur. Kita baru saja diresmikan sebagai kampung toleransi. Momentum hari besar keagamaan ini merupakan cara kita mengimplementasikan toleransi itu agar jadi nyata,” ucapnya.

Beberapa wihara di Kota Bandung menjalankan ibadah dengan khusyuk. Salah satunya di Vihara Dharma Ramsi. Puluhan orang mempersiapkan diri menuju ibadah yang baru digelar pukul 23.00 WIB. Pelaksanaan ibadah juga dibarengi dengan penyalaan lilin imlek berukuran kecil hingga besar.

“Berlangsung lancar (persiapan imlek). Umat mulai berdatangan. Tapi kalau lilin baru menyala pukul 11 malam,” kata Asikin, pengelola Vihara Dharma Ramsi.

Masyarakat sekitar Vihara Dharma Ramsi, di Kelurahan Jamika juga dimeriahkan penampilan singkat kelompok barongsai. Warga termasuk anak-anak nampak antusias menyaksikan sesi tersebut.

Amel misalnya. Siswi SMP As Salam ini mengaku senang bisa melihat barongsai jelang perayaan tahun baru Imlek. Kendati nampak ketakutan, namun ia terus mengambil gambar video sesi penampilan ini.

“Takut sih. Dan sebenarnya kurang tahu apa nama sesinya. Tapi seru juga, ini kan enggak setiap hari ada,” katanya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat