uefau17.com

7 Ucapan dan Pesan Para Tokoh Mulai dari Sekjen PDIP hingga Presiden Jokowi di Hari Natal - News

, Jakarta - Tepat pada hari ini, Senin (25/12/2023), segenap umat Kristiani di seluruh dunia merayakan Hari Raya Natal. Sejumlah tokoh pun turun menyampaikan selamat Hari Natal dan juga menyelipkan pesan-pesan.

Salah satunya Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yang menyampaikan selamat hari Raya Natal tahun 2023 kepada seluruh umat Kristiani di pelosok Tanah Air. Hasto menyebut pihaknya, selalu menjamin kebebasan beragama di Indonesia.

"PDI Perjuangan sebagai the guardian of diversity dengan ideologi Pancasila menempatkan setiap warga negara setara. Kemerdekaan untuk memeluk agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaanya dijamin oleh negara," kata Hasto dalam keterangannya, Senin (25/12/2023).

Selain itu, ada calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menyempatkan diri mengunjungi Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani Nomor 10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah pada Minggu 24 Desember 2023.

Tak lupa, dia pun mengucapkan selamat Hari Raya Natal dan mengingatkan pentingnya mengajarkan toleransi beragama sejak dini.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan Selamat Natal untuk saudara-saudara Kristiani yang merayakannya, dan tentu untuk seluruh warga bangsa selamat Tahun Baru. Kita akan menjemput tahun 2024," ujar Ganjar di Gereja Purbowardayan, Minggu 24 Desember 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan ucapan selamat natal melalui sosial media pribadinya. Mengutip akun instagram pribadinya @jokowi, presiden berpesan agar Natal 2023 dapat dirayakan dengan sukacita dan juga damai.

"Selamat merayakan Hari Natal dalam sukacita bagi saudara umat Kristiani," tulis Jokowi seperti dikutip , Senin (25/12/2023).

Berikut sederet ucapan selamat Hari Natal dari sejumlah tokoh dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. PDIP: Natal Ajarkan Kemanusiaan dan Semangat Pembebasan bagi yang Terpinggirkan

Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyampaikan selamat hari Raya Natal tahun 2023 kepada seluruh umat Kristiani di pelosok Tanah Air. Hasto menyebut pihaknya, selalu menjamin kebebasan beragama di Indonesia

"PDI Perjuangan sebagai the guardian of diversity dengan ideologi Pancasila menempatkan setiap warga negara setara. Kemerdekaan untuk memeluk agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaanya dijamin oleh negara," kata Hasto dalam keterangannya, Senin (25/12/2023).

Menurut Hasto, PDIP menempatkan peringatan Natal sebagai upaya memperkuat solidaritas, toleransi, dan keberpihakan pada wong cilik.

"Dengan menempatkan Natal sebagai ajakan karya kemanusiaan penuh pembebasan bagi mereka yang miskin, terpinggirkan, dan diperlakukan tidak adil, maka hal tersebut membuktikan bahwa agama dan pranatan kehidupan sosial yang baik selalu mengajarkan hal-hal positif bagi peradaban," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Hasto, di Indonesia spiritualitas keagamaan menjadi penting, dan membuat setiap pemimpin harus menjaga moral dan etika yang merupakan bagian dari ajaran agama.

"Dengannya setiap pemimpin dituntut untuk mengedepankan moralitas, etika, dan perbuatan baik sebagai sumber keteladanan dari seorang pemimpin," ucap Hasto Kristiyanto menandaskan.

 

3 dari 8 halaman

2. Ganjar Pranowo Minta Toleransi Beragama Diajarkan Sejak Dini

Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani Nomor 10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

Tak lupa, dia pun mengucapkan selamat Hari Raya Natal dan mengingatkan pentingnya mengajarkan toleransi beragama sejak dini.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan Selamat Natal untuk saudara-saudara Kristiani yang merayakannya, dan tentu untuk seluruh warga bangsa selamat Tahun Baru. Kita akan menjemput tahun 2024," ujar Ganjar di Gereja Purbowardayan, Minggu 24 Desember 2023.

Dia pun mengajak semua pihak untuk menghormati siapa pun yang merayakan hari besar keagamaan dengan menerapkan nilai Bhineka Tunggal Ika dan nilai persatuan sebagai sesama anak bangsa.

"Saya kira itulah yang harus selalu kita rawat, agar kemudian warga bangsa hidup di Indonesia itu senang, mereka bisa mengekspresikan dirinya dengan baik, tidak saling curiga mencurigai, saling mendukung dalam batas-batas, kalau agama itu keimanan masing-masing. Itu tentu akan sangat menyenangkan untuk semuanya," ucap Ganjar.

Dia mengaku senang dengan adanya Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB. Bahkan saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, kelompok tersebut pun menelurkan FKUB muda.

"Jadi ini regenerasi dan sejak dini anak-anak sudah diajarkan apa itu perbedaan, bagaimana cara mempersatukan dan bagaimana cara menghormati," Ganjar menandaskan.

 

4 dari 8 halaman

3. Mahfud Md Ucapkan Selamat Natal Pakai Pantun

Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md berbagi pesan menjelang akhir tahun 2023. Selain harapan-harapan terbaik untuk Indonesia, ia juga mengucapkan selamat Natal dengan menggunakan pantun.

Pesan dan ucapan selamat Natal tersebut dibagikannya melalui sebuah video singkat yang diunggah melalui akun Instagram pribadi @mohmahfudmd pada Minggu 24 Desember 2023. Mahfud Md terlihat mengenakan kemeja putih dengan peci hitam dalam video tersebut.

"Kita berada di penghujung tahun 2023. Mari kita jadikan momentum ini untuk evaluasi diri. Senantiasa berusaha dan berdoa bersama kita menuju Indonesia yang lebih baik. Indonesia unggul," katanya dalam video.

Sebelum mengakhiri video tersebut, Mahfud juga membagikan pantun.

"Susu kental campur durian, warnanya putih enak dimakan. Selamat Natal saya ucapkan, berbagi kasih dan kedamaian," ucapnya.

"Salam sat set dan tas tes, tuntas tegas, untuk Indonesia yang lebih baik," tutup Mahfud.

Dikutip dari Tim Pemilu , kampanye pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tak lepas dari jargon yang disuarakan untuk membuat pemilih mengingat visi masing-masing capres dan cawapres secara singkat.

Diketahui, masing-masing dari tiga kandidat mempunyai bahasa berbeda untuk mengekspresikannya menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Pasangan capres-cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mengusung jargon "Sat Set".

 

5 dari 8 halaman

4. Menag Yaqut: Selamat Natal dan Tahun Baru, Damai dan Kasih Tuhan Menyertai Semua

Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat kepada umat Kristiani yang merayakan Natal 2023. Menag Yaqut berharap seluruh masyarakat diberikan kedamaian dan kasih Tuhan.

"Saya, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Republik Indonesia mengucapkan, Selamat Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kiranya damai dan kasih Tuhan menyertai semua," ujar dia dalam keterangannya, Minggu 24 Desember 2023.

Yaqut menyebut Natal selalu menghadirkan suka cita bersama bagi umat Kristiani di mana pun berada. Natal menjadi simbol akan kesucian dan datangnya beragam kebaikan yang menyertainya.

"Di tengah kegembiraan ini, saya mengajak seluruh umat Kristiani untuk terus menebarkan nilai-nilai kebaikan tanpa mengenal batas maupun balutan beragam identitas," sebut Menag.

Menurut dia, tema Natal 2023 ini adalah 'Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi' membawa pesan akan pentingnya Damai Sejahtera (shalom). Yaitu, suasana hidup damai, rukun, dan tentram, tidak hanya berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan, tetapi juga hubungan antarsesama umat manusia, dan antara manusia dengan alam semesta.

"Pesan damai ini sangat penting dalam menyongsong pesta demokrasi pemilihan umum pada 14 Februari 2024. Apa pun pilihan politik kita, perdamaian dan kerukunan umat harus dikedepankan," kata Menag Yaqut.

Dia mengatakan tema Natal tahun ini juga relevan dengan tantangan perubahan iklim yang sedang mendera dunia. Perayaan Natal harus mampu menjadikan kita semakin peduli terhadap kelestarian alam. Segala bentuk perusakan lingkungan yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup semua makhluk harus dihentikan.

"Tanggung jawab kita bersama untuk menjaga bumi terus lestari dan damai sejahtera," tandas dia.

 

6 dari 8 halaman

5. Rayakan Natal 2023, Luhut Minta Masyarakat Bersatu Jelang Pemilu 2024

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memaknai perayaan Natal 2023 sebagai momen bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memperkuat tali persaudaraan. Khususnya jelang memasuki tahun politik 2024 mendatang.

Menurut dia, perayaan Natal selalu menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh umat kristiani di seluruh penjuru dunia, dan juga di Tanah Air tentunya.

"Berbagai persiapan kita lakukan untuk menjadikan momen Natal sebagai sesuatu yang selalu diingat dan dikenang bukan hanya perayaannya saja, tetapi makna dibalik peristiwa tersebut yang tentunya perlu menjadi perenungan kita sebagai gembala-Nya," tulis Menko Luhut dikutip melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (25/12/2023).

"Terlebih lagi, di saat-saat seperti ini dimana kita memasuki pesta demokrasi lima tahunan, yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang," imbuh Luhut.

Luhut pun mengingatkan agar perbedaan pilihan di Pemilu 2024 tidak sampai menimbulkan perpecahan antar anak bangsa.

"Kita semua perlu ingat bahwa di tengah tahun politik dengan segala perbedaan yang mengemuka, yang patut kita jadikan perhatian adalah rasa persaudaraan yang perlu diutamakan di atas segalanya," ucap Luhut.

Terlebih, ia menambahkan, Indonesia saat ini tengah mengejar target menjadi negara maju di 2045. Oleh karenanya, Luhut meminta seluruh komponen masyarakat bisa kompak bersatu meskipun berbeda pilihan.

"Untuk itu, apapun perbedaan pilihan yang ada diantara kita nanti, mari kita semua kompak dan bersatu, menciptakan kesejahteraan bagi seluruh Masyarakat Indonesia. Sehingga cita-cita luhur bangsa dan negara menuju Indonesia Emas 2045 bisa kita gapai bersama-sama," tuturnya.

"Selamat merayakan Natal untuk seluruh masyarakat Indonesia yang merayakannya, dan selamat menyambut Tahun Baru 2024. Semoga Tuhan YME selalu memberikan berkat berupa damai dan sejahtera bagi seluruh elemen bangsa Indonesia tanpa terkecuali," ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

 

7 dari 8 halaman

6. Ma'ruf Amin Ajak Umat Kristiani Doakan Perdamaian Dunia

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak, seluruh umat Kristiani di Tanah Air untuk mendoakan hadirnya perdamaian umat di seluruh penjuru dunia pada momentum perayaan Natal 2023.

"Mari kita doakan hadirnya perdamaian umat di seluruh penjuru dunia agar Natal tidak kehilangan makna sejatinya," kata Wapres Ma'ruf Amin melalui siaran video Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Jakarta dilansir dari Antara, Minggu 24 Desember 2023.

Ma'ruf Amin mengatakan, Natal mengajarkan tentang cinta, perdamaian, dan pengharapan. Untuk itu seluruh umat Kristiani, kata dia, agar terus mampu menebarkan pesan Natal dengan saling berbagi dan saling mengasihi.

Pada penghujung 2023 Ma'ruf mengajak seluruh umat Kristiani di Tanah Air untuk merenungkan makna Natal sebagai bentuk perwujudan ajaran kasih terhadap sesama manusia.

"Perayaan Natal bukan semata tentang kebahagiaan dan pesta, namun lebih dalam yakni perwujudan ajaran kasih terhadap sesama manusia," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Selanjutnya menyambut Tahun Baru 2024, Wapres Ma'ruf Amin mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga harmoni persatuan dan kesatuan dengan tetap memprioritaskan kepentingan bangsa.

Dalam kesempatan itu Wapres juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum Pemilu 2024 dengan bijak.

"Mari gunakan hak suara kita dengan bijak pada pesta demokrasi nanti. Sambut tahun baru dengan penuh semangat, sukacita, dan pengharapan akan hari depan Indonesia yang semakin maju dan sejahtera," kata Wapres.

"Sekali lagi, selamat merayakan Natal tahun 2023 bagi umat Kristiani dan selamat Tahun Baru 2024," jelas Ma'ruf Amin.

 

8 dari 8 halaman

7. Jokowi: Selamat Natal, Semoga Kedamaian, Keselamatan, dan Kesejahteraan Menyertai Kita

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat natal melalui sosial media pribadinya. Mengutip akun instagram pribadinya @jokowi, presiden berpesan agar Natal 2023 dapat dirayakan dengan sukacita dan juga damai.

"Selamat merayakan Hari Natal dalam sukacita bagi saudara umat Kristiani," tulis Jokowi seperti dikutip , Senin (25/12/2023).

Jokowi berharap, agar natal dapat membawa kesejahteraan bagi setiap insan di dunia.

"Semoga kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan senantiasa menyertai kita semua," tandas Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat