uefau17.com

Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Monas Buka atau Tutup? - News

, Jakarta - Kepala Unit Pengelola Teknis Monumen Nasional (UPT Monas) Muhammad Isa Sanuri belum bisa memastikan lebih lanjut apakah Monumen Nasional (Monas) akan dibuka untuk umum pada libur Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Isa mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta perihal ketentuan terbaru pembukaan Monas untuk wisatawan pada saat libur Nataru.

"Masih menunggu perintah lebih lanjut," kata Isa kepada , Minggu (18/12/2022).

Isa menyampaikan per Minggu (18/12/2022) ini, kawasan Monas masih dibuka untuk umum dengan jam operasional hingga pukul 16.00 WIB

"Sementara sampai saat ini jam operasional masih sampai dengan pukul 16.00 WIB," kata dia.

Sementara Pemprov DKI Jakarta akan menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kebijakan pemerintah pusat seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan menjadi pertimbangan Pemprov DKI Jakarta dalam menentukan sikap terkait Nataru 2023.

Hal ini diungkapkan Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Marullah Matali ditemui usai Rapat Pimpinan Gabungan bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 5 Desember 2022.

"Kita akan lihat nanti kan akan ada instruksi atau ada keputusan dari Kementerian dari pemerintah pusat yang terkait dengan ini tentu akan menjadi pertimbangan gitu ya," kata Marullah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Titik Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menyiapkan beberapa titik untuk perayaan malam tahun baru 2023.

Dia menyebut Dinas Pariwisata bakal menjadi salah satu pihak yang menentukan lokasi-lokasi perayaan. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga Bundaran HI dipastikan jadi titik perayaan malam tahun baru.

"Ada beberapa titik (perayaan tahun baru) dari Dinas Pariwisata. Salah satunya TMII, Bundaran HI ada semua," kata Heru di Jakarta, 7 Desember 2022.

Lebih lanjut, dia mengatakan mengenai ada atau tidak diizinkannya kembang api masih dalam pembahasan Dinas Pariwisata.

3 dari 3 halaman

Natal dan Tahun Baru, Dishub DKI Jakarta Siapkan Bus AMARI

Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan angkutan untuk Natal dan Tahun baru, yang dilayani oleh armada Transjakarta yang beroperasi malam hari yaitu bus AMARI (Angkutan Malam Hari).

"Kan nanti pas malam natal atau malam tahun baru, itu pas pada saat mulai diberlakukan angkutan natal dan tahun baru. Akan dilayani oleh AMARI,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (17/12/2022). 

Dia menuturkan, AMARI melayani di 13 koridor dan beroperasi dari pukul 22.00-05.00 WIB.

"Nanti kan ada bus-bus malam di mana penumpangnya perlu melanjutkan perjalanan. AMARI kan beroperasi dari 22.00-05.00. Tetap 24 jam ya (layanan Transjakarta). Nah AMARI-nya saat ini masih fokus di 13 koridor kan, yang sudah berjalan,” tambah Syafrin.

Selain AMARI, pihaknya juga menyediakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Bus tersebut akan melayani di empat terimnal utama, yaitu Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang, dan Kampung Rambutan.

"Untuk arus mudik Natal. kita siapkan 2.258 bus AKAP. Itu melayani penumpang di empat terminal utama yang kita şiapkan, Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang, dan Kampung Rambutan," kata Syafrin.

Lebih lanjut, Syafrin menegaskan bahwa angkutan Natal dan Tahun Baru dapat terhubung ke empat terimnal utama tersebut.

"Yang sudah ada dari 13 koridor itu yang tersambung dengan terminal adalah koridor Harmoni-Kalideres, Harmoni-Tanjung Priok, Tanjung Priok ada layanan TransJakarta, di Lebak Bulus, di Kampung Rambutan juga ada koridor layannnya. Tinggal di Pulogebang yang dioperasikan ke Rawamangun," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat