uefau17.com

Jokowi Pulang ke Solo, Akan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Semarang - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Solo pada Jumat 14 Juni 2024. Pada hari selanjutnya, Sabtu (15/6/2024), Jokowi mengajak kedua cucunya yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah jalan-jalan ke Mal Solo Paragon.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi terlihat berbusana santai dengan mengenakan atasan kaos lengan panjang berwarna putih dan celana panjang hitam. Rombongan tersebut tiba di Mal Solo Paragon pada pukul 12.46 WIB. Demikian dikutip dari Antara.

Mereka lantas membeli beberapa mainan anak-anak. Sembari mengantarkan kedua cucunya yang merupakan putra Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Presiden Jokowi juga nampak ramah menerima ajakan swafoto dari para pengunjung mal.

Sebelumnya kepulangan Presiden Joko Widodo ke Solo disampaikan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

"Jumat sore Pak Presiden tiba di Solo. Saya kurang tahu persis, namun ada acara keluarga di sana," katanya.

Sementara itu sesuai jadwal maka Presiden Jokowi akan menjalankan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang.

Ketua PP MAJT Prof KH Noor Achmad mengatakan rencana kedatangan Presiden di MAJT disambut antusias oleh jamaah dan masyarakat di Jawa Tengah. Ia mengatakan kedatangan Presiden akan menjadi kebanggaan bagi umat Islam di Jawa Tengah.

"Kehadiran beliau di MAJT sudah lama ditunggu masyarakat Jawa Tengah, khususnya jamaah MAJT. Alhamdulillah segera terwujud saat Shalat Idul Adha nanti," katanya.

Usai sholat Idul Adha, Jokowi akan menyerahkan hewan kurban berupa Sapi Limosin jantan dengan bobot 1,23 ton kepada panitia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Salurkan 68 Ekor Sapi untuk Idul Adha 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 68 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Adapun 68 ekor sapi itu disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia, Masjid Istiqlal, hingga Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

"Saya bersama Bu Deputi bersama Pak Karo berkoordinasi dengan seluruh para gubernur, Pj Gubernur untuk menyampaikan bantuan penyerahan kemasyarakatan Presiden berupa sapi dalam rangka Hari Raa Idul Adha 1445," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6/2024).

"Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN 1 dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden," sambungnya.

Dari total 68 sapi kurban, Jokowi menyalurkan 38 ekor untuk pemerintah provinsi seluruh Indonesia. Kemudian, 1 ekor sapi untuk Masjid Istiqlal dan 1 ekor sapi untuk OIKN.

3 dari 3 halaman

Sapi Jenis Simmental hingga Limosin

Selanjutnya, 1 ekor sapi untuk masjid tempat Jokowi melaksanan sholat Idul Adha. Selain itu, Jokowi juga menyalurkan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat pemprov Kalimantan Timur, serta masjid dan pondok pesantren sekitar IKN.

"Mungkin termasuk beberapa nanti di OIKN sesuai arahan beliau (Presiden) kita tambahkan sapi, termasuk juga sapi ketika beliau akan solat Idul Adha yang kemungkinan sedang dibahas tempatnya di mana," jelas Heru.

Menurut dia, sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 800 kilogram hingga 1 ton. Jenis sapi yang disumbangkan bervariasi mulai dari, simmental, pranakan ongole, brangus, bali, hingga limosin.

"Jadi kurang lebih artinya, lebih dari 36 sapi yang beratnya bermacam-macam. Jadi bervariasi dari 800 sampai 1 ton," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat