uefau17.com

NasDem Usung Ilham Habibie di Pilgub Jabar 2024, Diklaim Cocok Bawa Ekonomi Jabar Lebih 'Terbang' - Regional

, Bandung - Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Jawa Barat secara resmi telang mengusung Ilham Habibie sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024. Putra Presiden RI ke-3 itu diusung setelah mendapatkan rekomendasi langsung dari Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa, akhir pekan lalu, Sabtu, 8 Juni 2024. Saan menilai, Ilham Habibie adalah tokoh yang cocok untuk memimpin Jawa Barat.

"Kita berikan rekomendasi ke Pak Ilham Akbar Habibie. Itu suratnya sudah keluar dari Kamis lalu oleh Ketua Umum Pak Surya Paloh. Dengan diberikannya rekomendasi ini pun menjadi kepastian buat kita semua untuk bergerak bekerja lebih cepat lagi," katanya.

Saan mengatakan, Jabar adalah jembatan bagi Indonesia Emas. Provinsi ini memiliki kondisi objektif dan historis yang kompleks, serta memiliki potensi-potensi ekonomi yang signifikan seperti industri, sumber daya alam, perkebunan, pertanian, perkebunan hingga pariwisata. Ilham Habibie diyakini bisa membawa perekonomian Jawa Barat lebih "terbang", alias lebih maju.

"Jadi kalau indonesia mau maju, ya, Jabar harus maju. Kalau indonesia mau jadi emas, maka yang pertama jadi emas harus Jabar. Dan itu ada di Pak Ilham yang cocok sehingga kami tetapkan untuk mendukung," klaim Saan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Ilham HabibieAHma

Ilham Habibie yang bernama lengkap Ilham Akbar Habibie merupakan pakar penerbangan dan pengusaha berdarah Gorontalo yang lahir di Aachen, Jerman Barat pada 16 Mei 1963.

Ilham merupakan putra pertama pasangan Hasri Ainun Habibie dan Presiden BJ Habibie, presiden ketiga RI. Ilham menghabiskan masa sekolahnya dari dasar hingga perguruan tinggi di Jerman. Ilham memulai sekolah di Elementary School Windmuehlenweg, High School Hochrad, Technical University of Munich, Jerman. Di Universitas Munich ini, Ilham menuntaskannya dari gelar insinyur hingga doktor dalam teknik penerbangan dengan hasil summa cum laude.

Setelah lulus kuliah, Ilham bekerja di perusahaan pesawat Boeing. Namun, karena Indonesia waktu itu sudah merancang pesawat terbang yang digagas ayahnya, ia pun diminta membantu program ini. Dalam perjalanan kariernya, Ilham didaulat menjadi Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia. Sebelumnya, perusahaan ini telah melahirkan sebuah pesawat dalam negeri berkode N-250.

Setelah mengundurkan diri dari PT Dirgantara Indonesia pada 2002, Ilham melanjutkan kariernya di Grup Ilthabi Rekatama yang merupakan perusahan keluarga. Hal tersebut dikarenakan sang adik, Thareq Kemal Habibie ingin menjalankan bisnis lain. Ilham pun mengambil kendali perusahaan tersebut. Hal tersebut yang mendorongnya untuk belajar ilmu manajemen di School of Business, Universitas Chicago, Singapura, pada tahun 2003.

Berbekal beragam ilmu bisnis dan teknik pesawat, Ilham memantapkan bisnisnya. Kariernya pun terus meningkat. Beberapa kali ia dipercaya sebagai Presiden Direktur atau CEO di beberapa perusahaan, yaitu PT. Global Group Asia, PT. Industri Mineral Indonesia, dan jabatan komisaris di beberapa perusahaan besar lainnya.

Ilham juga tetap memfokuskan diri pada mimpi ayahnya soal pesawat terbang. Bersama perusahaan investment-nya PT Ilthabi Rekatama, Ilham menanamkan modal ke PT Regio Aviasi Industri, perusahaan pembuat pesawat terbang dan didirikan bersama sang ayah, BJ Habibie. Bersama sang ayah, Ilham mengeksekusi proyek pesawat penumpang bermesin turboprop R-80, pengembangan dari pesawat N-250 yang dipastikan akan dapat beroperasi pada tahun 2021. Pesawat berpenumpang 80 orang ini cocok untuk penerbangan di wilayah Indonesia.

Sebagai seorang pakar, Ilham juga turut menyumbangkan ilmu dan pengalamannya untuk Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI). Ia pernah menjabat sebagai Ketua Presidium ICMI tahun 2010-2015. Saat ini, Ilham A Habibie dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar ICMI periode 2021-2026. Selain itu Ketua Dewan Pakar ICMI, Ilham Habibie juga didapuk lagi sebagai ketua umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) periode 2023-2028 di Munas ISMI ke -3 di Semarang.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat