uefau17.com

Nasdem Usung Putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie di Pilkada Jabar 2024 - Pemilu

, Jakarta - Partai NasDem resmi memberikan surat rekomendasi kepada putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie untuk menjadi Calon Gubernur atau Calon Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Surat Rekomendasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Nasdem Tower, Jalan Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

"Hari ini DPP Partai NasDem telah menetapkan arti kehadiran saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang insyaallah akan berlangsung pada bulan November," kata Surya Paloh kepada wartawan, Kamis.

"Mudah-mudahan perjuangan dan langkah awal ini akan diikuti dengan hasil yang membesarkan hati kita semua. Untuk itulah, saat ini saya menyerahkan rekomendasi ini pada saudara," dia menambahkan.

Surya Paloh menjelaskan, Partai NasDem mengusung Ilham Akbar Habibie sebagai Cagub atau Cawagub Jabar tidak hanya mempertimbangkan latar belakang atau kedekatan hubungan Partai NasDem dengan Almarhum B.J. Habibie.

"Tapi kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya, bahwasanya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda miliki ini cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat," ucap dia.

Surya Paloh berharap kehadiran Ilham Akbar Habibie dapat diterima oleh partai politik lain. Sehingga, bersama-sama membangun koalisi strategis untuk mengusungnya di Pilkada Jabar.

"Kita harapkan nantinya akan mempunyai kesepakatan dengan NasDem untuk pengusungan Ilham Akbar Habibie. Insyaallah mudah-mudahan ini adalah merupakan sesuatu hal yang amat berarti bagi satu progres perjalanan pembangunan di wilayah Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang amat strategis," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerindra Usung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, mengatakan partainya akan mengusung Dedi Mulyadi untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

Hal itu, disampaikan usai Partai Gerindra akan memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Pak Dedi kader kami sekarang yang kemarin all out juga berjuang memenangkan Prabowo-Gibran secara teoritis layak dicalonkan," kata Habiburokhman, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Advertisement Kendati demikian, dia mengatakan, Partai Gerindra tidak bisa mencalonkan Dedi Mulyadi sendiri. Sehingga, pihaknya akan berkomunikasi dengan partai-partai lain.

"Tapi kan kami tidak bisa mencalonkan sendiri karena itu kan perlu komunikasi dengan partai partai lain dan dari kami pun penentuan calon-calon pada akhirnya pada Pak Prabowo," imbuh dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan, partainya akan memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil atau Kang Emil di Pilkada Jakarta 2024.

"Kemudian soal posisinya Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco.

 

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Sebut Tunggu Juli

Politisi Golkar Ridwan Kamil mengaku sudah mengantongi surat penugasan untuk maju dalam Pilkada 2024. Namun ia belum dapat memutuskan apakah maju dalam Pilkada Jabar atau Jakarta.

Menurutnya hal tersebut masih dibahas di DPP Partai Golkar dan diputuskan secepatnya. "Masih pertimbangan, tunggu Juli sajalah," kata Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat 31 Mei 2024.

Hal inilah yang membuat dirinya belum memasang alat peraga kampanye berupa baliho di jalan. Menurutnya, apabila memiliki gelagat untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta, spanduk untuk memilih dirinya sudah bertebaran di jalan.

"Kalau saya sudah naga-naganya Jakarta 'kan mungkin ada spanduklah, apalah, deklarasilah, tetapi 'kan belum," ujarnya dikutip dari Antara.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat