uefau17.com

Jokowi Akan Resmikan Bendungan Ladongi di Kolaka dan Pidekso di Wonogiri - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur pada hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Selain itu, dia akan berdialog bersama sejumlah perwakilan petani setempat.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 09.20 WITA menuju helipad Bendungan Ladongi dari Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan.

Selepas acara peresmian, Jokowi akan kembali menaiki helikopter Super Puma TNI AU untuk kembali ke Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan. Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo Kabupaten Boyolali, Presiden akan menuju helipad Bendungan Pidekso, Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Dia diagendakan untuk meresmikan Bendungan Pidekso dan berdialog dengan petani setempat.

Sore harinya, Jokowi akan menuju Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali untuk kemudian lepas landas kembali ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Targetkan 10 Bendungan

Sebelumnya, Jokowi menargetkan sepuluh bendungan dapat segera diresmikan dalam waktu dekat. Adapun sepuluh bendungan ini merupakan bagian dari 17 bendungan yang pembangunannya ditargetkan rampung tahun ini.

"Sepuluh bendungan diharapkan segera diresmikan dalam waktu dekat," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Rabu (8/9/2021).

Sepuluh bendungan tersebut antara lain, Bendungan Paselloreng dan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat (NTB), Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat.

Kemudian, Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bandungan Pidekso di Jawa Tengah, serta Bendungan Margatiga di Lampung.

Jokowi menyampaikan bendungan-bendungan tersebut akan menjadi sumber air jaringan irigasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Khususnya para petani, untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Selain itu, bendungan akan menjadi pemasok air bersih, sumber tenaga listrik, dan pengendali banjir," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat