uefau17.com

Mahfud Md Bertemu Nelayan Marunda, Cicipi Minuman Sari Mangrove hingga Makan Seafood Bersama - Pemilu

, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md bertemu dengan para nelayan di Perkampungan Marunda, Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (20/12/2023). Kehadiran Mahfud disambut meriah para warga dan nelayan dari komunitas rumah demokrasi nelayan sudah menanti.

Saat menuju lokasi pertemuan, Mahfud menaiki perahu nelayan bersama para nelayan dan warga sekitar. Sesampainya di lokasi, Mahfud langsung menghampiri booth yang menyediakan makanan dan minuman khas mangrove.

Mahfud pun mencicipi minuman sari khas mangrove. Dia mengaku, rasa minuman tersebut enak.

Setelah mencicipi minuman, Mahfud ikut membakar ikan bersama para nelayan. Ikan yang dibakar Mahfud merupakan ikan hasil para nelayan di Marunda.

Usai membakar ikan, Mahfud langsung makan seafood bersama para nelayan dan para warga sekitar.

Mahfud mengatakan, makanan yang dia makan di antaranya kerang, tongkol, ikan kue, hingga sayur kangkung.

Dia menyebut, makanan yang dia makan merupakan hasil dari para nelayan di Marunda. Mahfud menegaskan, bahwa para nelayan perlu diperhatikan.

"Iya ini hasil dari sini dari Marunda kerjaannya pada umumnya menjadi nelayan. Mungkin perlu mendapat perhatian ya," kata Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelang Debat Cawapres, Mahfud Md Pelajari Isu Ekonomi dengan Baca Koran Tiap Hari

Sementara itu, Mahfud Md mengaku mempelajari isu ekonomi yang bakal menjadi tema debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan rajin membaca koran setiap hari.

"Baca-baca soal ekonomi gitu kan. Baca-baca di koran tiap hari ada, tidak harus khusus membaca," kata Mahfud Md di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud, Jalan Diponegoro 72, Jakarta Pusat pada Selasa (19/12/2023).

Mahfud menjelaskan, di koran mudah ditemui berbagai isu aktual termasuk seputar perekonomian, mulai dari soal suku bunga hingga inflasi.

"Di koran wah ini bicara apa nih oh ini infrastruktur, oh ini ekonomi, oh ini soal suku bunga, ini soal inflasi. Itu kan semua ada di koran," ucap dia.

Lebih lanjut, dia enggan mengomentari saat ditanya soal kesiapan kandidat lain, yakni Gibran Rakabuming Raka untuk debat cawapres. Gibran sendiri diketahui memiliki latar belakang pengusaha.

"Enggak tahu saya. Pokoknya saya siap, saya enggak harus tahu dia sosok yang seperti apa," ujar Mahfud.

Meski begitu, dia tidak menampik bahwa Gibran kemungkinan juga bakal mampu tampil dengan performa yang baik.

Namun, Mahfud menegaskan, dirinya sepenuhnya siap menghadapi debat cawapres. "100 persen (siap)," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Tema Debat Cawapres 22 Desember 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat cawapres rencananya diselenggarakan mulai pukul 19.00 WIB.

Adapun tema debat kedua Pilpres 2024 yang mempertemukan cawapres yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

4 dari 4 halaman

Jelang Debat Cawapres, Ganjar: Pak Mahfud Kuasai Materi dan Berpengalaman

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, meyakini debat perdana calon wakil presiden (cawapres) yang akan dilakoni oleh pasangannya, Mahfud MD, akan berjalan baik. Bukan isapan jempol, sebab Ganjar menilai Mahfud sudah berpengalaman dan menguasai setiap materi.

“Beliau orang yang sangat smart, memahami persoalan cukup mudah, berpengalaman, karena beliau adalah orang yang belajarnya sangat cepat,” kata Ganjar saat ditemui di Yogyakarta, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2023).

Ganjar menambahkan, Mahfud tidak sendirian dalam mempersiapkan materi debat yang akan disampaikan pada 22 Desember. Menurut Ganjar, ada  tim ekonomi khusus yang dipersiapkan guna menggodok update terkini soal tema debat.

"Ada tim ekonomi kita yang sudah menyiapkan beberapa materi, sehingga beberapa konsepsi bisa disampaikan dan akan beliau umumkan, langsung kasih dong masukan-masukan yang sifatnya bagus,” jelas Ganjar.

Ganjar mencatat, Mahfud adalah seorang yang cukup makan asam garam tiap lembaga negara, mulai dari legislatif, yudikatif dan eksekutif. 

"Jadi rasanya tidak sulit, beliau jauh lebih siap (debat)," tegas Ganjar.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat