uefau17.com

Ini Alasan Ilham Habibie Maju di Pilkada Jabar 2024 - Pemilu

, Jakarta - Putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie turut meramaikan perhelatan Pilkada 2024. Partai Nasdem resmi mengusungnya menjadi Bakal Calon Gubernur atau Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ilham Habibie menuturkan alasannya ikut melibatkan diri dalam urusan politik. Dia mengungkapkan, semuanya serba mendadak.

"Oke, kita mulai dulu dengan kenapa tertarik dengan politik. Terus terang, kalau Bapak tanya kepada saya satu bulan yang lalu, saya belum punya rencana masuk ke politik. Tapi seperti memang banyak hal terjadi dalam hidup, itu kadang-kadang perubahan datang mendadak sekali terus tiba-tiba satu bola yang bergulir pelan-pelan menjadi di sini," kata Ilham kepada wartawan, Kamis (6/6/2024)

Ilham mengatakan, awalnya ia berdiskusi dengan saudara dan rekan-rekannya. Ketika itu, ada usul agar dirinya ikut mendaftar sebagai bakal calon gubernur di DKI Jakarta. Namun, Ilham mengungkapkan keengganannya.

"Mereka katakan kepada saya 'kenapa ya Ham kamu enggak mencoba jadi gubernur DKI. waktu itu ya' saya bilang 'wah saya kan bukan orang politik' begitu saya bilang," ujar Ilham.

Belakangan, Ilham mengaku mempertimbangkan saran dari rekan-rekan. Karena menurutnya perlu ada sosok-sosok baru di di dunia politik.

"Saya bilang 'ya tapi enggak apa-apa kayaknya, perlu yang tadi dikatakan, perlu figur baru. Jadi saya bolehlah dalam bahasa Inggrisnya 'taste water' jadi coba-coba dulu siapa tau resposnnya (bagus)," ucap dia.

Ilham kemudian mulai berdiskusi dengan banyak orang. Dari situ, dia melihat adanya peluang untuk melanggengkan keinginannya itu melalui Partai NasDem.

Tiga minggu, kata Ilham berdiskusi munculah sebuah komitmen bersama. Ilham akui punya kecocokan dari sisi pemikiran dan lain sebagainya.

"Sehingga kita sekarang hari berada di sini ya dalam waktu 3 minggu. Ini perkembangan turbo. Tapi memang begitu, kita tidak menyangka bahwa kita akan menjadi seperti itu," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ilham Habibie Diusung Partai Nasdem

Ilham Akbar Habibie diusung oleh Partai Nasdem sebagai Calon Gubernur atau Calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Ilham menilai, Jawa Barat baginya wilayah yang penting seperti ujung tombak Indonesia emas.

"Kalau Indonesia mau jadi emas pasti Jabar harus jadi emas juga atau bahkan terlebih dahulu," ucap dia.

Ilham kemudian membeberkan, dalam menyongsong Indonesia Emas, ekonomi harus tumbuh hingga 8 persen. Menurutnya, itu hanya bisa dicapai jika Indonesia mampu memperkuat sektor industri.

"Industri adalah hal yang utama.  Kenapa saya katakan begitu? karena kalau kita lihat contoh di Asia Timur atau Tenggara, negara lain yang maju yang keluar dari kita sampaikan sebagai middle income atau perangkat berpendapatan menengah itu semuanya lewat industri," ujar dia.

"Tapi Industri itu tidak jatuh dari langit. Itu harus dikembangkan. Itu adalah komitmen puluhan tahun kalau kita lihat negara Tiongkok itu, berinvestasi apa saja, bukan ke teknologi. Kalau kita keluar negeri, ke universitas-universitas, banyak sekali orang chinese yang kuliah, yang diperlukan untuk negaranya seperti teknologi, engineering, sains, ada juga yang bisnis," dia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Pemerintah Sudah Lakukan Terobosan di Pendidikan dan Industri

Menurut Ilham, pemerintahan sekarang sudah banyak melakukan terobosan-terobosan di sektor industri maupun pendidikan.

Di Jabar, banyak sekali industri dan universitas unggulan. Selain itu, ada pertanian, perkebunan perikanan, pariwisata. Dan juga masyarakat kreatif.

"Jadi yang namanya Jabar ini adalah satu provinsi yang lengkap dengan semuanya, dan menurut saya harus kita berjuang," ucap dia.

Sementara itu, Ilham menyerahkan sepenuhnya kepada Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem untuk menentukan pendampingnya di Pilkada Jabar 2024. Yang terpenting, sosok pendamping punya kesamaan.

"Perlu ada kesamaan, perlu ada kompatibilitas, perlu ada yang sama," tandas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat