uefau17.com

Usai Nyoblos, Megawati Minta Masyarakat Awasi Potensi Kecurangan Pemilu 2024 - Pemilu

, Jakarta - Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta seluruh masyarakat mengawasi bersama potensi kecurangan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Menurut Megawati, jangan sampai pesta demokrasi diwarnai dengan intimidasi.

"Jadi saya sangat berharap bahwa Pemilu pun yang sekarang ini tidak ada lagi kecurangan. Jadi saya minta masyarakat ikut mengawasi siapapun yang melakukan intimidasi," pesan Megawati di TPS 53 Kebagusan Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Megawati mendorong kepada siapa pun yang melakukan kecurangan Pemilu untuk ditindak secara tegas kepada aparat penegak hukum. Sebab, hal itu menjadi hak setiap warga negara untuk menegakkan kebenaran dalam proses Pemilu 2024.

"Bagi yang lakukan kecurangan dan lain sebagainya harus dilaporkan. Karena itu adalah hak. Hak daripada hukum di republik ini," terang Megawati.

Megawati menyatakan, Pemilu adalah sebuah sarana untuk mencari seorang pemimpin bagi negara. Tujuannya agar rakyat dapat mempunyai pemimpin yang bisa memimpin seluruh rakyat Indonesia.

"Pemimpin itu seharusnya mengayomi seluruh rakyat Indonesia di manapun juga mereka berada, tolong diingat," jelas Megawati.

Diberitakan sebelumnya, Megawati Soekarnoputri sempat memamerkan pose 'salam metal’ usai menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS 053, Kebagusan, Jakarta Selatan. Diketahui salam metal adalah gaya yang sering dia pamerkan yang artinya menang total.

Saat mencoblos, Megawati tidak datang sendiri. Tampak putrinya, Puan Maharani dan putranya Prananda Prabowo turut mendampingi. Hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan kader PDIP Eriko Satorduga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bareng Puan Maharani, Megawati Jalan Kaki ke TPS Kebagusan

Sebelumnya, Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mendatangi TPS 53 di Kebagusan Jakarta Selatan. Tidak sendiri, Megawati tiba dengan didampingi putrinya, Puan Marani dan putranya, Prananda Prabowo

Megawati tiba sekira pukul 11.57 WIB dengan berjalan kaki dari rumahnya yang berada tidak jauh dari lokasi TPS.

“Selamat pagi,” sapa Megawati kepada masyarakat sekitar dengan senyum, Rabu (14/2/2024).

Usai tiba, Megawati langsung mengisi daftar hadir dan mencocokan data diri. Megawati pun duduk dan mengantre untuk mendapat giliran mencoblos.

Sebagai informasi, pada Pemilu 2024 akan terdapat lima jenis surat suara dengan lima warna yang berbeda. Perbedaan warna tersebut mencirikan fungsi yang berbeda. Hal itu tertuang dalam Paragraf 3 tentang Surat Suara, dalam PKPU nomor 14 Tahun 2023.

Pertama, warna abu-abu adalah untuk calon presiden dan wakil presiden. Di dalam surat suara terdapat foto pasangan calon, nama pasangan calon, nomor urut pasangan calon, dan tanda gambar partai politik dan atau tanda gambar gabungan partai politik pengusul pasangan calon.

Kedua, warna merah berisikan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Diketahui DPD adalah kandidat yang maju secara independen atau non parpol. Sehingga dalam surat suara tersebut hanya berisi nomor, foto dan nama dari calon anggota DPD.

Ketiga, warna kuning adalah untuk memilih calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ada yang berbeda terkait isi dari surat suara ini, jika pada surat suara abu dan merah menampilkan foto maka tidak dengan warna kuning. Pada surat suara warna kuning hanya ada tanda gambar dari partai politik calon calon kandidat berasal, kemudian nomor urut partai politik dan nomor urut serta nama si kandidat tersebut.

Keempat, warna biru hampir mirip isinya dengan warna kuning. Namun bedanya ditujukan untuk memilih calon anggota DPRD Provinsi.

Kelima, warna hijau yang juga memiliki isi yang mirip dengan warna kuning dan biru. Namun surat suara ini ditujukan untuk memilih calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

 

3 dari 4 halaman

Usai Nyoblos, Megawati Pamer Pose 'Salam Metal'

Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memamerkan pose ‘salam metal’ usai menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS 053, Kebagusan, Jakarta Selatan. Diketahui salam metal adalah gaya yang sering dia pamerkan yang artinya menang total.

Pantauan di lokasi, Megawati tidak datang sendiri. Tampak putrinya, Puan Maharani dan putranya, Prananda Prabowo turut mendampingi. Hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan kader PDIP Eriko Satorduga.

Pada momentum hari ini, Megawati dan keluarga, tampak kompak dengan menggunakan setelan putih-putih berselendang merah. Kepada masyarakat yang hadir, Megawati tampak menyapa mereka dengan ramah.

Diketahui usai mencoblos, Megawati dan rombongan langsung kembali ke rumah yang tidak jauh dari tempat mencoblos. Berdasarkan informasi diterima, Megawari dan keluarga akan memantau hasil hitung cepat di Rumah Kebagusan Jakarta Selatan.

Diketahui Total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS ini adalah 284 orang dan DPT tambahan sebanyak 16 orang.

 

4 dari 4 halaman

Megawati: Pakai Hati Nurani untuk Pilih Pemimpin Rakyat

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak ragu menyuarakan hak pilihnya hari ini.

Menurut dia, memilih calon pemimpin dan wakil rakyat harus dengan hari nurani.

“Jangan takut, jangan juga ragu, pilihlah dengan hati nurani,” pesan Megawati di TPS 53 Kebagusan Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Megawati menjelaskan, pemilu adalah sebuah sarana untuk mencari seorang pemimpin bagi negara. Tujuannya agar rakyat dapat mempunyai pemimpin yang bisa memimpin seluruh rakyat Indonesia.

“Pemimpin itu seharusnya mengayomi seluruh rakyat Indonesia di manapun juga mereka berada, tolong diingat,” pesan Megawati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat