uefau17.com

Ketahui Beragam Manfaat Vitamin E Buat Tubuh - On Off

, Jakarta Vitamin E merupakan mikronutrien penting yang terlibat dalam banyak aspek kesehatan. Tidak hanya membanggakan sifat antioksidan, tetapi juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melindungi diri dari kondisi seperti penyakit jantung dan kanker.

Melansir Forbes Health, Selasa (27/62023), vitamin E adalah senyawa yang larut dalam lemak yang juga bertindak sebagai antioksidan. Ada delapan bentuk kimia vitamin E yang berbeda, termasuk tokoferol dan tokotrienol. Namun, alpha-tocopherol adalah satu-satunya bentuk yang digunakan oleh tubuh manusia.

Vitamin E tersedia dalam banyak suplemen, baik sendiri atau dikombinasikan dengan nutrisi lain. Ini juga tersedia di banyak sumber makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak sayur. Beberapa sumber vitamin E diet terbaik meliputi minyak biji gandum, biji bunga matahari, kacang almond, minyak bunga matahari, minyak safflower, dan kacang hazel.

Kekurangan vitamin E bisa terjadi karena kelainan atau kelainan genetik tertentu yang memengaruhi penyerapan lemak atau transportasi vitamin E.

Manfaat Vitamin E

Membantu Melindungi Hati

"Vitamin E memiliki sifat anti-inflamasi," ungkap ahli diet terdaftar yang berbasis di Los Angeles dan pendiri Wholistic Ritual Melanie Murphy Richter. Murphy Richter menjelaskan bahwa vitamin E dapat bermanfaat bagi endotelium atau lapisan dalam pembuluh darah dan dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Namun, meskipun mempertahankan kadar vitamin E dalam darah yang memadai mungkin bermanfaat, tidak jelas apakah suplemen menawarkan manfaat kesehatan yang sama atau tidak. Menurut satu ulasan 2022, studi observasional menunjukkan bahwa kadar vitamin E darah yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Di sisi lain, tinjauan 2021 yang menganalisis suplementasi vitamin E menemukan bahwa kadar vitamin E yang tinggi dapat dikaitkan dengan hasil kardiovaskular yang merugikan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendukung Kesehatan Otak

“Ada minat yang cukup besar terhadap manfaat potensial dari suplementasi vitamin E, khususnya dalam memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer,” kata seorang dokter penyakit dalam yang berbasis di Dallas Yvonne Covin. Vitamin E membanggakan sifat neuroprotektif dan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, memungkinkannya menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi, tambah Murphy Richter.

Satu tinjauan baru-baru ini dari 15 studi menemukan penurunan risiko demensia dan penyakit Alzheimer dengan asupan vitamin E yang lebih tinggi dari makanan atau suplemen. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian karena tinjauan lain menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah perkembangan demensia atau meningkatkan fungsi kognitif pada orang dengan penyakit Alzheimer.

Mendukung Visi Sehat

Vitamin E mungkin bermanfaat untuk degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan di antara orang dewasa yang lebih tua, catat Covin. Dia menambahkan bahwa bersama dengan zinc, vitamin E sebenarnya dapat memperlambat perkembangan penyakit.

Menariknya, satu studi 2016 juga mengaitkan rendahnya asupan vitamin E (bersama dengan nutrisi lain seperti asam lemak omega-3, zinc, dan vitamin D) dengan risiko degenerasi makula terkait usia yang lebih tinggi.

Mungkin Meningkatkan Peradangan dan Kekebalan Tubuh

“Vitamin E membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas,” kata Murphy Richter. Dia menjelaskan bahwa penumpukan radikal bebas dapat berkontribusi pada berbagai kondisi peradangan, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E memainkan peran kunci dalam kekebalan dan dapat membantu mengatur kerentanan terhadap kondisi infeksi tertentu.

“Vitamin E dapat meningkatkan fungsi sel darah putih kita,” tambah Murphy Richter. Terlebih lagi, meta-analisis tahun 2020 menemukan bahwa suplementasi vitamin E juga mengurangi tingkat penanda peradangan tertentu, termasuk protein C-reaktif dan interleukin-6.

Mengurangi Peradangan Hati

Ada beberapa bukti kuat untuk mendukung vitamin E untuk penyakit hati berlemak nonalkohol, suatu kondisi yang menyebabkan peradangan dan penumpukan lemak berlebih di hati, catat Covin.

“Pada pasien dengan penyakit hati berlemak nonalkohol, suplementasi vitamin E telah menunjukkan beberapa penurunan peradangan hati berdasarkan pemeriksaan darah dan biopsi,” lanjutnya.

Satu tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa suplementasi vitamin E mengurangi kadar enzim hati dan memperbaiki perubahan jaringan yang berhubungan dengan penyakit hati berlemak nonalkohol.

Studi lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin E mungkin terkait dengan penurunan risiko penyakit hati berlemak nonalkohol pada penderita diabetes atau hidup dengan obesitas.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat