uefau17.com

Wamendagri Dampingi Wapres Ma'ruf Amin Canangkan Program Strategis Nasional dan Provinsi Papua Pegunungan - News

, Wamena Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mencanangkan program strategis nasional dan Provinsi Papua Pegunungan.

Pencanangan program ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wapres Ma'ruf Amin di Gedung Aithousa Betlehem Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Rabu (5/6/2024). Dalam kunjungan ke Provinsi Papua Pegunungan, Wapres ditemani sang istri, Wury Ma'ruf Amin.

Sebagai Ketua Tim Asistensi Percepatan Pembangunan 4 Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, Wempi berharap kedatangan Wapres di Provinsi Papua Pegunungan dapat memberikan spirit kepada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Pegunungan. Mengingat, kedatangan Wapres di Provinsi Papua Pegunungan merupakan kali pertama setelah disahkannya Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Wempi mengatakan meskipun banyak yang menyebut kondisi geografis di Papua Pegunungan lebih susah, Wempi percaya jajaran Pemprov Papua Pegunungan memiliki semangat luar biasa.

"Kehadiran Bapak Wakil Presiden di Papua Pegunungan ini akan memberikan spirit buat teman-teman untuk percepatan pembangunan, lebih khusus untuk praspem (prasarana pemerintahan)," jelasnya.

Wempi menjelaskan, pencanangan yang dilakukan oleh Wapres tersebut dapat memacu sinergi antara pemerintah pusat dan Pemprov Papua Pegunungan dalam mempercepat pembangunan. "Lebih khusus konektivitas jalan dari Jayapura ke Wamena, jadi kita tidak terus juga bergantung dengan pesawat," katanya.

Pihaknya bakal terus mendampingi proses pembangunan di 4 DOB Papua termasuk Papua Pegunungan. "Mudah-mudahan harapan kami kedepan akan lebih baik, sesuai dengan moto di Kabupaten [Jayawijaya] ini 'Hari Esok Harus Lebih Baik dari Hari Ini' bisa kita wujudkan," tandas Wempi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Wapres Amin Ma'ruf

Dalam arahannya, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, pencanangan program strategis nasional itu meliputi perpanjangan landasan pacu Bandar Udara Wamena dan pembangunan jalan nasional Trans Papua Wamena-Jayapura. 

Adapun pencanangan program strategis Provinsi Papua Pegunungan, di antaranya pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan, kawasan sentra pangan Kabupaten Jayawijaya, program ketenagalistrikan di Kabupaten Lanny Jaya, serta sistem pengolahan air minum di Kabupaten Jayawijaya.

"Saya berharap program-program yang akan saya canangkan hari ini berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan," jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah se-Provinsi Papua Pegunungan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Pegunungan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan pihak terkait lainnya.

 

(*) 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat