uefau17.com

Mahfud MD Ucapkan Selamat Natal Pakai Pantun: Salam Sat Set dan Tas Tes untuk Indonesia yang Lebih Baik - Lifestyle

, Jakarta - Bakal calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD berbagi pesan menjelang akhir tahun 2023. Selain harapan-harapan terbaik untuk Indonesia, ia juga mengucapkan selamat Natal dengan menggunakan pantun.

Pesan dan ucapan selamat Natal tersebut dibagikannya melalui sebuah video singkat yang diunggah melalui akun Instagram pribadi @mohmahfudmd pada Minggu (24/12/2023). Mahfud MD terlihat mengenakan kemeja putih dengan peci hitam dalam video tersebut.

"Kita berada di penghujung tahun 2023. Mari kita jadikan momentum ini untuk evaluasi diri. Senantiasa berusaha dan berdoa bersama kita menuju Indonesia yang lebih baik. Indonesia unggul," katanya dalam video.

Sebelum mengakhiri video tersebut, Mahfud juga membagikan pantun. "Susu kental campur durian, warnanya putih enak dimakan. Selamat Natal saya ucapkan, berbagi kasih dan kedamaian," ucapnya.

"Salam sat set dan tas tes, tuntas tegas, untuk Indonesia yang lebih baik," tutupnya.

Dikutip dari Tim Pemilu , kampanye pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tak lepas dari jargon yang disuarakan untuk membuat pemilih mengingat visi masing-masing capres dan cawapres secara singkat. Diketahui, masing-masing dari tiga kandidat mempunyai bahasa berbeda untuk mengekspresikannya menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.  

Pasangan capres-cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mengusung jargon "Sat Set". Ganjar menjelaskan sat-set adalah sebuah ungkapan solusi cepat dan tepat untuk menuju Indonesia Unggul dan Indonesia Lebih Baik. Selain itu, Sat Set yang diusung Ganjar-Mahfud merupakan pesan yang ingin disampaikan pasangan kepada publik karena tidak ingin sekadar ikut dalam genderang pasangan capres lainnya.  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Jargon Sat Set

"Jadi cerita Sat Set ini adalah pesan kepada publik bahwa kami tidak mau ikut dalam genderang lawan. Yang satu, pokoknya lanjutkan semuanya, yang satu lagi perubahan semuanya. Ya, tidak bisa, karena kita harus melihat mana yang baik dilanjutkan, kalau ada yang kurang kita perbaiki," tutur Ganjar kepada awak media. 

Ketika ditanya mengapa kata Sat Set yang dipilih, Ganjar berpendapat kata tersebut diyakini bisa dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk generasi muda yang umumnya alergi dengan politik. Jika ada yang beranggapan sat set adalah gimmick, dia beranggapan kebebasan individu berpendapat. 

"Siapa pun boleh pakai gimmick, tapi subtansi jangan pernah hilang karena itu moral politik yang harus saya berikan juga bagi anak-anak muda. Dan saya senang anak muda sekarang merespons dengan sangat bagus, hei kami cerdas, kami tidak bisa diberikan gimick begitu saja, kami juga bisa berpikir dan bisa menentukan dan bisa terlibat kok, jangan sepelekan kami," tegas Ganjar. 

3 dari 4 halaman

Gaya Ganjar-Mahfud Pakai Sepatu Lokal Daur Ulang di Debat Capres 2024

Ragam topik seputar debat capres 2024 edisi pertama yang berlangsung Selasa malam, 12 Desember 2023, masih terus jadi topik hangat perbincangan di dunia maya. Ada ragam bahasan yang bisa diulik dari acara semalam, termasuk penampilan para calon presiden (capres) yang datang didampingi para calon wakil presiden (cawapres).

Pasangan Ganjar-Mahfud, misalnya, memilih tampilan monokrom, namun tetap cukup mencolok dengan pilihan kata tidak biasa di busana mereka. Tidak ketinggalan, keduanya juga menambahkan sentuhan lokal lewat sepatu yang dipakai. Serasi dengan warna potongan mode yang dipilih, alas kaki ini merupakan rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat: Pijak Bumi.

Merujuk situs webnya, dikutip Rabu, 13 Desember 2023, capres dan cawapres nomor urut tiga ini memakai item seri "Saki Skeleton." Dijelaskan bahwa rangkaian sepatu lokal ini dibuat dengan "menghindari pemakaian bahan katun murni dan mengganti bagian atas sepatu dengan 70 persen katun daur ulang yang berasal dari limbah tekstil pabrik."

4 dari 4 halaman

Kemeja Mencolok

Pihaknya juga menulis, "Tidak ada limbah, yang ada adalah sumber daya berharga yang berada di tempat yang salah. Oleh karena itu, penerapan praktik daur ulang merupakan salah satu pilar penting untuk membantu menghemat sumber daya dari waktu ke waktu."

Lebih lanjut dijabarkan bahwa sepatu yang dipakai pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu diklaim memakai karet alam sebagai sol dan poliester daur ulang untuk tali sepatu. Sepasang sepatu, yang sebenarnya terdiri dari beberapa pilihan warna, ini dibanderol seharga Rp519 ribu dan tersedia dalam ukuran 36--44.

Bersama sepatu lokal berbahan daur ulang, Ganjar Pranowo memakai kemeja putih bertuliskan "Sat Set" di sisi kanan, sementara "Tas Tes" tertulis di kemeja Mahfud MD. Tim Citizen6  merangkum per 12 Desember 2023 bahwa kata "Sat Set" merupakan ungkapan yang diambil dari bahasa Jawa.

"Sat set sat set" dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai "cepat," "segera," atau "lekas." Kata ini kerap digunakan untuk menyegerakan suatu urusan yang sedang dilakukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat