uefau17.com

Lewat Talkshow Political Career, ILUNI UI Komitmen Dukung Partisipasi Anak Muda dalam Politik - Pemilu

, Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menggelar talkshow politik bertajuk "Political Career Preparation for Alumni UI" yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Sabtu 22 Juli 2023.

Ketua ILUNI UI Didit Ratam, menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk komitmen dari ILUNI UI yang mendukung partisipasi anak muda dalam dunia politik, karena di tangan anak muda ada tanggungjawab untuk membentuk masyarakat yang penuh inklusivitas, toleransi, keadilan serta penuh kemajuan.

"ILUNI UI memiliki visi untuk dapat membuka jalan menuju era baru yakni era yang melahirkan generasi politisi yang lebih berintegritas. Kegiatan ini bukan hanya perihal memberdayakan Alumni Muda UI untuk dapat masuk ke arena politik, namun juga untuk membentuk menjadi pemimpin yang akan memimpin dengan integritas, kompetensi, dan semangat mengedepankan kepentingan masyarakat," kata Didit Ratam saat membuka acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Career and Almamater Center ILUNI UI Kharisma Bintang Alghazy, mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini menjadi wadah untuk mengasah dan melatih Alumni Muda UI yang hendak atau ingin terjun ke dunia politik sebelum mereka bertarung dan berkontestasi pada Pemilu 2024.

"Kita ingin mendorong keberanian teman-teman Alumni Muda UI, millennial dan juga Gen Z untuk berani terjun secara langsung ke bidang legislatif dengan membawa isu dan gagasan yang relevan terhadap permasalahan di masyarakat. Karena semua orang perlu melek politik supaya setiap kebijakan yang diambil itu bisa dikritisi, sehingga pada akhirnya bisa bermanfaat untuk kemaslahatan banyak umat," kata Bintang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Muda Punya Peran Penting

Menurut Bintang, anak muda saat ini sangat berperan penting bagi pertumbuhan iklim demokrasi bangsa Indonesia, karena anak muda cenderung masih punya daya kritis yang baik. Tentu saja daya kritis ini perlu disalurkan ke hal-hal yang produktif dan relevan yang bisa berorientasi pada kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

"Oleh karena itu kami berharap lewat kegiatan ini bisa membantu mereka membuka jejaring dan pintu pengetahuan untuk melengkapi bekal intelektual, termasuk terhadap Alumni Muda UI yang ikut berkontestasi pada Pemilu 2024. Sehingga ketika mereka terpilih, mampu menjadi penyambung lidah masyarakat yang baik dalam menyerap aspirasi, dan sekaligus memastikan bahwa keterwakilan anak muda bisa lebih banyak memberi manfaat bagi masyarakat luas," ungkap Bintang.

Anggota Komisi II DPR RI, Taufik Basari yang hadir sebagai pembicara turut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh ILUNI UI melalui bidang Career and Almamater Center ini, di mana dirinya mengaku antusias menghadiri acara talkshow tersebut.

"Ya tentu ini kegiatan yang sangat positif ya karena ILUNI UI menyelenggarakan satu diskusi bertema politik yang masih belum banyak dilakukan oleh ikatan-ikatan alumni lainnya. Lewat kegiatan ini kita juga dapat meluruskan pandangan-pandangan yang salah selama ini bahwa seolah-olah politik itu sesuai hal yang kotor atau hanya sekedar tukar menukar kepentingan semata, padahal sebenarnya politik itu justru tujuannya sangat mulia untuk kebaikan hanya saja tergantung siapa yang menggunakan alat kekuasaan politik ini," ungkap Taufik Basari.

Taufik pun mendorong dari diskusi ini mampu melahirkan pemimpin-pemimpin dari golongan anak muda yang punya tujuan kebaikan untuk dapat menguasai politik supaya yang dihasilkan juga untuk kebaikan masyarakat Indonesia.

3 dari 3 halaman

Singgung Idealisme Anak Muda

Menurutnya, anak muda sangat penting untuk terjun ke dalam dunia politik, apalagi anak muda yang penuh dengan idealisme, sehingga lewat kiprah dari anak-anak muda ini idealisme dalam politik menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Politik itu memang diibaratkan dua sisi pisau, apabila digunakan untuk hal yang baik maka akan melahirkan hasil yang baik pula. Nah inilah yang harus kita dorong untuk anak-anak Alumni Muda UI yang ingin terjun supaya tetap menjaga idealismenya demi kebaikan masyarakat. Bagi orang yang sudah memutuskan diri terjun ke politik, mereka harus paham bahwa dia punya wewenang yang besar sehingga harus hati-hati," tutur Politisi dari Partai NasDem ini.

Selain Taufik Basari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja yang juga hadir dalam kegiatan tesebut, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena melalui kegiatan seperti ini teman-teman ILUNI UI yang ingin berkarir di politik lebih mengetahui bagaimana situasi dan kondisi perpolitikan saat ini.

"Dengan demikian kita harapkan jumlah partisipasi anak muda dalam dunia politik semakin besar. Apalagi hari ini kita tau bahwa jumlah pemilih muda hampir mencapai 60% seharusnya mereka juga bisa mendominasi di legislatif. Semoga anak muda saat ini tidak buta politik dan tidak alergi politik," kata Rahmat Bagja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat