uefau17.com

Yamaha Buat R1 Bergaya 80-an - Otomotif

, Tokyo - Pengguna roda dua Jepang memiliki selera yang unik terhadap desain motor sport. Di negeri sakura tersebut, kebanyakan sepeda motor sport yang ada menggunakan muffler yang panjang.

Rupanya, desain knalpot ini tak lain akibat adanya regulasi mengenai tingkat kebisingan kendaraan. Hal tersebut menuntut pabrikan kuda besi yang ada di Jepang menciptakan knalpot yang berbeda dari versi standarnya, demikian dilansir dari Autoevolution, Senin (13/4/2015).

Demi konsumen di kampung halamannya, kali ini Yamaha pun kabarnya menyiapkan R1 dengan muffler knalpot yang lebih panjang dari versi standar. Alhasil, desain R1 untuk pasar Jepang berbeda dari desain awal sepeda motor.

Untuk mensiasatinya, Yamaha pun meminta Akrapovic untuk menciptakan knalpot yang sesuai dengan desain R1. Pabrikan knalpot asal Slovenia itu pun menyanggupinya dengan merancang muffler yang memenuhi standar tingkat kebisingan sesuai regulasi.

Tak luput, Akrapovic juga berusaha mendesain knalpot YZF-R1 agar padu dengan rancang bangun motor sport berlogo garputala itu. Hasilnya? desain YZF-R1 pun mirip seperti sepeda motor sport era 80-an.

(ysp/sts)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat