uefau17.com

8 Fakta Terkait Puncak Peringatan 1 Abad NU yang Digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo - News

, Jakarta - Puncak peringatan 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama akan digelar pada Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Diperkirakan 1 juta warga nahdliyin (sebutan warga NU) dari seluruh Indonesia akan hadir. Bahkan 300 ulama dunia juga diprakirakan bakal hadir.

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tidak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam pengamanan puncak peringatan hari Lahir 1 abad NU Selasa besok 7 Februari 2023.

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Hasan Basri Sagala memastikan ada 25 ribu personel Banser yang akan siap mengamankan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU.

"Pasukan Banser diturunkan sebanyak 25 ribu personel, terdiri dari pengamanan outdoor (luar stadion) dan indoor (dalam stadion). Ditambah Pasukan Pagar Nusa 5 ribu," ucap Hasan dikutip dari NU Online, Senin (6/2/2023).

Pasukan pengamanan juga ditambah oleh Pagar Nusa, personel TNI, dan Polri serta dinas terkait untuk berkolaborasi mengamankan acara itu. Hasan menyebutkan, total pasukan pengamanan Puncak Resepsi 1 Abad NU mencapai 40 ribu personel gabungan.

Sementara itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) Sidoarjo pun menggalang aksi sosial dengan menyiapkan 165 ribu nasi bungkus untuk para jemaah yang menghadiri puncak peringatan 1 Abad NU.

"Masyarakat Sidoarjo sangat antusias menyambut peringatan 1 Abad NU. Salah satu buktinya dengan sukarela menyediakan makanan dan minuman gratis bagi tamu yang akan datang. Selain dari ASN Sidoarjo, FKPQ Sidoarjo juga akan menyediakan 125 ribu nasi bungkus," ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor.

Berikut sederet fakta terkait puncak peringatan 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama yang akan digelar pada Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. PBNU Siagakan Ribuan Banser

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersiap menyambut kedatangan warga Nahdliyin dan masyarakat yang akan ikut serta memeriahkan puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa 7 Februari 2023.

Ribuan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pun disiagakan dalam rangka membantu pengamanan TNI Polri.

"Panitia sudah siap semua menyambut para kader NU, warga Nahdliyin dan masyarakat," tutur Juru Bicara Puncak Resepsi 1 Abad NU, Rahmat Hidayat Pulungan kepada wartawan, Senin (6/2/2023).

Menurut Rahmat, ada belasan ribu anggota Banser bersama aparat keamanan dari TNI dan Polri telah siap mengamankan acara tersebut. Bahkan sejak dua pekan lalu jajaran Banser dan TNI Polri telah siaga di sekitar Stasion Gelora Delta Sidoarjo.

"Kami sudah menyiapkan pengamanan oleh Banser dan TNI-Polri. Insyaallah acara besok yang bakal dihadiri jutaan orang aman," ucap dia.

Rahmat mengajak seluruh Nahdliyin bersama-sama memperbaharui niat dengan menghadiri Resepsi 1 Abad NU, dalam rangka mengambil berkah.

"Ayo kita hadiri 1 Abad NU ini dengan niat memperoleh berkah. Momentum yang mungkin cuma datang sekali seumur hidup ini harus kita manfaatkan dan maksimalkan sebaik-baiknya," kata Rahmat.

 

3 dari 9 halaman

2. Sebut Acara Terbuka untuk Semua Kalangan

Menurut Rahmat, acara Resepsi 1 Abad NU sangat terbuka untuk semua kalangan. Panitia juga sengaja merancang hal tersebut sesuai dengan semangat NU, bahwa organisasi Islam terbesar di Indonesia itu memang hadir untuk semua golongan serta berbagai lapisan masyarakat.

Masyarakat pun tidak perlu khawatir atau ragu untuk datang ke Sidoarjo. Panitia telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari toilet, konsumsi, medis, bazar kuliner, hingga pameran UMKM.

"Tidak ada syarat ketentuan, misalnya warga harus menggunakan gelang tertentu atau atribut lain. Jadi silakan datang, ramaikan. Tidak ada syarat mesti pakai gelang," ucap Rahmat.

Namun begitu, pihaknya tetap memberikan ketentuan khusus bagi undangan tertentu saat melibatkan kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi atau Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hal tersebut berlaku umum untuk semua kegiatan., pasalnya apabila melibatkan presiden dan wakil presiden harus menyesuaikan dengan ketentuan yang telah diatur.

"Misalnya, selama ada presiden dan wakil presiden, maka semua harus mengacu pada aturan yang ada. Kita mesti mengikuti aturan protokoler yang biasa berlaku selama ini," Rahmat menandaskan.

 

4 dari 9 halaman

3. 25 Ribu Banser Ikut Amankan Puncak 1 Abad NU, Kolaborasi dengan TNI dan Polri

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tidak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam pengamanan puncak peringatan hari Lahir 1 abad NU di Stadion Delta Sidoarjo pada 7 Februari besok.

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Hasan Basri Sagala memastikan ada 25 ribu personel Banser yang akan siap mengamankan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU.

"Pasukan Banser diturunkan sebanyak 25 ribu personel, terdiri dari pengamanan outdoor (luar stadion) dan indoor (dalam stadion). Ditambah Pasukan Pagar Nusa 5 ribu," ucap Hasan dikutip dari NU Online, Senin (6/2/2023).

Pasukan pengamanan juga ditambah oleh Pagar Nusa, personel TNI, dan Polri serta dinas terkait untuk berkolaborasi mengamankan acara itu. Hasan menyebutkan, total pasukan pengamanan Puncak Resepsi 1 Abad NU mencapai 40 ribu personel gabungan.

Hasan menjelaskan seluruh jalur menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak akan ditutup secara keseluruhan, kecuali untuk jalur khusus tamu VVIP.

"Selebihnya hanya ditutup untuk satu lajur dan satu lajurnya lagi ditempatkan untuk jamaah," kata Hasan.

Panitia 1 abad NU rencananya akan menutup Jalan Pahlawan dari dan menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Di sepanjang jalan itu, panitia menyiapkan puluhan layar-layar besar yang diperuntukkan bagi jamaah yang tak bisa masuk ke dalam arena utama.

Hasan juga menjelaskan, Banser Lalu Lintas atau Balantas telah melakukan skenario untuk tempat-tempat parkir di 60 titik.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Tono Harmanto mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 4.907 personel yang siap mengamankan jalannya acara Hari Lahir (Harlah) satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di GOR Delta Sidoarjo, pada 7 Februari mendatang.

"Nantinya untuk kawasan GOR Delta Sidoarjo, saat kegiatan puncak Harlah NU akan disterilkan. Dan sebanyak 4.907 personel yang disiapkan, kemungkinan nanti juga akan bisa bertambah," ujar Irjen Tono usai melakukan pengecekan GOR Delta Sidoarjo, Kamis 2 Februari 2023.

Irjen Tono mengungkapkan, pihaknya kembali melakukan pengecekan lokasi di lapangan untuk melihat juga spot - spot yang nantinya dibanjiri oleh massa.

Peninjauan ini, lanjut Irjen Tono, adalah tindak lanjut rapat koordinasi Forkopimda Jatim sebelumnya.

"Kita berharap kesempurnaan dalam rapat yang sudah sekian kali, tentu dengan aplikasi kita di lapangan melihat langsung tentu akan menjadi masukan baru untuk rapat lagi," ucap Irjen Tono.

Sedangkan untuk koordinasi dengan stakeholder baik dalam dan luar Jatim, sudah dilakukan guna mempermudah dropping peserta.

 

5 dari 9 halaman

4. ASN Sidoarjo Siapkan 165 Ribu Nasi Bungkus Gratis

Aparatur Sipil Negara (ASN) Sidoarjo menggalang aksi sosial dengan menyiapkan 165 ribu nasi bungkus untuk para jemaah yang menghadiri puncak peringatan 1 Abad NU di stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa, 7 Februari 2023.

Diperkirakan 1 juta warga nahdliyin (sebutan warga NU) dari seluruh Indonesia akan hadir. Bahkan juga dihadiri 300 ulama dunia.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan, masyarakat Sidoarjo sangat antusias menyambut peringatan 1 Abad NU. Salah satu buktinya dengan sukarela menyediakan makanan dan minuman gratis bagi tamu yang akan datang. Selain dari ASN Sidoarjo, FKPQ Sidoarjo juga akan menyediakan 125 ribu nasi bungkus.

"Semua OPD 165 ribu bungkus lebih, kami sendiri melihatnya merasa bangga atas dukungan yang ditunjukkan ASN Sidoarjo seperti ini," ucapnya, Senin (6/2/2023).

Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor berharap, Sidoarjo dapat menjadi tuan rumah yang baik pada peringatan Harlah 1 Abad NU besok.

Oleh karenanya ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi penyelenggaraannya. Demi kesuksesan peringatan Harlah 1 Abad NU besok, dirinya telah mengeluarkan surat himbauan WFH bagi ASN Sidoarjo. Selain itu himbauan agar sekolah melakukan pembelajaran secara daring juga telah disebarkannya.

"Peringatan Harlah 1 Abad NU ini mendapat sambutan yang cukup meriah dari masyarakat, termasuk pabrik-pabrik besar, dengan adanya himbauan dari Bupati, kemarin mereka sudah bersiap diri, meliburkan sendiri karyawannya, tinggal menunggu dukungan dari Surabaya mengingat sebagaian warga Sidoarjo bekerja di Surabaya, kami akan secepatnya berkoordinasi dengan Mas Eri (Walikota Surabaya)," ujarnya.

 

6 dari 9 halaman

5. Sediakan 10 Posko

Selain 165 ribu lebih nasi bungkus yang akan dibagikan gratis besok, ASN Sidoarjo juga akan membagikan 486 dus air mineral kemasan 220 ml, 29.100 botol air mineral 220 ml serta 7.400 botol air mineral 600ml dan 5 dus teh pucuk harum.

Semua itu tidak hanya dihimpun oleh OPD saja, namun juga dari BUMD Sidoarjo. Sebelumnya Pemkab Sidoarjo mengeluarkan maklumat Pegawai Sidoarjo Berkhidmat dengan menyediakan dan membagikan gratis nasi bungkus dan air mineral pada peringatan 1 Abad NU ini.

Masing-masing dinas maupun unsur penunjang serta BUMD dihimbau menyediakan dan membagikan nasi bungkus gratis minimal 1000 pcs. Hasilnya di luar perkiraan. Ada beberapa OPD yang berhasil mengumpulkan lebih dari seribu bungkus nasi.

Sedangkan untuk teknis pedistribusiannya dibagikan melalui Posko yang telah ditentukan. Terdapat 10 Posko yang didirikan.

Lokasi Posko berada di kantor instansi Pemerintah dan juga sekolah. Seluruh Posko tersebut dekat dengan GOR Sidoarjo. Di antaranya di Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendididikan dan Kebudayaan, BPKAD, Bappeda, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kantor Kecamatan Sidoarjo, PDAM Delta Tirta serta di SMPN 2 Sidoarjo dan SMAN 2 Sidoarjo.

Pembagian makanan dan minuman gratis tersebut sudah dimulai hari Senin malam tanggal 6 Februari 2023 pukul 21.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada hari Selasa pagi tanggal 7 Februari 2023 pukul 05.00 WIB. sedangkan siangnya dibagikan mulai pukul 11.00 WIB.

 

7 dari 9 halaman

6. Gereja Kristen Indonesia Sidoarjo Juga Buka Posko Istirahat

Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sidoarjo turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Lahir (Harlah) 1 abad NU. Para jemaat secara swadaya memasang sembilan bendera NU dan empat bendera merah putih di depan gedung gereja.

Pendeta GKI Sidoarjo Leonard Andrew Immanuel, mengatakan, pihaknya juga membuka posko untuk singgah para jamaah Nahdliyin.

"Kami juga membuka tempat istirahat. Para jamaah ini akan mendapat makan dan minum, juga fasilitas toilet serta Wifi secara gratis," ucap Pendeta Leonard, Senin (6/2/2023).

Leonard juga menerangkan, sore hari ini akan ada rombongan jamaah NU dari Kendal, Jawa Tengah sebanyak dua bus yang akan transit di GKI Sidoarjo.

"Mereka datang di hari Senin sore (sehari sebelum puncak resepsi 1 abad NU digelar)," ucapnya.

Bahkan, GKI Sidoarjo juga akan menyediakan atau membuka layar untuk nonton bareng acara Puncak Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo.

"Bila panita satu Abad NU menyediakan live streaming, kami juga akan membuka layar, agar para jamaah yang tidak dapat mendekat ke lokasi bisa tetap mengikuti acara 1 abad NU ini," ucap Pendeta Leonard.

GKI Sidoarjo terletak di Jalan Trunojoyo Nomor 39, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo. Jaraknya sekitar 2,6 kilometer dalam waktu tempuh kira-kira 7 menit dari/menuju Stadion Gelora Delta.

 

8 dari 9 halaman

7. BPBD Modifikasi Cuaca Saat Peringatan 1 Abad NU

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan penyemaian garam NaCl untuk meminimalisasi turunnya hujan saat peringatan seabad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo pada Selasa 7 Februari 2023.

"Pada prinsipnya, saat ini kami melaksanakan arahan Ibu Gubernur untuk mendukung dan ikut menyukseskan pelaksanaan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama," kata Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur Gatot Soebroto di Surabaya, Senin (6/2/2023).

Menurut dia, salah satu upaya kami adalah melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar hujan di lokasi acara bisa diminimalisasi.

Kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca dilaksanakan sejak pukul 11.30 WIB. Area penyemaian garam di arahkan ke wilayah Kota dan Kabupaten Malang.

Penyemaian menggunakan Pesawat Casa 212 dengan nomor registrasi A-2108 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

Kemudian, penyemaian garam NaCl kembali dilakukan pada pukul 13.45 WIB yang diarahkan ke Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan pesawat yang sama. Setiap sesinya, Pesawat Casa 212 mengangkut 8.000 kilogram garam NaCl.

Kegiatan TMC juga bekerja sama dengan Pusat Penerbangan Angkatan Laut Bandara Juanda, TNI Angkatan Udara, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), BMKG, dan BNPB.

Kegiatan TMC dilakukan karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan wilayah Kabupaten Sidoarjo memiliki potensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BPBD Jatim juga mendirikan empat unit tenda roder dengan kapasitas 70 kasur yang bisa dimanfaatkan peserta Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama sebagai lokasi istirahat.

 

9 dari 9 halaman

8. PBNU Gelar Muktamar Internasional Fiqih Peradaban

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar agenda Muktamar Internasional Fiqih Peradaban dalam rangka memeriahkan puncak peringatan 1 Abad NU pada Selasa, 7 Februari 2023. Rangkaian acara pun dimulai hari ini, Senin (6/2/2023).

Acara tersebut dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur. Pada pagi ini, pembukaan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

Beberapa topik yang akan dibahas antara lain soal perdamaian, penanganan konflik, fondasi struktur politik dari sudut pandang syariah, status dan fungsi PBB lewat kaca mata syariah yang mengikat umat Islam, hingga sesi tanggapan dari para ulama besar.

Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie menyampaikan bahwa fiqih peradaban yang digagas PBNU mendudukkan hukum Islam untuk kemanusiaan.

"Inisiasi yang dilakukan PBNU ini memberi nilai positif untuk menempatkan fiqih sesuai tujuannya yakni untuk kemaslahatan kemanusiaan," kata Tholabi kepada wartawan terkait Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban 1 Abad Nahdlatul Ulama.

Menurut dia, perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang cukup dinamis perlu diikuti dengan cara baca baru dalam melihat berbagai teks sumber hukum Islam.

"Dibutuhkan cara baca untuk mendekatkan disparitas antara teks-teks suci dengan realitas peradaban yang cukup dinamis ini," jelas dia.

Lebih lanjut, Tholabi menyebutkankan sejumlah langkah, pertama yakni menggali teks klasik peninggalan para pemikir Islam terdahulu untuk didiskusikan dengan realitas masa kini, agar mendapatkan titik temu dan menemukan perbedaannya.

"Serta pertimbangan konsekuensi apabila pandangan fukaha tempo dulu diterapkan pada realitas saat ini," ujar dia.

Kedua, kata Tholavi, diperlukan upaya diskusi antara realitas peradaban saat ini dengan teks-teks syariat secara metodologis atau manhaji, terutama dalam hal-hal yang tidak terdapat bandingan atau persamaannya di dalam pandangan ahli fiqih alias aqwal fukaha.

"Dengan memikirkan segala kemaslahatan dan beban risiko kehancuran bagi umat manusia, sebagai inisiatif yang dapat menghadirkan stabilitas dan keamanan umat manusia. Ini butuh upaya kolaboratif pelbagai disiplin ilmu untuk membaca realitas ini dengan komprehensif," terangnya.

Baginya, penyelenggaraan Mutamar Internasional Fiqih Peradaban yang digagas PBNU patut mendapat respons positif dari kalangan cendikiawan muslim, khususnya di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam Indonesia. Upaya kolaboratif kalangan ulama di pesantren dan sarjana di perguruan tinggi harus dirintis untuk memperluas pikiran konstruktif demi kemaslahatan umat.

"Kolaborasi kalangan pesantren dan perguruan tinggi harus lebih ditingkatkan. Momen fikih peradaban ini menjadi milestone penting untuk menghadirkan kolaborasi positif antara ulama dan kalangan sarjana Islam," tuturnya.

Tholabi berharap pelaksanaan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban 1 Abad NU yang melibatkan sejumlah ulama dunia seperti dari Kairo Mesir serta ratusan cendikiawan lainnya, berjalan dengan lancar dan menghasilkan banyak pikiran besar bagi kemajuan fiqih peradaban.

"Semoga Muktamar Fiqih Peradaban ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pikiran besar untuk kemaslahatan peradaban kemanusiaan," Tholabi menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat