uefau17.com

Hanya Gubernur Kaltim yang Ikut Jokowi Kemah di IKN, Anies-Ganjar Pulang - News

, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, hanya Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor yang akan ikut berkemah dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022). Sementara itu, 33 gubernur lainnya pulang dan tidak ikut berkemah.

"Gubernur (yang ikut kemah), hanya Gubernur Kaltim," kata Heru kepada wartawan, Senin.

Adapun 28 gubernur dan 6 pejabat perwakilan gubernur sebelumnya sempat ikut menghadiri langsung prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara. Ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Heru, sarana untuk berkemah di kawasan IKN Nusantara masih terbatas, seperti air dan tenda. Selain itu, tenda yang bisa dibangun hanya sedikit karena tanah di IKN yang belum rata.

"Sarana yang terbatas. Air, tenda, dan lahan yang tidak rata sehingga terbatas yang bisa dibangunkan tenda," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menteri Erick Thohir hingga Kepala Otorita

Tak hanya Gubernur Kaltim, Jokowi juga akan ditemani sejumlah menteri saat berkemah di IKN Nusantara. Mereka antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretariat Kabinet Pramono Anung, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu ada juga Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) yaitu Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

"Kepala otorita dan wakil (juga ikut kemah)," ucap Heru.

3 dari 4 halaman

Fogging Cegah Malaria

Sebelumnya, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan beberapa tim paspampres sudah bersiap di sana. Dia menjelaskan timnya sudah melakukan pencegahan.

Mulai dari lokasi yang akan ditempati Jokowi berkemah juga sudah dilakukan penyemprotan fogging untuk mencegah malaria. Tak lupa para tim sudah melakukan swab untuk memastikan kesehatan mereka sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita sudah melaksanakan pencegahan malaria, sudah di fogging yang ada di sana keamanan lainnya yaitu di sekitar tenda-tenda di sekitaran VVIP," kata Tri Budi Utomo dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

4 dari 4 halaman

Garam dan Bisa Anti-Ular

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan garam hingga bisa anti-ular. Hal itu disiapkan untuk mencegah munculnya binatang di lokasi kemah Jokowi.

"Garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu kita siapkan bisa anti ular, mudah-mudahan berguna tapi semoga tidak terpakai," kata Budi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat