uefau17.com

Ondel-Ondel Raksasa Jaga Jakarta - News

, Jakarta - Ada acara khusus digelar di ulang tahun Kota Jakarta kali ini. Merayakan hari jadi ibukota negara yang ke-494 pada 22 Juni 2021, digelarlah pameran ondel-ondel raksasa di Taman Ismail Marzuki, pada 22-30 Juni 2021.

Pameran ini merupakan gawean PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro bersama organisasi sosial yakni Yayasan Sigap Senusa (JSS) yang mengajak serta Majelis Seniman Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki (TIM).

 

Ondel-ondel yang dipamerkan terdiri dari masing-masing lima ondel-ondel karakter pria dan lima ondel-ondel karakter wanita. Masing-masing tingginya mencapai 4,94 meter.

"Ondel-ondel merupakan ikon budaya Jakarta yang harus selalu dijaga marwahnya," ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Jakpro, Nadia Diposanjoyo.

 

Nadia menamabahkan, 10 ondel-ondel raksasa ini juga menjadi simbol dan momentum kebangkitan para seniman, sekaligus terus mensosialisasikan revitalisasi Taman Ismail Marzuki dan jadi simbol ulang tahun Jakarta ke-494 tahun.

 

Pembuatan 10 ondel-ondel raksasa ini sendiri dilakukan dengan menggandeng para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Terutama di sektor padat karya untuk merasakan momentum kebangkitan yang sesuai tema HUT DKI, yakni Jakarta Bangkit.

 

Menurut Nadia pembuatan ondel-ondel ini tidak hanya melibatkan satu UMKM saja, melainkan terdapat sekitar 25 pengerajin kecil di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Mereka mengerjakannya secara terpisah untuk beberapa bagian ondel-ondel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat